Dewasa ini, penggunaan behel atau kawat gigi sudah nggak asing lagi di Indonesia. Baik dengan tujuan perawatan gigi maupun kawat gigi fashion yang fungsinya hanya untuk style.

Perawatan gigi berbehel nggak bisa disepelekan, lho. Jika kamu malas membersihkan gigi dan behel, hal tersebut malah akan berpengaruh pada kesehatan mulut dan gigi. Selain itu juga menjadikan proses pemakaian behel lebih lama daripada seharusnya.

Nah, kamu yang punya gigi berbehel pun perlu ketelatenan untuk merawatnya agar gigi terhindar dari plak, tetap bersih dan cantik serta mempercepat proses pelepasan behel. Berikut Hipwee Tips berikan trik khusus untuk merawat gigi berbehel. Praktikkan di rumah, ya!

1. Rajin menggosok gigi dengan sikat dan pasta gigi khusus gigi berbehel. Caranya juga khusus, ya! Nggak bisa sembarangan

sikat gigi khusus via id.pricez.com

Susunan behel yang dipasang pada gigi membuat aktivitas menggosok gigi menjadi lebih sulit karena harus melakukannya secara khusus, itulah kenapa kamu memerlukan sikat gigi dan pasta gigi yang khusus juga. Biasanya sikat gigi ini berbentuk kecil dengan bulu sikat halus. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah pengeroposan gigi dan bahan pemutih untuk mencegah gigi menguning.

Advertisement

Sikatlah gigimu minimal dua kali sehari terutama setelah makan. Ketika menyikat gigi, pertama lakukan tanpa pasta gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada behel atau di sela-sela gigi. Kemudian, lanjutkan dengan menyikat dengan menggunakan pasta gigi.

2. Risiko selilit makanan pasti ada, bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau sikat tambahan

bersihkan sela-sela gigi via drweborthodontics.com

Selain menyikat gigi, biasanya ortodontis akan menyarankan kamu untuk membersihkan sela-sela gigi untuk menghindari plak dan karang gigi. Seseorang yang menggunakan behel lebih mudah terbentuk karang gigi kalau nggak dibersihkan secara menyeluruh.

Kamu bisa menggunakan benang gigi atau sikat khusus untuk membersihkan sela-sela gigi untuk mencegah pembentukan karang gigi. Lakukan pembersihan ini setelah kamu menyikat gigi.

3. Lalu, gunakan obat kumur untuk memastikan kebersihan gigi dan mulut secara menyeluruh

pakai obat kumur via essentialhealth.com

Kamu dianjurkan untuk berkumur menggunakan obat kumur untuk lebih memaksimalkan kebersihan mulut dan gigi berbehel. Lakukan setelah menggunakan sikat tambahan atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

Obat kumur akan menjangkau sela-sela gigi yang nggak bisa dijangkau oleh sikat gigi atau benang gigi sekaligus untuk membunuh bakteri.

4. Berkomitmen untuk nggak mengonsumsi pantangan makanan dan minuman yang berdampak negatif buat gigi

hindari makanan manis via glenisk.com

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan behel, secara otomatis kamu telah berkomitmen untuk menjaga gigi dari beberapa jenis makanan tertentu. Beberapa jenis makanan ini harusnya kamu hindari untuk menjaga kesehatan gigi berbehel.

  • Makanan keras seperti wortel mentah, apel, permen, es batu, kacang, keripik dan makanan lainnya. Hindari mengunyah secara langsung, baiknya potong kecil-kecil terlebih dahulu.
  • Makanan lengket seperti permen karet, karamel, selai, atau permen kenyal lainnya. Selain mudah menyangkut di sela-sela gigi dan behel, makanan lengket bisa menarik kawat atau karet behel sehingga bergeser atau lepas dari tempatnya.
  • Makanan dan minuman manis seperti kue, permen, es krim, dan soda. Makanan atau minuman manis mengandung zat-zat yang dapat mengundang bakteri dan membuat mulut terasa asam sehingga menimbulkan plak di sela-sela gigi.

5. Jangan abaikan bibir! Jaga kelembapannya dengan menggunakan lip balm atau pelembab bibir lainnya

lembabkan bibirmu! via hijup.com

Salah satu bagian tubuh yang butuh perawatan selama kamu menggunakan behel adalah bibir. Bagian bibir rentan akan kekeringan dan pecah-pecah. Gigi yang lebih sensitif akan membuatmu mengabaikan permasalahan bibir, padahal bibir juga butuh perawatan khusus. Gunakan lip balm atau pelembap bibir lain untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

6. Konsumsi vitamin C dan kalsium untuk mencegah sariawan serta memperkuat gigi dan gusi, khususnya bagi yang pakai behel

banyak konsumsi vitamin C via www.mammarancia.com

Kamu yang punya gigi berbehel rentan terkena sariawan akibat gesekan dari behel dengan dinding dalam mulut. Kawat yang berada di ujung dalam mulut juga terkadang dapat menusuk dinding mulut akibat adanya pergeseran gigi sehingga ujung kawat menjadi bertambah panjang, hal ini juga menyebabkan sariawan atau luka dalam mulut. Oleh karena itu perbanyaklah konsumsi vitamin C untuk pencegahannya.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi susu yang mengandung banyak kalsium untuk memperkuat gigi dan gusi akibat pergeseran yang terjadi.

7. Sediakan wax orthodonty untuk melindungi gusi agar nggak tergores atau tertusuk ujung kawat behel

wax orthodonty via ehow.com

Jika ada ujung kawat yang menonjol dan menusuk gusi, wax ortodonti bisa mengatasinya. Kawat yang bertambah panjang karena pengaruh pergeseran gigi ini bisa kamu atasi sementara dengan menempelkan wax ortodonti. Jangan coba-coba untuk memperbaiki kawat yang menonjol itu sendiri, ya. Untuk penanganan selanjutnya, segera hubungi dokter ortodontis.

8. Rutin melakukan pemeriksaan gigi berbehel ke dokter ortodontis untuk mendapatkan perawatan lanjutan

kontrol ke dokter gigi via www.oralanswers.com

Pemilik gigi berbehel dianjurkan untuk mengkonsultasikan seputar kondisi gigi dan mulutnya lebih intensif. Hal ini dikarenakan gigi berbehel wajib dipantau perkembangannya. Pemeriksaan ini dilakukan minimal sekali dalam sebulan.

Pada pengontrolan, biasanya dilakukan penggantian karet behel dan mengontrol seberapa jauh tahapan penggeseran gigi yang diharapkan. Selain itu, dokter akan menangani keluhan yang dialami selama pemakaian behel serta mengecek apakah behel yang dipasang bekerja dengan baik atau nggak.

9. Perawatan alami juga bisa membantu merawat gigi berbehel agar kesehatannya tetap terjaga, sementara kamu belum melakukan pemeriksaan rutin

pakai cara alami via foyoh.com

Cara terakhir yang paling baik adalah menggunakan cara alami. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah perawatan dengan stroberi dan mengonsumsi beberapa jenis sayuran tertentu.

Gosok-gosokkan buah stroberi pada gigi, lalu biarkan hingga beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan berkumur.

Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis sayuran tertentu seperti daun selada, brokoli, atau bayam yang dapat membantu menyingkirkan noda pada gigi.

Punya gigi berbehel memang perlu perawatan ekstra dan membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Makanya, sebelum kamu memutuskan untuk berbehel, baiknya kamu pikirkan masak-masak, ya! Semoga berhasil 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!