Sebagai mama muda, kebutuhan diri kadang dinomorduakan. Namun jika sudah menyangkut kebutuhan bayi, kamu pasti tak tahan untuk membeli. Bahkan dulu sebelum bayimu lahir, kamu sudah heboh membeli banyak barang. Padahal kalau dipikir-pikir barang-barang tersebut tak terlalu diperlukan. Biaya untuk membeli perlengkapan dedek bayimu pun membengkak.

Keinginan beli yang lucu-lucu terus saja berlanjut saat dedek bayimu sudah lahir ke dunia. Saking semua perlengkapan bayi ingin kamu beli, dua halaman tak cukup untuk menuliskan daftar barang-barang impianmu itu. Padahal mungkin sudah tidak ada lagi space kosong di rumah untuk meletakkan barang-barang tersebut. Selain space yang tidak ada, biaya yang dipersiapkan juga tidak sedikit jumlahnya. Perkiraan biaya bahkan sudah mencapai dua kali lipat biaya rumah sakitmu. Wah, kalau nafsu membeli benar-benar dituruti, kamu dan suami bisa bokek sendiri.

Advertisement

Sebenarnya ada beberapa perlengkapan bayi yang tak harus kamu punyai. Namun kalau ingin menggunakannya, ada cara lain yang bisa dilakukan. Menyewa adalah jawabannya! Nih Hipwee berikan daftar perlengkapan bayi apa saja yang bisa disewa.

1. Ada beberapa bayi yang merasa tidak nyaman jika tidur di baby crib. Kalau kasurmu cukup besar, coret perlengkapan ini dari daftar beli

Baby crib via www.instagram.com

Jika melihat foto kamar bayi pasti bikin kamu iri. Tatanannya yang lucu dan perlengkapan di dalamnya buatmu ingin memiliki satu di antaranya. Salah satu perlengkapan bayi yang mencuri perhatian adalah baby crib. Apalagi jika boks bayinya dilengkapi dengan baby bedding yang unyu. Duh, ingin punya satu! Namun sebelum membulatkan niat beli baby crib, pertimbangkan dulu baik-baik. Sebab beberapa bayi yang tidak nyaman tidur terpisah dari ibunya. Kamu juga tak bisa langsung menyusui ketika bayimu tidur terpisah. Kalau tetap ingin menggunakan baby crip untuk bayimu, lebih baik sewa aja. Toh kalau bayimu tidak betah, nggak rugi-rugi amat.

2. Mama muda zaman now pasti tahu baby swing. Penimang bayi ini terlihat praktis tapi penggunaannya terbatas usia bayi

Baby Swing via www.thebump.com

Kemajuan teknologi membuat manusia menciptakan alat yang bisa menimang bayi. Tujuannya agar para mama bisa tetap beraktivitas sembari menimang bayi. Kamu pasti ingin memilikinya juga. Biar nanti kamu tetap gesit beraktivitas dan dedek bayimu bisa di­-handle baby swing ini. Namun perlu kamu ketahui jika baby swing ini pemakaiannya terbatas usia. Biasanya hanya bayi di bawah usia 2 tahun saja yang bisa menggunakannya. Jadi biar nggak rugi-rugi amat, sebaiknya kamu sewa aja.

3. Penggunaan high chair ini memang bisa membantu mama saat menyuapi, tapi penggunaannya terbatas di usia tertentu

Advertisement

Saat bayimu sudah memasuki fase MPASI, momen menyuapi memang suatu keseruan tersendiri. Dengan bantuan high chair ini dirasa cukup membantu agar bayimu lebih fokus makan dan sejajar dengan meja makan. Namun pelru kamu ketahui bahwa penggunaan high chair ini terbatas pada usia tertentu dan fase pertumbuhan bayi. Jika bayimu sudah tak muat karena bongsor, high chair ini jadi tak dipakai lagi. Biar tak buang-buang uang untuk barang yang nggak bertahan lama digunakan, kamu bisa menyewa saja.

4. Bayi yang sedang belajar duduk dibantu support seat memang terlihat lucu. Tapi penggunaan support seat-nya nggak akan lama

Support seat via www.nubesnegras.com

Memberi dukungan bayi untuk bisa duduk memang wajib dilakukan para mama. Baik dukungan dalam bentuk kata-kata atau perlengkapan bayi lainnya. Salah satu perlengkapan yang bisa membantu bayi saat belajar duduk adalah support seat. Memang sih perlengkapan yang satu ini membantu sekali. Namun waktu penggunaannya jelas tak akan lama. Mungkin paling lama hanya dalam hitungan dua sampai tiga bulan.

5. Penggunaan baby walker juga tidak terlalu dibutuhkan jika mama muda sepertimu telaten men-tetah

Baby walker via www.merries.co.id

Mengajari bayi berjalan dengan tetah adalah salah satu hal yang bisa dilakukan selain menggunakan bantuan baby walker. Selain itu meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh atau terjepit di salah satu bagian. Durasi penggunaannya juga tak terlalu lama. Mungkin hanya sekitar 6 bulanan saja perlengkapan bayi ini terpakai. Biar nggak boros-boros amat, kamu bisa menyewa baby walker ini saja. Nggak terlalu bersalah juga jika akhirnya bayimu bisa berjalan lebih cepat.

6. Bayi yang baru lahir memang membutuhkan baby tafel atau meja mandi ini. Tapi jika dirasa sudah kuat, bayimu bisa langsung dimandikan tanpa meja ini

Baby tafel via www.chicco.ae

Baby tafel memang dibutuhkan jika bayi baru lahir ingin dimandikan. Meja mandi khusus bayi ini juga membantu para mama muda yang belum terlalu berani untuk memandikan langsung bayinya. Namun jika bayimu dirasa sudah cukup gentle untuk mandi di ember bayi langsung, meja ini sudah bisa tak digunakan lagi.

Sedikit saran jika kamu tertarik menyewa perlengkapan bayi tersebut. Pastikan tempat menyewanya terpercaya dan barangnya masih terjaga kualitasnya. Selain itu jangan lupa bersihkan dulu sebelum dedek bayimu menggunakaannya. Pesan terkahir sebelum kamu menyewa, meski hanya bisa menggunakan perlengkapan bayi tersebut sementara, yang penting tabunganmu dan suami aman terjaga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya