Pacar: Aduh, Yang! Ini ada apa sih mengkilap banget, kamu lagi mainan cermin ya? Silau nih mataku!

Kamu: … Beb, yang mengkilap itu wajah aku yang berminyak, bukannya cermin…

Pacar: … Ups.

Wajah dengan minyak berlebih sebenarnya bisa menjadi sangat mengganggu apa bila tidak kamu tangani dengan benar. Selain membuat rasa percaya diri turun akibat tampilan becek berkilau pada muka, akumulasi minyak yang berlebih di kulit wajah juga dapat menimbulkan komedo, black heads, jerawat dan banyak iritasi kulit yang lain. Meski begitu, minyak pada kulit memang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban, kekenyalan dan mengurangi kerutan di wajah.

Advertisement

Agar kamu bebas dari julukan ‘kilang minyak’ atau ‘penggorengan’ dan dapat terhindar dari iritasi masalah-masalah kulit, Hipwee punya resep-resep sederhana namun mujarab dari 9 bahan alami yang akan membantumu untuk mengontrol minyak yang berlebih.

1. Putih telur ternyata tidak hanya enak disantap, dipakai sebagai masker wajah pun hasilnya mantap!

SetWidth1040-OJP0029760

Putih telur bisa menjadi masker yang bagus untuk wajah via www.kitchendaily.com

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, putih telur berkhasiat untuk membersihkan wajah dari gangguan-gangguan kulit dan juga mengencangkan pori-pori wajah yang berminyak. Caranya mudah:

  • Kocok putih telur dari satu butir telur hingga kaku kemudian oleskan di kulit wajahmu seperti menggunakan masker. Biarkan lapisan kulit telur itu mengering, setelah itu bilas dengan air hangat.
Advertisement

Atau

  • Kocok dan campurkan putih telur dari satu butir telur dengan sedikit air jeruk lemon. Kocok hingga kaku dan gunakan seperti masker. Tunggu hingga 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Ramuan ini dapat menyerap minyak yang berlebih dan mengencangkan pori-porit kulimu.

2. Selain manis dan bervitamin, buah tomat juga bagus untuk mengontrol minyak di wajahmu yang licin.

homegrown-tomatoes

Manfaat buah tomat lebih dari sekadar dimakan saja via mygardentrellis.com

Buah tomat mengandung asam yang menyerap minyak secara alami sehingga cocok untuk membantu mengontrol minyak di wajahmu. Buah ini mengandung zat-zat yang menyejukkan, membersihkan dan mengencangkan pori. Selain itu tomat juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu menyehatkan kulit yang rawan berjerawat.

Cara memanfaatkan buah tomat sangatlah mudah:

  • Potong satu buah tomat menjadi dua bagian, kemudian gosokkan daging buahnya pada kulit wajahmu. Biarkan sari buah tomat tersebut terserap dalam kulit selama 15 menit. Setelah itu bilas wajahmu dengan air dingin, keringkan dan gunakan pelembab bebas minyak.

3. Buah renyah yang kaya antioksidan seperti apel juga mampu memberikan manfaat oil-control.

tumblr_static_tumblr_static_3m68h7t7f7y8ks4cok008gg0w_640

Apel dapat membantu wajahmu terlihat segar via www.tumblr.com

Apel mengandung asam malat yang membantu mengangkat sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Selain itu buah lezat ini juga memiliki zat-zat yang cocok untuk menyejukkan, mengencangkan, dan bahkan menjadi anti-septik yang baik bagi kulit wajah.

Cara memanfaatkan apel untuk kesehatan kulitmu cukup mudah:

  • Parut setengah buah apel dan kemudian oleskan hasil parutan tersebut di wajahmu. Biarkan selama 15 menit sebelum kamu bilas dengan air hangat.

Atau

  • Campurkan masing-masing satu sendok teh apel parut, air jeruk lemon dan yogurt hingga membentuk pasta lembut. Oleskan secara menyeluruh di kulit wajahmu dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

4. Khasiat jeruk lemon dalam mengurangi jumlah minyak berlebih di kulit tak perlu kamu ragukan lagi!

tumblr_static_tumblr_static_esdknqrpc2044swgkos0o84wc_640

lemon sudah terkenal ampuh dalam menghilangkan minyak di wajah via www.tumblr.com

Buah lemon memang sudah tersohor dengan manfaatnya dalam mengontrol minyak di wajah. Lemon memiliki asam sitrat yang berfungsi seperti zat astringent dan merupakan antiseptik yang dapat mencerahkan kulit. Buah masam ini juga berkhasiat untuk mengembalikan keseimbangan pH pada kulit wajah.

Cara memanfaatkan jeruk lemon untuk wajahmu sederhana saja:

  • Campurkan masing-masing satu sendok teh sari jeruk lemon dan air suling dan oleskan pada wajahmu dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Sari lemon dapat membuat kulitmu ekstra kering, jadi jangan lupa untuk menggunakan pelembab bebas kandungan minyak sesudahnya ya.

Atau

  • Campurkan satu sendok teh sari lemon, satu sendok teh susu dan satu setengah sendok teh madu. Oleskan campuran ini di wajahmu dan diamkan selama 10 sampai 15 menit sebelum kamu bilas dengan air dingin. Jika dilakukan sekali setiap hari, kamu akan mendapatkan hasil yang mencengangkan dalam seminggu!

5. Susu segar juga punya keistimewaannya dalam membantu kulitmu agar nampak prima.

art-beautifull-cool-milk-model-Favim.com-456399

Selain enak untuk diminum, susu juga bagus untuk kulitmu via favim.com

Susu adalah pembersih wajah terbaik untuk kulit berminyak karena dapat membuat kulitmu lembut dan kenyal. Selain dapat mengatur keseimbangan pH alami kulitmu, kandungan asam alfa-hidroksi pada susu juga mampu mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Cara memanfaatkan susu untuk kulit wajahmu gampang kok:

  • Campurkan 2 sampai 3 tetes minyak lavender atau minyak cendana dengan 2 sendok makan susu segar. Oleskan campurkan tersebut pada wajahmu dengan menggunakan kapas. Setelah itu pijat-pijat lembut wajahmu selama beberapa menit untuk melancarkan peredaran darah kemudian tidurlah. Keesokan paginya, cuci wajahmu dengan air dingin. Lakukan setiap hari ya.

6. Cuka apel yang baik untuk kesehatan badanmu juga dapat berjasa untuk kecantikan kulitmu.

Apfelsaft

cuka apel yang baik untuk kesehatan juga pas untuk perawatan wajah via balancedbabe.com

Meskipun bau dan rasa tidak mudah untuk disukai, namun cuka apel mengandung asam alfa hidroksi yang membantu mencerahkan warna kulit dan melembabkan kulit berminyak. Selain itu cuka apel juga mengandung zat anti bakteri yang mampu mencegah terjadinya jerawat akibat kulit berminyak yang terinfeksi oleh bakteri.

Cara memanfaatkan cuka apel untuk wajahmu tidaklah sulit:

  • Kamu bisa membuat toner atau penyegar alami dengan melarutkan 1/4 cangkir cuka apel ke dalam 3/4 cangkir air suling. Oleskan toner ini pada seluruh wajahmu dengan kapas dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lakukan sebanyak beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik.

Atau

  • Kamu juga bisa mendapatkan manfaat dari dalam tubuhmu dengan mengkonsumsi 1 sendok teh cuka apel yang sudah dilarutkan dalam satu gelas air putih setiap malam sebelum tidur. Ramuan ini membantu menyeimbangkan hormonmu yang secara otomatis akan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulitmu.

7. Jangan sekadar dilalap melulu, mentimun juga punya segudang manfaat hebat untuk kulitmu.

tumblr_inline_n7tg8hxogx1scip3d

buah sederhana ini ternyata sangat berkhasiat untuk kulit wajah via www.tumblr.com

Mentimun yang sering kita santap sebagai lalapan ternyata merupakan salah satu buah dengan manfaat paling banyak untuk kulitmu. Mentimun memiliki khasiat sebagai menyejukkan, mendinginkan dan mengencangkan kulit. Kandungan vitamin A, E dan mineral seperti magnesium dan potasiumnya yang tinggi membuat buah ini sangat cocok untuk menolong kulit berminyak.

Cara memanfaatkan mentimun untuk wajahmu sangatlah sederhana:

  • Potong-potong mentimun organik yang sudah dicuci bersih. Potong agak tebal, jangan terlalu tipis. Kemudian letakkan potongan-potongan ini pada wajahmu selama satu malam. Pagi harinya, cuci wajahmu dengan air hangat. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.

Atau

  • Campurkan masing-masing satu setengah sari mentimun dan sari lemon. Oleskan campuran ini pada wajahmu dan biarkan mengering, setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan terapi ini setiap hari, selain mengontrol minyak di wajah cara ini juga bisa mencerahkan warna kulitmu lho!

8. Manfaat dari lidah buaya memang tidak ada habisnya, mulai dari menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala sampai merawat kecantikan kulit muka.

The-Aloe-Vera-Benefits-1

Dari berbagai manfaat istimewa lidah buaya, mengontrol minyak di wajah adalah salah satunya via www.womendailymagazine.com

Nggak salah kalau aloe vera atau lidah buaya disebut sebagai tanaman dengan 1001 manfaat. Mulai dari sebagai makanan sampai sebagai penunjang kecantikan, bisa kita buat dari tanaman berduri ini. Lidah buaya mengandung zat anti-mikroba yang cocok untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Selain itu tanaman serba guna ini juga mampu menyerap minyak berlebih pada permukaan kulitmu.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk kecantikan muka tidak rumit kok:

  • Potong sebatang daun lidah buaya menjadi dua dan kumpulkan gel atau lendirnya. Oleskan gel segar ini di wajahmu dan biarkan hingga mengering dan meresap. Setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini dua hari sekali ya.

Atau

  • Rebus sebatang dauh lidah buaya selama beberapa menit kemudian hancurkan daging atau isi daun dan campurkan dengan madu. Gunakan campuran ini sebagai masker pada wajahmu, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan tips ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

9. Legitnya madu juga mampu memperbaiki kondisi kulitmu agar bebas minyak dan nampak ayu.

food-honey-tumblr-Favim.com-1946088

Madu memang mempermanis kesehatan dan juga kecantikan wajahmu via www.tumblr.com

Madu asli yang penuh dengan khasiat juga nggak mau kalah dalam menyumbangkan kebaikan bagi kecantikan kulit wajahmu. Madu asli dapat mengurangi kelebihan minyak pada permukaan kulit, membersihkan pori-pori dan bahkan mencegah keriput. Selain itu produk alami dari lebah ini juga dapat melembabkan dan memberi gizi pada kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak. Zat antiseptik pada madu juga berfungsi untuk mencegah jerawat.

Cara memanfaatkan madu sederhana saja:

  • Cukup oleskan madu asli tipis-tipis pada seluruh wajahmu dah diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci wajahmu dengan air. Lakukan sebanyak dua kali sehari.

Atau

  • Kamu juga menyampurkan madu dengan sedikit kacang almond yang sudah digiling dan menjadikannya pasta, oleskan pada wajah dan pijat-pijat dengan lembut untuk menyerap minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Kemudian seka wajahmu dengan waslap hangat untuk membuka pori-pori kulitmu, lakukan seminggu sekali.

Itu dia tadi 9 bahan alami yang bisa dengan mudah kamu dapatkan dan manfaatkan untuk membantu mengontrol minyak berlebih pada wajahmu. Dengan begitu resiko wajahmu untuk terkena masalah-masalah kulit seperti jerawat dan komedo akan berkurang drastis.

Siapa sih yang tidak menginginkan kulit wajah yang segar, sehat dan bercahaya? Asalkan kamu telaten dan rajin kulitmu juga bisa secantik kulit artis di layar kaca, meskipun hanya dengan ramuan-ramuan sederhana saja. Selamat mencoba! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya