8 Manfaat Tak Disangka Konsumsi Minuman Hangat. Untukmu, yang Lebih Demen Minuman Kulkasan

Manfaat konsumsi minuman hangat.

Hawa panas di lingkungan sekitar kerap bikin kamu senang mengonsumsi minuman dingin. Entah minuman yang diletakkan di kulkas atau diberi es batu dulu, pokoknya yang membuat dahaga menjadi segar gimana gitu. Tanpa disadari, kamu selalu menghindari minuman hangat lantaran dinilai membuat semakin dahaga.

Advertisement

Di sisi lain, mengonsumsi minuman hangat ternyata punya manfaat yang baik bagi kesehatan. Jadi, semalas-malasnya kamu sama minuman hangat, setidaknya sesekali mulai coba mengonsumsi dari sekarang. Apalagi dengan tujuh manfaat yang tak kamu sangka dapatkan dari minuman hangat berikut ini.

1. Buat kamu yang lagi menjalankan program diet, minum air hangat bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan berat badan

bantu menurunkan berat badan via www.pexels.com

Berat badan berlebih kadang bikin bete soal penampilan. Selain program diet, kamu perlu konsumsi minuman hangat karena membantu proses peluruhan lemak yang mampu menurunkan berat badan. Untuk itu, kamu bisa mulai meminumnya saat pagi hari dengan air panas dan lemon agar meningkatkan metabolisme. Hal ini karena metabolisme yang meningkat bisa membuat tubuh membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Di sisi lain, minum air panas juga membantu membersihkan usus dan mencegah kembung.Sehingga dapat menyingkirkan kelebihan berat air di dalam tubuh.

2. Saat hidung tersumbat atau sinusitismu kambuh, minum air hangat bisa menjadi solusi jitu untuk meredakannya

mengurangi gejala sinusitis via www.findatopdoc.com

Nggak enak banget rasanya saat hidung tersumbat atau sinusitismu kambuh. Selain aktivitas terganggu, kamu menjadi nggak nyaman saat ingin istirahat. Karena itu, cobalah minum air hangat yang membantu meringankan beberapa gejala infeksi saluran pernafasan. Minum air hangat bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat lebih cepat daripada minum air dingin. Hal ini karena suhu cairan yang lebih tinggi mempercepat laju lendir yang sedang terhenti di saluran pernapasan.

Advertisement

3. Salah satu cara supaya gigimu bersih selain rutin sikat gigi yaitu minum air hangat

bantu membersihkan gigi via www.pexels.com

Kalau kamu tengah dahaga, mungkin lebih suka air dingin dibanding air hangat. Tapi kalau ngomongin soal kesehatan gigi, malah lebih bagus konsumsi air hangat lo. Maklum, air hangat dianggap lebih baik untuk gigi dan lebih mudah diserap. Konsumsi air hangat pun dapat membantu menangani sisa-sisa makanan yang menempel warna gigi yang mulai menguning. Namun kamu harus pastikan kalau minuman yang dikonsumsi tidak terlalu panas. Karena suhu ekstrem yang terkena gigi bisa berakibat buruk.

4. Percayalah kalau air hangat bisa memberikan efek yang lebih baik untuk pencernaan

melancarkan pencernaan via www.healthline.com

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digets, air hangat memiliki efek vasodilator yaitu memperlebar pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah untuk segera menuju usus, sehingga membantu proses pencernaan. Terutama, minum air hangatnya dengan perut kosong di pagi hari. Konsumsi air hangat pun memiliki efek hidrasi lebih cepat, jadi ketika diikuti dengan makan, suhu hangatnya membantu lemak lebih mudah dicerna.

5. Selain memperlancar proses pencernaan, konsumsi air hangat bisa membantu membersihkan racun-racun di dalam tubuh

mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh via www.medicalnewstoday.com

Minuman air hangat akan merangsang proses berkeringat, yang merupakan salah satu cara tubuh untuk menghilangkan racun. Ketika dikonsumsi secara teratur dengan lemon yang ditambahkan ke dalamnya, air hangat membantu menyeimbangkan semua makanan asam yang kamu konsumsi setiap hari. Selain lemon, kamu juga bisa beralih ke teh hijau yang dapat membantu menurunkan aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Advertisement

6. Nyeri-nyeri sendiri yang kamu alami dapat berkurang dengan konsumsi air hangat

Kalau minum air dingin bisa menyebabkan otot berkontraksi, beda ceritanya dengan minum air hangat yang meningkatkan aliran darah ke jaringan, sehingga memungkinkan otot untuk rileks. Hal inilah yang dapat membantu rasa sakit atau nyeri di tubuh berkurang, semisal nyeri sendi, kram, atau menstruasi. Minum air hangat sebelum tidur juga memiliki efek menenangkan, jadi kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

7. Minum air hangat pun bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah. Ini baik untuk kesehatan

memperbaiki sirkulasi darah via www.well-beingsecrets.com

Sama seperti mandi air hangat yang membantu sirkulasi darah lebih efektif ke seluruh tubuh, minum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi. Hal ini berarti lewat konsumsi air hangat, tekanan darah akan lebih sehat dan bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

8. Keramahanmu adalah salah satu bentuk dari rutinnya kamu konsumsi air hangat, lho

membuatmu jadi lebih ramah via unsplash.com

Percaya nggak kalau air hangat bisa membuat kamu menjadi sosok yang lebih ramah? Sebuah penelitian dari University of Colorado Boulder menemukan bahwa peserta yang sebentar memegang secangkir kopi panas ternyata memiliki kepribadian yang lebih dermawan dan peduli. Dalam bagian kedua dari studi, peserta yang memegang cangkir/gelas minuman hangat lebih cenderung memilih hadiah untuk seorang teman daripada hadiah untuk diri mereka sendiri. Yuk, menjadi pribadi yang penuh keramahan dan kehangatan.

Buat kamu yang masih malas konsumsi air hangat, semoga setelah membaca manfaat ini bisa mengubah kemalasanmu itu, ya. Karena konsumsi air hangat baik untuk kesehatan, sehingga akan memperlancar kegiatanmu sehari-hari.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE