Lagi-lagi jerawat. Bosan bahas jerawat. Tapi mau gimana? Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah terburuk yang kita alami dari waktu ke waktu. Meski telah hilang, jerawat selalu meninggalkan bekas luka yang jauh lebih buruk dan akan mengganggu penampilan. Bagi cewek maupun cowok, jerawat dan bekasnya bikin level kecantikan dan kegantengan menurun drastis.

Pada umumnya, memang ada banyak produk sintetis yang tersedia di pasaran yang mengklaim dapat menghilangkan jerawat maupun memudarkan bekasnya secara bertahap. Tapi, sebelum kamu terbujuk rayuan iklan dan mengoleskan obat-obatan yang mengandung bahan kimia, sebaiknya kamu coba minyak alami yang mengandung banyak khasiat ini. Hipwee Tips telah merangkum khusus buatmu yang belum juga berhasil menumpas masalah ini. Yuk, simak!

1. Minyak kelapa dipercaya bisa membantu meregenerasi kulit karena memiliki kandungan vitamin E yang tinggi

minyak kelapa via southindianstore.com

Minyak kelapa biasanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng karena kandungannya yang non kolesterol dan lebih sehat. Minyak yang kaya akan vitamin E ini juga mujarab untuk memerangi bekas jerawat, lho. Yup! Vitamin E yang terdapat di dalamnya nggak hanya melembutkan, tapi juga sangat berguna untuk menutrisi kulit. Karena kulit yang ternutrisi dengan baik, maka regenerasi akan cepat terjadi sehingga jerawat mengempis. Begitupun bekas jerawat yang lambat laun menghilang karena tergantikan oleh jaringan kulit yang baru.

2. Minyak jojoba berperan aktif untuk menghambat pertumbuhan sebum di kulit, sehingga jerawat dan bekasnya hilang secara perlahan

minyak jojoba via sherryslife.com

Advertisement

Minyak jojoba adalah cairan lilin nabati yang berasal dari biji tanaman jojoba. Minyak jojoba ini mengandung vitamin B dan E yang bisa menghambat pertumbuhan sebum, menutrisi kulit, serta menjaga keseimbangan pH. Hal itu membuat kulit terhidrasi dengan baik dan tetap lembab. Selain itu, minyak jojoba juga baik untuk penyembuhan luka. Kamu pun nggak perlu khawatir minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat yang baru, sebab minyak jojoba sangat mudah menyerap di kulit. Jika kamu ingin jerawat dan bekasnya segera lenyap, oleskan minyak ini pada permukaan kulit secara rutin, ya!

3. Minyak yang berasal dari dalam bunga mawar nggak hanya digunakan untuk peeling atau luluran saja, tapi ampuh basmi jerawat juga

air mawar via www.skclinic.co.uk

Minyak yang biasa disebut air mawar bersifat anti inflamasi sehingga bisa mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, air mawar juga bisa menjadi toner alami untuk membersihkan wajah dari polusi, debu, dan kotoran penyebab jerawat. Untuk menggunakannya cukup mudah, yakni kamu hanya tinggal menggunakan air mawar pada wajah setelah dibersihkan. Lakukan dengan rutin supaya jerawat baru nggak akan terbentuk dan bekas jerawat bisa segera menghilang.

4. Minyak zaitun memang dikenal ramah untuk kulit. Sifat antioksidan alami di dalamnya bisa menyembuhkan jerawat secara cepat

minyak zaitun via tsmc.com.au

Minyak zaitun memang nggak diragukan lagi kemampuannya untuk menyembuhkan jerawat dan bekasnya. Minyak yang memiliki sifat antioksidan alami ini bisa menyembuhkan peradangan pada kulit. Selain itu, minyak ini juga bisa menghambat proses penuaan dini, sehingga kulit kusam, berkerut, dan juga flek hitam dijamin akan teratasi. Minyak yang bersifat anti inflamasi ini mampu mencegah terjadinya infeksi, menutrisi dengan berbagai vitamin, membantu mengeluarkan racun, dan juga bisa melembabkan kulit. Oleskan setiap sebelum tidur di malam hari agar khasiatnya makin terasa.

5. Minyak argan adalah kunci kecantikan bagi wanita timur tengah. Terlebih, minyak argan memang ampuh memberantas jerawat di wajah

minyak argan via arganoilhair.net

Minyak argan merupakan rahasia kecantikan bagi para gadis di timur tengah. Minyak argan memiliki kandungan omega-3, 6, dan 9. Menurut penelitian, kandungan omega 6 dan 9 bisa mengurangi produksi sebum yang berlebihan pada wajah. Minyak yang kaya akan kandungan vitamin E yang lebih tinggi daripada minyak zaitun ini mampu menutrisi kulit sehingga membuatnya tetap sehat. Jika kulit dalam kondisi sehat, maka jerawat nggak akan berani hinggap. Oleskan pada wajah setiap sebelum tidur di malam hari, dijamin jerawat bisa tuntas dihilangkan.

6. Minyak ikan kaya akan omega-3. Asam lemak satu ini bisa menyembuhkan luka, termasuk bekas jerawat di muka

minyak ikan via www.nicolebarber.com

Minyak yang kaya akan asam lemak omega 3 ini bisa menyembuhkan luka dan memperbaiki kondisi kulit. Entah itu bekas jerawat yang berupa flek hitam hingga jaringan parut yang dalam. Caranya yaitu bersihkan wajah dengan air hangat dan facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit. Kemudian, tusuk minyak ikan yang berbentuk kapsul supaya isinya bisa mengalir ke luar. Oleskan secara merata di permukaan kulit yang berjerawat. Pijat-pijat lembut agar minyak ikan benar-benar meresap ke dalam kulit dan diamkan hingga mengering. Kamu bisa melakukan ritual ini dua kali dalam sehari.

7. Minyak kayu cendana memiliki sifat anti bakteri. Nggak heran bisa digunakan untuk mencegah kemunculan jerawat sehari-hari

minyak kayu cendana via www.naturalhealth365.com

Minyak yang berasal dari kayu cendana ini memiliki sifat anti bakteri, sehingga ampuh mencegah dan memberantas jerawat hingga ke bekas-bekasnya. Nggak hanya sampai di situ saja, minyak ini juga berfungsi untuk mengatasi minyak berlebih di kulit. Cara mengaplikasikannya mudah, yaitu cukup oleskan minyak kayu cendana pada permukaan kulit yang berjerawat secara teratur supaya minyak pada wajah bisa berkurang.

8. Minyak almond mengandung vitamin A dan B. Selain bisa membasmi jerawat karena anti iritasi, minyak ini juga mencegah penuaan dini

minyak almond via folkbeauty.com

Minyak almond memiliki segudang manfaat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Nggak hanya berfungsi melenyapkan jerawat saja, minyak ini juga dapat menghambat gejala penuaan pada kulit. Kandungan vitamin A dan B mampu mengencangkan kulit dan mencegah datangnya kerutan. Selain itu, minyak almond memiliki sifat yang mencegah peradangan dan iritasi. Bahkan, minyak almond juga bisa menyingkirkan sel kulit mati. Sebelum melakukan penyembuhan bekas jerawat dengan minyak almond, kamu bisa mencoba mengoleskannya sedikit dulu ke kulit. Jika memang nggak timbul iritasi, berarti minyak ini cocok untuk kulitmu.

9. Jangan sepelekan minyak gamat yang berasal dari teripang. Semua mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit bisa ditemukan di dalamnya

minyak gamat via catherinegarro.com

Minyak gamat dihasilkan dari ekstrak teripang dan merupakan kolagen murni. Kolagen sendiri berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan juga meningkatkan sistem imun, sehingga nantinya kulit nggak akan mudah terserang jerawat. Bahkan, minyak gamat ini mengandung semua mineral, semua vitamin (kecuali vitamin K), dan juga asam amino. Mineral tentu sangat baik untuk menjaga kelembapan dan juga kesehatan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang ada di dalamnya bersifat antioksidan dan berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat.

Jadi gimana? Sudah siap memberantas jerawat dan bekas-bekasnya dengan minyak alami yang ramah di kulit?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya