Pernahkah kamu merasa rumah semakin sumpek dan penuh akibat banyaknya barang? Kebiasaan kita yang suka membeli barang tanpa mengurangi atau menyumbangkannya memang menjadi penyebab utama rumah terasa penuh. Ditambah lagi dengan furniture rumah yang kurang mendukung, alhasil banyak barang ditaruh berserakan tanpa disimpan dan diletakkan secara rapi.

Bagaimana caranya supaya tetap rapi? Ada cara khusus yang selain membuat ruangan lebih tertata, juga mampu menambah kesan estetik ruangan di rumahmu. Adalah teknik vertical saving, yakni cara menyimpan barang secara vertikal dengan ditata di dinding melalui furnitur yang menempel di tembok. Dengan cara ini, barang-barangmu jadi lebih tertata, rumah tak berantakan lagi.

1. Tempelkan rak buku berwarna cerah di kamar atau ruang kerjamu. Dijamin ide dan mood untuk bekerja menjadi semakin merajalela

Image result for laci untuk kamar kos

rak buku di kamar, untuk menghindari penataan asal-asalan

2. Model lain dari rak menempel di tembok juga bisa diterapkan untuk menunjang keindahan. Contohnya untuk menaruh plakat dan piagam. Sekalian ‘pamer’ juga kan

untuk menaruh piagam dan plakat

3. Gudang kerap menjadi ruangan ‘setan’ di mana sembarang barang menumpuk jadi satu. Tetapi kalau sudah ada wall-storage seperti ini, jadi malah ciamik kan?

untuk menata area gudang via www.organizeit.com

4. Untuk menyemarakkan ruang keluarga, menerapkan rak tempel warna-warni dengan latar putih juga menjadi point of view yang menarik

bermain warna via www.ikea.com

5. Bingung menata banyaknya piring dan gelas yang kamu punya? Menaruh di rak kayu di sebelah ruang duduk nggak dosa kok

menaruh piring dan gelas di tempat yang tidak biasa via www.homedit.com

6. Agar dapur tidak disesaki dengan alat-alat, terapkan gantungan di salah satu sisi tembok untuk menaruh sutil, talenan, gela sukur, serok, dan sebagainya

agar dapur menjadi rapi via atlantasaints.com

7. Terlihat suram, tapi punya energi. Ruangan kerja yang dilengkapi dengan rak dinding ini sangat mudah memunculkan ide. Setuju?

senada dengan warna dinding via www.cuckooland.com

8. Siapa bilang untuk menaruh TV perlu rak besar? Masa sih belum pernah ada yang bilang kalau TV bisa ditempel di dinding?

ringkas ruangan TV dengan menempelkannya via www.archiexpo.com

9. Masih dalam area ruangan TV, menyatukannya dengan area membaca dengan rak buku, tak ada salahnya kan?

area TV sekaligus rak buku via www.youtube.com

10. Kata siapa meja belajar tidak bisa ditempel di dinding? Begini bentuknya

meja belajar anak menempel di dinding via www.amazon.com

Advertisement

Sebetulnya tidak susah untuk membuat ruangan tetap rapi. Dengan laci atau rak yang menempel di dinding, area lantai bisa menjadi lebih luas untuk beraktivitas. Artinya, ruangan menjadi lebih lega tanpa banyak barang berserakan. Untuk menyesuaikan budget, kamu juga bisa memanfaatkan sisa-sisa kayu dan dipaku ke dinding. Langsung bisa dipakai lo, tanpa keluar duit banyak.

Bagaimana, siap untuk membuat rapi rumahmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya