6 Amalan Sunah yang Dianjurkan Saat Buka Puasa. Kebaikan Kecil Agar Ibadah Kian Sempurna

sunah buka puasa

Di bulan Ramadan, ada beberapa amalan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan. Nggak cuma salat Tarawih, ada juga amalan sunah ketika tiba waktu buka puasa. Amalan kecil ini mungkin sering kamu lewatkan, padahal sunah-sunah tersebut bisa menyempurnakan ibadah puasamu, lho!

Advertisement

Mumpung sisa waktu puasa masih ada, beberapa amalan sunah saat berbuka puasa ini ada baiknya nggak terlewatkan olehmu. Nggak cuma menambah pahala, amalan ini juga turut membantu orang lain lo!

1. Menyegerakan berbuka saat azan berkumandang adalah satu dari beberapa amalan sunah

sunnah buka puasa

menyegerakan berbuka | Photo by kumparan.com

Orang akan selalu baik (sehat) apabila ia menyegerakan berbuka.” – H.R. Bukhari dan Muslim

Anjuran untuk segera berbuka ini ternyata memiliki manfaat bagi tubuh lo! Pasalnya, dengan segera berbuka, kamu bisa mengembalikan lagi energi tubuh yang hilang selama menjalankan puasa seharian.

Advertisement

2. Anjuran menyantap kurma atau minum air putih juga jadi amalan sunah berbuka

buka dengan kurma | Photo by www.kompas.com

“Dari Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.”

Salah satu sunah yang diajarkan Nabi saat buka puasa adalah memakan kurma. Biar nggak kaget sebelum menyantap makanan lain, dahulukan mengonsumsi kurma atau air putih. Sebab, langsung mengonsumsi banyak makanan justru bisa menghambat saluran pencernaan dan membuatmu perut sakit.

3. Sebelum menyantap makanan, jangan lupa baca Bismillah dulu

sunnah buka puasa

baca bismillah dulu | Photo by shopee.co.id

“Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka.” – Hasyiyah I’anah at-Thalibin, 1995, Juz II, hal 297

Masih banyak yang keliru. Ternyata menurut anjuran, sebelum menyantap makanan baiknya baca bismillah dulu. Nah, selepas menyantap makanan baru melafalkan doa berbuka puasa.

4. Jangan lupa panjatkan doa saat berbuka puasa

jangan lupa doa | Photo by www.fimela.com

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak. Pertama, pemimpin yang adil. Kedua, orang yang berpuasa ketika dia berbuka. Ketiga, doa orang yang terzalimi.” – H.R. Tirmidzi dan Ibnu Hibban

Sunah lainnya yang bisa kamu amalkan adalah memanjatkan doa buka puasa. Ternyata, momen berbuka jadi waktu di mana doa didengar oleh Allah SWT. Makanya, kamu disunahkan untuk memanfaatkan waktu itu sebaik-baiknya, agar segala urusan bisa dilancarkan.

5. Sangat nggak dianjurkan mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa

makan secukupnya | Photo by www.honestdocs.id

“Makan dan minumlah, tetapi janganlah berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” – Surah al-A’raf: 31

Makannya secukupnya, biar perut nggak begah dan kamu bisa menjalankan ibadah sunah lain. Lagipula, makan terlalu banyak juga bisa menimbulkan masalah pencernaan lo!

6. Kalau ada rejeki, jangan lupa berbagi takjil atau makanan dan minuman berbuka dengan orang lain

sunah buka puasa

berbagi hidangan buka puasa | Photo by www.tribunnews.com

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” – HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad

Apalagi kini situasi ekonomi sedang sulit. Jadi, bantuan sekecil apapun akan terasa sangat bermanfaat untuk orang lain lo!

Itu dia enam amalan sunah yang bisa kamu aplikasikan saat buka puasa. Jika dikerjakan dengan baik, pahala yang didapat pun akan setimpal sesuai yang dijanjikan. Nggak perlu melakukan banyak hal untuk memperoleh kebaikan selama bulan puasa ini, amalan-amalan kecil di atas pun bisa meningkatkan pahala bagi yang melaksanakan.

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE