Abis lihat resep-resep tadi, jadi pengen pesan pizza deh….

Eh, lihat deh itu cakenya bikin ngiler banget, pesen yuk buat makan rame-rame.

Banyak yang bilang kamu itu lapar mata. Lihat ini pengen, lihat itu juga pengen, lihat apapun pasti langsung pengen makan. Kadang kenginan makanmu datang juga dari perasaan lapar. Bisa dibilang pencernaanmu bekerja lebih cepat, mau makan makanan berat kayak apa, tetap saja kamu mudah merasa lapar lagi.

Tapi setelah dipikir-pikir, sampai kapan porsi makanmu ini tak bisa terkendali? Kamu pun mulai takut kalau ini berakibat buruk ke kesehatanmu. Kamu pun berusaha sekali melakukan berbagai cara untuk mengendalikan selera makanmu ini. Nah, untuk sedikit membantumu, Hipwee punya nih beberapa tipsnya. Jangan lupa niat dulu sebelum membacanya. Hihihi….

1. Kalau biasanya banyak makan. Sekarang, coba deh kamu mulai lebih banyak minum air putih

Minum air putih sesuai kebutuhan via updatedtrends.com

Kata orang kebanyakan minum air putih malah bikin kembung. Sebenarnya bukan banyak yang berlebihan juga, tapi mencukupi kebutuhan perharinya. Paling penting lagi, kamu perlu mencoba meminum air putih minimal 4 gelas beberapa menit sebelum tiba waktu makan. Sebab meminum air putih sebelum makan bisa memudahkan kamu merasa kenyang, meski makanan yang dimakan tak sebanyak porsi biasanya.

Advertisement

Bukan kah meminum air putih pun bagus untuk kelancaran metabolisme tubuhmu?

2. Supaya porsi makanmu berkurang, coba aja pakai piring yang lebih kecil, jangan coba-coba pakai nampan lho, ya! Hehehe…

Piringnya perhatiin via www.shutterstock.com

Jangan salah, ukuran piring juga bisa mempengaruhi banyaknya porsi makanmu. Dengan kata lain ukuran piring berbandng lurus dengan banyaknya porsi makan. Semakin besar piring yang dipakai, kamu sendiri merasa semakin banyak tempat yang tersedia untuk makanan yang kamu ambil.

Berbeda jika piring yang dipakai ukurannya lebih kecil, yang pastinya lebih gampang penuh. Kamu sendiri pasti malu kan kalau isi piringmu sampai tumpah-tumpah segala.

3. Kalau makan juga jangan buru-buru telan, telan dan telan. Kamu perlu mengunyah makanannya pelan-pelan

makan pelan-pelan kayak lagi PDKT aja via blog.anytimefitness.com

Bukan cuma cinta yang harus “alon-alon asal kelakon” tapi urusan makan pun kamu harus pelan-pelan. Bukan cuma membantu kamu menikmati makanan, tapi makan perlahan-lahan dan mengunya lebih lama lagi pun membuatmu cepat merasa kenyang. Sebab, rangsangan rasa kenyang dari perut memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke otakmu.

Lagipula, kalau makananmu masih banyak bersisa, kamu kan jadi bisa berbagi dengan orang lain. Jangan cuma dimakan sendiri aja!

4. Daripada beli camilan macam kue-kue manis yang juga bikin berisiko kena diabetes, mending nyamil buah-buahan, sehat dan segar pula

nyamil buah aja deh via favim.com

Chiki atau kue manis-manis emang menggoda sekali, boleh sih konsumsi ini, tapi jangan terlalu sering. Mending di sela-sela menunggu waktu makan berat, camilanmu diganti dengan buah-buahan. Selain bisa membuat badanmu terasa lebih segar, seratnya buah bisa dipercaya untuk membuat kamu kenyang lebih lama.

Dan paling penting, ada beberapa jenis buah yang bisa jadi antioksidan atau membantu detoksifikasi racun di tubuhmu. Pssttt… serat buah juga akan membantu melancarkan BAB-mu.

5. Menyibukkan diri sampai kamu lupa untuk makan. Dan daripada bengong, mending ngobrol

ngobrol biar lupa makan via www.tumblr.com

Biar nggak kepikiran makan, ada baiknya diwaktu senggang kamu cari kegiatan yang bisa mengalihkan pikiranmu. Misalnya, kamu bisa mengajak orang untuk mengobrol, atau meski suara nggak terlalu bagus kamu juga masih bisa dengerin lagu sambil nyanyi-nyanyi. Pokoknya apapun kegiatan yang ringan saja, yang nggak memerlukan banyak kalori, supaya kamu nggak gampang lapar juga.

6. Buah bukan untuk cuci mulut, justru seharusnya buah dimakan di awal sebelum kamu makan-makanan berat

buah bukan untuk cuci mulut via blog.myfitnesspal.com

Hayo siapa yang masih beranggapan buah itu untuk cuci mulut? Padahal buah-buahanmu lebih bagus jika dimakan sebelum makan-makanan berat.

Selain lebih cepat di serap oleh pencernaan, buah juga bisa berfungsi untuk mengkondisikan pH pencernaan dan seluruh tubuhmu. Lagipula kalau kamu memakan buah setelah makan besar, yang ada buahmu akan membusuk sebelum sempat dicerna. Sebab memang makanan berat membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap oleh usus, berbeda dengan buah.

7. Perhatikan porsi makan, jangan ambil berlebihan. Secukupnya aja buat mengisi perutmu ini

Makan secukupnya via www.tribunnews.com

Biasakan mengatur porsi makananmu, ambil secukupnya, dan pastikan itu muat di piring atau tempat makan yang kamu gunakan. Setidaknya dengan mengatur porsi makan, kamu juga bisa menghemat budget makanmu juga. Lumayan uangnya bisa kamu tabung, deh!

8. Jangan ikuti kehendak mata yang suka kepengen makan ini itu, coba deh makan saat kamu memang butuh atau lapar

makan pas lapar aja via eatadventurously.tumblr.com

Demi kelancaran usahamu memangkas porsi makan, adanya mental disiplin itu perlu. Nggak repot, kamu cuma perlu bertanya kembali ke dirimu sendiri sebelum memutuskan melahap sepotong roti atau sebungkus kripik, sebenarnya kamu lapar atau nggak sih? Terus manfaatnya kamu makan makanan ini sekarang apa? Apalagi kalau nggak memuaskan hasrat makanmu.

Adakalanya kamu memang harus melawan keinginan dalam dirimu sendiri. Sulit memang, tapi bukankah segala sesuatunya butuh perjuangan, termasuk dalam mengurangi porsi makan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya