Mendekati trimester akhir, para ibu hamil pasti akan merasa waktu berjalan semakin lambat dan panjang. Belum lagi ditambah rasa deg-degan dan antusias menunggu kehadiran sang buah hati yang bisa datang kapan saja. Jika kamu berencana melahirkan secara normal, waktu persalinan yang bisa datang sewaktu-waktu akan mengharuskanmu mempersiapkan segala macam kebutuhan saat pergi bersalin nanti jauh-jauh hari.

Nah, buat kamu para calon ibu yang akan mengepak semua barangnya di koper, yuk buat daftar barang-barang yang akan kamu bawa nanti ke klinik atau rumah sakit bersalin. Gunanya biar kamu bisa dengan mudah memasukkan dan mengecek barang yang siap angkut nantinya. Biar nggak bingung, hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke klinik bersalin, simak dulu artikel Hipwee kali ini ya!

1. Pakaian ganti yang mudah diakses untuk ASI, misalnya daster berkancing, kemeja atau baju kimono. Jangan bawa baju yang susah dibuka atau terlalu ketat ya sis!

baju yang longgar dan mudah diakses untuk menyusui lebih disarankan ya! via id.pinterest.com

2. Bra menyusui dan dalaman agak banyak, karena lebih baik sering diganti kalau terasa nggak nyaman

Persiapkan bra menyusui jauh-jauh hari ya via id.pinterest.com

3. Handuk dan peralatan mandi. Meski habis bersalin, jika dokter sudah mengizinkan kamu boleh mandi seperti biasa kok~

Peralatan mandi dan handuk jangan lupa dibawa ya via www.potterybarn.com

4. Baju bayi secukupnya untuk membawa bayi pulang dari klinik atau rumah sakit. Nggak perlu bawa kebanyakan karena biasanya rumah sakit akan meminjamkan baju bayi

5. Peralatan mandi bayi, popok kain dan popok sekali pakai secukupnya, hanya untuk jaga-jaga saja

Clodi, pospak semua oke tergantung kebutuhan ibu kok via masihkecilaja.blogspot.co.id

6. Meskipun sekarang membebat perut sudah bukan jadi kewajiban lagi dari dokter, tapi kamu boleh kok membawa korset khusus habis melahirkan karena akan membuat perut terasa lebih nyaman nantinya

Kamu boleh beli korset khusus pasca melahirkan lho buibu via id.pinterest.com

7. Meskipun biasanya klinik sudah menyediakan pembalut masa nifas, nggak ada salahnya bawa sendiri buat cadangan. Bawa yang buat nifas ya, bukan yang buat haid biasa!

Pembalut masa nifas sangat penting nih agar sering diganti via ameblo.jp

8. Pompa ASI berkualitas bagus wajib dibawa, biar bisa digunakan untuk merangsang produksi ASI buat adik bayi nanti

Pilih pompa asi yang berkualitas ya! via momlovesbest.com

9. Botol penyimpanan ASI dan dot cadangan buat adik bayi. Percaya deh, kita nggak akan tahu apa yang akan terjadi habis melahirkan, sebaiknya sih berjaga-jaga saja

Botol asi dan dot atau cup feeder jangan lupa dibawa~ via magazine.orami.co.id

10. Breast pad agar mencegah ASI rembes ke baju atau untuk kompres payudara yang mungkin saja lecet atau membengkak saat awal-awal memberi ASI

Bisa pilih kain atau yang sekali pakai ya via www.cheekywipes.com

11. Perawatan wajah sederhana dan beberapa kosmetik agar kamu tetap tampil segar dan cantik meski baru saja berjuang melahirkan

Jangan lupa bawa perawatan kulit dan kosmetik juga, biar tetap cantik~ via www.racked.com

12. Dry shampoo atau shampo kering yang super praktis dan bisa menyulap rambut lepek berminyak jadi segar dan wangi seketika

Dry shampoo, si penyelamat rambut lepek via www.popsugar.co.uk

13. Jarik buat menggendong bayi. Boleh digunakan boleh nggak kok, tapi lebih baik berjaga-jaga kan daripada nanti sibuk nyari?

Semodern apapun, jarik tetap menang banyak via lifestyle.okezone.com

14. Buku KIA dan surat-surat pendukung misalnya kartu asuransi, kartu identitas dan lain sebagainya

Jangan lupa kartu-kartu dan buku kontrol ini via bukubidan.com

15. Kartu ATM dan uang tunai secukupnya, jangan lupa kadang kita nggak tahu keadaan darurat yang mengharuskan kita mengeluarkan biaya dulu

Kartu-kartu dipersiapkan, plus isinya juga via www.livemint.com

16.  Bantal, selimut dan peralatan tidur bayi. Lebih baik membawa ini daripada nanti repot karena kadang bantal atau selimut di RS kurang nyaman buat kamu

Bantal sekaligus guling yang nyaman banget via www.aliexpress.com

17. Charger, power bank dan kamera. Penting banget nih karena pasti kamu akan mengabadikan banyak momen hehe

Siapkan gawai-gawai penting via www.shopback.my

Advertisement

Selain mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa, jangan lupa persiapkan juga tas khusus yang akan digunakan untuk mengangkut barang-barangmu nanti ke klinik bersalin. Saran Hipwee sebaiknya sediakan koper khusus beroda yang bisa diisi dan selalu stand by sehingga bisa diangkut sewaktu-waktu. Selain lebih praktis, koper dengan isi yang sudah komplit akan membantu mengurangi kepanikan yang nggak perlu saat tiba hari H persalinan. Selamat mempersiapkan kehadiran si buah hati ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya