Kamar merupakan ruang paling pribadi dan jadi teritori istimewa untukmu. Kamar juga jadi tempat kamu bisa jadi diri sendiri dan melakukan apa aja yang kamu sukai. Mulai dari galau-galau merindu sampai bertapa mencari inspirasi mengerjakan skripsi – semua dilakukan di kamar.

Karena jadi tempat paling intim, kadang kamu melupakan beberapa hal kecil yang mengakibatkan kamarmu pelan-pelan jadi sumpek. Supaya ruang ‘suci-mu gak sumpek atau supaya kesumpekan yang sudah terjadi bisa diatasi, coba terapkan 9 hal sederhana dan murah banget ini!

1. Menumpuk barang is the biggest no! Pilah barang-barang yang perlu disimpan dan sebaiknya dibuang.

Nggak sadar barang jadi segini banyak! via danielgafanhoto.photoshelter.com

Saking cintanya sama barang-barang kenangan, secara gak sadar kamu udah menabung banyak barang yang bikin kamar jadi sumpek. Barang-barang yang kamu beli buat lucu-lucuan aja dan pas itu lagi diskon juga jadi sumber sumpeknya kamar.

Mulai sortir barang-barang apa yang sebaiknya dibuang. Bikin list prioritas terhadap semua barang yang kamu miliki. Cek juga barang-barang penting yang daya gunanya udah habis atau rusak. Menumpuk alat tulis yang rusak atau baju-baju yang sudah gak kamu pakai juga menyumbang kesumpekan kamarmu. Pilih baju-baju yang masih muat dan masih mau kamu pakai. Walau dimasukkan ke lemari, baju bekas yang menumpuk bikin kamar gak nyaman.

2. Tata ulang furnitur di kamarmu. Pindahkan furnitur yang menutupi jendela atau lubang ventilasi.

Advertisement

Biarkan cahaya dan udara masuk dengan leluasa ya. via mbungai.com

Penempatan furnitur yang kurang pas juga bikin kamar terasa sempit. Tanya teman yang paham desain interior atau cari referensi di internet supaya dapat saran yang tepat. Cek lagi apakah lemari atau kasurmu menutupi sumber udara. Segera pindahkan kalo ada furnitur besar yang letaknya mepet pintu atau jendela atau lubang ventilasi. Kalau punya budget lebih, koleksi buku-bukumu bisa ditaruh di lemari buku yang menempel di dinding (wall mounted) daripada ditaruh di lemari buku biasa yang agak memakan tempat.

3. Mulai sekarang harus lebih sering membuka jendela dan pintu kamar, ya. Kamu juga butuh udara segar lho!

Hirup udara segar. via mybeautifulair.com

Walaupun kamarmu sudah dilengkapi AC, membuka pintu dan jendela kamar gak boleh lupa dilakukan. Perasaan sumpek bisa jadi karena kamu sebenarnya butuh udara segar. Membiarkan udara segar masuk ke kamar bikin kamar lebih lega. Lakukan setidaknya 3 kali seminggu. Ketika jendela dibuka, korden juga gak boleh menutupi jendela, ya. Matikan AC juga ketika kamu sedang prosesi mencari udara segar.

4. Sudut-sudut kamar yang sering luput dari jangkauan sapu juga butuh perhatian kamu.

Biar semangat, sambil joget-joget juga boleh :p via giphy.com

Hayo ngaku, pasti males ‘kan bersihin sudut-sudut kamar? Padahal sudut juga harus dibersihkan kayak kamu bersihin lantai kamar. Debu-debu dan sarang laba-laba yang suka ngumpet di sudut kamar semakin bikin kamarmu terasa sempit. Kalo sulit menjangkau sudut kamar, bersihkan dengan lap basah. Sudut langit-langit kamar juga harus rajin dibersihkan supaya debu yang menempel gak numpuk.

5. Punya kamar mandi dalam? Yuk, lebih rajin dibersihkan mulai sekarang!

Sampe kinclong via www.denverpost.com

Khusus kamu yang punya kamar mandi di dalam kamar tidur, rajin-rajinlah membersihkan tempatmu bersih-bersih diri itu. Kotoran dan bau kamar mandi yang menusuk bakal bikin kamu gak betah di kamar. Bersihkan kamar mandi setidaknya seminggu sekali dengan pembersih porselen. Saluran air juga perlu dibersihkan. Gak mau ‘kan kamar jadi banjir gara-gara saluran air di kamar mandi mampet? Selain itu supaya kamar mandi gak lembap, setelah kamu mandi, buka sebentar pintu kamar mandi dan tutup lagi pas lantai udah agak kering. Kamar mandi yang bersih, harum, dan gak banjir bikin kamu tambah betah lama-lamaan di kamar dan di kamar.

6. Jagalah kebersihan kamar dengan membuang sampah pada tempatnya!

Bikin tong sampah dengan tokoh favorit. via geekdad.com

Sejak TK kita diajarkan guru untuk membuang sampah di tempat sampah, tapi kita sering lalai juga. Alasannya gak ada tempat sampah, tempat sampahnya jauh, atau lupa membuang sampah pas udah numpuk. Sediakan tong sampah di dalam kamar dan taruh di tempat yang gampang dilihat. Supaya ‘semangat’ untuk buang sampah di tempat sampah, bisa juga pilih tong sampah dengan bentuk yang unik.

Bisa juga kamu mengkreasi ulang tong sampah biasa supaya kamu jadi inget untuk buang sampah di tempatnya. Kalau tong sampah sudah penuh, segera kosongkan dengan membuang di tong sampah yang menampung sampah-sampah rumah tangga. Ingat, bersih pangkal sehat! Sampah yang numpuk bisa bikin kamu gampang terserang penyakit juga lho.

7. Gantung baju-baju yang memang masih dipakai lagi dalam waktu dekat. Menumpuk baju kotor juga bikin kamar semakin sumpek dan bau.

Bijaklah dalam menggantung baju. via bombrildoce.blogspot.com

Sering gak kita sadari bahwa kita menumpuk udara sumpek dari baju-baju yang kita gantung di gantungan baju. Karena jumlah gantungannya banyak, kamu jadi terlena menggantung baju-baju habis pakai sampai gantungannya habis. Tinggalin kebiasaan ini segera ya. Gantung baju yang akan segera kamu pakai lagi dan jangan biarin baju menggantung lebih dari seminggu. Baju yang terlalu banyak digantung gak cuma bikin sumpek, tapi bau keringat yang menempel di bajumu juga ikut menyebar di kamar.

8. Minimalisasi jumlah tempelan di dindingmu supaya kamar jadi terasa lebih luas.

Pilih satu bagian dinding buat memajang tempelanmu. via dilatatori.biz

Kamu yang suka menggambar, koleksi foto, atau nulis kutipan-kutipan penyemangat pasti pengen menjadikan kamarmu personal gallery. Semua foto, gambar, dan kutipan-kutipan kamu tempel di dinding kamar. Tapi tahukah kamu, tempelan dinding yang terlalu banyak juga bikin kamar jadi sumpek? Pilih karya mana yang bagus untuk dipajang di kamar. Semua karyamu bagus? Well, coba tentukan satu bagian dinding untuk jadi wall of fame tempat kamu memajang tempelan yang kamu sukai itu. So, hanya di wall of fame aja kamu bisa menempel berbagai macam hiburan visualmu. Selain akan bikin kamar terasa luas, kesan rapi juga akan kamu dapatkan.

9. Penting juga memilih sprei dengan corak yang gak terlalu ramai dan berwarna cerah.

Ciptakan kesan lega dan terang. via www.bhg.com

Warna-warna cerah emang ampuh membuat ilusi kamar lebih lengang, tapi gimana kalau lebih suka warna-warna gelap? Gampang! Pilih sprei dengan corak yang minim. Corak sprei yang ramai dan rapat-rapat akan lebih menyempitkan kamar. Kalau kamarmu nggak begitu luas dan kamu pengen pake bed cover, pilih bed cover yang gak terlalu tebal dan lebar. Hangatnya dapet, luasnya juga dapet.

Kuncinya, rajin bersihkan kamar dan jagalah kamar supaya selalu terang, ya. Selain itu sempatkan untuk bersih-bersih secara total tiap minggu. Dengan memperhatikan dua poin penting itu, yakin deh kamu bakal lebih nyaman di kamar dan say bye-bye to kamar sumpek!