8 Tips Menggoreng Camilan Biar Nggak Banyak Menyerap Minyak

Sabar, jangan bolak-balik gorenganmu terus-terusan

Gorengan masih menjadi camilan favorit setiap orang untuk teman minum teh atau kopi. Namun, kini beberapa orang mulai tersadar bahwa banyaknya minyak yang terserap dalam gorengan tidaklah baik untuk kesehatan seperti meningkatkan risiko berat badan bertambah hingga kolesterol tinggi.

Advertisement

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, kali ini Hipwee Tips akan membagikan beberapa tips membuat camilan gorenganmu minim minyak.

1. Gunakan penggorengan yang bersih tanpa sisa kerak makanan

gorengan nggak menyerap minyak

Penggorengan yang bersih biar nggak nyerap minyak banyak | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Ketika kamu akan mulai memasak dan menggoreng camilanmu, pastikan kamu menggunakan penggorengan atau wajan yang bersih tanpa ada sisa kerak makanan, sebab sisa kerak akan membuat penyerapan minyak secara berlebihan serta merusak cita rasa makanan.

2. Rebus sebelum digoreng. Selain hemat waktu, camilan gorenganmu tidak akan terlalu berminyak

gorengan nggak menyerap minyak

Direbus sebelum digoreng | Foto oleh Castorly Stock dari Pexels

Agar penyerapan minyak pada gorenganmu terminimalisir, alangkah baiknya kamu merebus terlebih dahulu makanan dan camilanmu seperti sayur, daging, atau ikan sebelum menggorengnya di dalam minyak panas. Hal ini akan membantumu agar masakanmu tidak terlalu berminyak. Waktu menggorengmu juga akan terpangkas, sehingga lebih hemat.

Advertisement

3. Soda kue bisa membantu melepaskan gelembung gas yang kemudian dapat mengurangi penyerapan minyak saat menggoreng camilan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penyerapan minyak adalah  menambahkan sedikit soda kue atau cairan berkarbonasi ke dalam adonan camilanmu. Soda kue akan berperan untuk melepaskan gelembung gas ketika camilan digoreng dan juga mengurangi penyerapan minyak.

4. Jangan lakukan breading dengan remah roti, gandum, atau tepung sebab akan membuat camilan menyerap lebih banyak minyak serta meningkatkan kalori

Breading atau melapisi makanan dengan remah roti, tepung, atau gandum justru membuat peningkatan kalori dan peningkatan penyerapan minyak, SoHip. Jika kamu ingin melapisi camilan dan gorengan agar lebih kaya rasa dan bervariasi, kamu bisa melapisi adonannya dengan tepung jagung atau tepung beras yang bebas gluten. Kedua jenis tepung ini dinilai mampu mengurangi penyerapan minyak sehingga tidak bikin gendut dan tidak terlalu berminyak.

5. Goreng camilan ketika minyak sudah benar-benar panas

Gorengnya pas sudah panas

Gorengnya pas sudah panas | Creadit: Max Pixel via www.maxpixel.net

Advertisement

Terkadang kita takut untuk memasukkan adonan ke dalam minyak panas, sehingga membuat kita membiarkan memasukkan adonan ketika minyak belum terlalu panas. Namun, hal ini ternyata salah sebab bisa memicu gorengan menyerap lebih banyak minyak.

Maka dari itu, pastikan untuk memasukkan adonan ketika minyak sudah benar-benar panas. Untuk tahu apakah minyak sudah panas atau belum, cobalah untuk memasukkan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika adonan tersebut langsung naik ke atas pernukaan, itu tandanya minyak sudah panas dan kamu boleh mulai menggoreng camilan favoritmu.

6. Sabar ya, jangan terlalu sering membolak-balik gorengan

Jujur, menggoreng itu membutuhkan waktu yang lama dan tingkat kesabaran yang tinggi. Saking tidak sabarnya, terkadang sering membolak-balikannya untuk memastikan aapakah sudah matang atau belum. Namun, kebiasaan ini justru tidak baik sebab minyak akan lebih banyak terserap sehingga membuat gorenganmu berminyak. Jadi, sabar ya, baliklah gorengan ketika bagian pinggir sudah mulai berwarna keemasan dan jangan terlalu sering.

7. Jangan langsung menggoreng terlalu banyak, dikit-dikit dulu saja

Jangan menggoreng terlalu banyak

Jangan menggoreng terlalu banyak | Creadit: PublicDomainPictures.net via www.publicdomainpictures.net

Langsung goreng semua saja ah, hemat waktu

Eits, jangan! Sebaiknya kamu jangan memasukkan terlalu banyak gorengan dalam satu wajan. Masukan secara bertahap saja sebab jika terlalu banyak, gorengan akan saling berebut panas dari minyak. Apabila suhu minyak turun, maka minyak akan terserap ke dalam gorengan sehingga membuat gorengan dan camilanmu semakin berminyak.

8. Tiriskan gorengan kemudian alasi dengan tisu dapur agar sisa minyak bisa terserap oleh tisu

Ditiriskan dulu sebelum disantap

Ditiriskan dulu sebelum disantap | Foto oleh form PxHere via pxhere.com

Sebelum kamu meletakkan gorengan dan camilanmu ke atas piring, alangkah baiknya kalau kamu meniriskan terlebih dahulu gorengannya supaya kadar minyak yang ada pada gorenganmu bisa turun secara perlahan ketika kamu meniriskannya.

Setelah itu, kamu bisa melapisi tisu dapur di piring sajimu agar sisa minyak bisa terserap kembali di tisu, sehingga gorengan dan camilanmu tidak banyak mengandung minyak.

Agar lebih aman dari minyak berlebih, kamu bisa menggoreng camilanmu sendiri di rumah. Selain aman, tentu minyak yang digunakan jauh lebih terjamin kualitasnya. Tunggu apalagi, yuk, langsung dipraktikkan!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE