Liburan bersama keluarga merupakan momen yang sangat dinantikan. Selain bisa buat pikiran lebih fresh, ikatan antar anggota keluarga juga bisa semakin kuat. Lalu bagaimana jika kamu memiliki anak yang notabene masih bayi? Rasa khawatir kemudian menyelimutimu karena inilah momen pertama kalian membawa travelling dengan dedek bayimu.

Karena baru pertama kali, kamu sampai berlebihan dalam hal packing. Segala sesuatu yang berhubungan dengan bayimu rasanya ingin dibawa. Sampai akhirnya dua koper tak cukup hanya untuk membawa kebutuhan seluruh anggota keluarga. Padahal dalam dua koper yang telah kamu packing tersebut, mungkin ada barang-barang yang sebenarnya paling dibutuhkan, tapi terlewat karena kamu kurang memperhatikan. Untukmu yang baru akan pertama kali travelling bersama dedek bayimu, berikut 7 barang sepele yang pantang ketinggalan menurut beberapa ibu muda masa kini. Tentu saja dengan catatan ya Ma, travelling kali ini dilakukan dalam kondisi umum. Artinya jauh tidaknya lokasi dan jenis kendaraan dipukul sama rata di sini.

1. Meski udah bawa stroller, jangan lupakan barang yang satu ini. Gendongan akan sangat menolong kalau bayimu rewel dan maunya digendong

Jangan lupa bawa gendongan yang nggak makan tempat via www.amazon.com

Advertisement

Stroller menjadi checklist pertama yang akan kamu bawa saat travelling  dengan dedek bayimu nanti. Di lokasi liburan, kamu takutnya akan kelelahan kalau harus menggendong bayimu terus-terusan. Walaupun akan membawa stroller, kamu juga jangan lupa membawa gendongan untuk dedek bayimu. Hal tersebut untuk mengantisipasi saat bayimu rewel dan hanya ingin digendong olehmu. Gendongan ini akan sedikit meringankan kelelahanmu saat dedek bayimu maunya berada di dalam gendonganmu. Sedikit tips, bawalah gendongan yang paling simple tapi tetap nyaman digunakan, baik olehmu atau dedek bayimu. Kan sia-sia kalau ternyata gendongan yang kamu bawa ternyata hanya hemat tempat tapi malah nggak nyaman buat bayimu~

2. Biar menyusui tetap jalan meski nggak ada tempat, nursing cover wajib ada di dalam tas

Nursing cover, satu lembar yang wajib dibawa via www.aliexpress.com

Meski di beberapa lokasi berlibur sudah disediakan tempat khusus untuk menyusui, barang yang satu ini pantang kalau sampai lupa dibawa. Nursing cover akan menyelamatkanmu kalau ternyata lokasi tujuan liburan kalian tak memiliki tempat menyusui. Dengan selembar kain ini, kamu akan tetap bisa menyusui meskipun sedang berada di tempat umum sekalipun.

3. Nggak perlu bawa mainan banyak-banyak. Bawa saja 1 mainan kesukaan dedek bayi yang sekiranya nggak makan tempat

Mainan kesukaannya yang nggak makan tempat via www.instagram.com

Membawa mainan banyak saat pergi travelling dengan bayi memang tidak disarankan. Tapi untuk jaga-jaga saat dedek bayimu rewel dan rindu dengan mainannya di rumah, kamu bisa membawa 1 mainan yang paling disukai. Pilihlah 1 mainan yang juga nggak banyak memakan tempat. Kalau bisa pilihlah mainan yang muat masuk ke dalam diaper bag. Agar ringkas saat dibawa kemana-mana.

4. Hand sanitizer, benda kecil yang wajib dibawa biar dedek bayimu tak terpapar kuman dari tanganmu

Hand sanitizer yang digantung di tas biar praktis via www.edcforums.com

Advertisement

Yang namanya liburan pasti inginnya mencoba berbagai macam hal. Mulai dari makanan khas, melihat pemandangan sekitar sampai berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Berbagai kegiatan tersebut tentu saja harus dibagi dengan mengurus dedek bayi yang kamu ajak turut serta dalam perjalanan kali ini. Lalu bagaimana dengan kuman-kuman dan berbagai debu yang bisa menganggu dedek bayimu?

Untuk mencegah kuman biar dedek bayimu tak terpapar kuman dan kotoran lain, kamu perlu banget memaksukan hand sanitizer ini ke dalam diaper bag yang dibawa. Tapi pilihkan hand sanitizer yang aman untuk bayi ya? Selain bisa menghindari kuman-kuman nakal, lebih praktis juga kan saat mau cuci tangan tapi dalam kondisi nggak ada sumber air terdekat?

5. Kantong plastik, meski sepele tapi berguna sekali untuk membuang popok sekali pakai dedek bayimu di tempat umum

Jangan lupa dilipat dulu. Biar rapi dan nggak ribet bawanya via www.pinterest.com

Kenapa harus bawa kantong plastik? Di sana kan pasti ada tempat sampah?

Eits, jangan sepenuhnya yakin dulu bahwa di sepanjang perjalanan kamu akan mudah menemukan tempat sampah. Untuk jaga-jaga, bawalah kantong plastik yang sudah dilipat rapi. Selipkan di dalam diaper bag yang akan selalu kamu bawa-bawa. Fungsi dari kantong plastik ini banyak lho. Salah satunya adalah untuk membungkus popok bekas. Nggak sopan kan kalau langsung dibuang ke tempat sampah apalagi dedek bayimu habis poop banyak?

6. Diaper bag yang punya banyak kantong. Selain muat keperluan bayi, juga bisa sekalian jadi tempatmu menyelipkan ponsel atau keperluanmu

Sisakan satu kantong untuk tempat printilanmu sendiri via redtri.com

Diaper bag memang salah satu barang wajib untuk dibawa saat travelling bersama bayi. Untuk itu pilihlah diaper bag yang memiliki banyak kantong dan paling nyaman menurut versimu. Di antara banyak kantong yang ada, kamu bisa menyisakan satu untuk dijadikan tempat menyelipkan ponsel atau printilan-printilanmu yang lain. Biar nggak repot saat harus berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain sembari membawa dedek bayimu.

7. Pastikan untuk tak lupa membawa alat dokumentasi. Nggak mau kan momen travelling bersama dedek bayimu ini terlewatkan begitu saja?

Yang ini jangan sampai lupa via milvine.com

Peralatan untuk dedek bayimu udah checklist semua. Menurutmu sih tinggal berangkat saja. Tapi kamu lupa bahwa travelling  dengan dedek bayimu ini juga perlu diabadikan momennya. Untuk itu alat dokumentasi juga jangan sampai lupa kamu bawa. Mau kamera atau hanya ponsel sekalipun tak apa. Asal pastikan bisa dipakai untuk mengabadikan momen travelling bersama dedek bayimu dengan sempurna. Sayang kan kalau segala persiapan sudah heboh bahkan drama, tapi pas travelling lupa bawa kamera?

Kebutuhan dedek bayimu memang tak cukup satu koper sendiri kalau menuruti nafsu hati. Mulai dari baju, alat mandi, obat-obatan, sampai printilan lain yang rasanya nggak boleh banget untuk ketinggalan. Eh tahunya pas sampai lokasi liburan, beberapa barang penting yang kecil-kecil malah ketinggalan. Semoga dengan tulisan ini, momen travelling Mama bersama dedek bayi lancar ya? Selamat liburan! Bayi nyaman, Mama tenang~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya