Kadang, malas banget untuk datang ke acara ngabuburit yang konsepnya cuma gitu-gitu aja. Bukan tidak menghargai teman-teman yang sudah menyiapkan acaranya. Tapi kalau setiap tahun isi acaranya hanya datang (itupun kalau nggak telat), duduk, basa-basi, lalu makan, mereka yang datang dengan tulus pun bakal bosan.

Mumpung Ramadhan masih ada 3 minggu, coba deh mengkonsepkan acara ngabuburit unik bersama teman-temanmu. Untuk membantu, Hipwee sekarang punya 5 konsep acara ngabuburit. Yuk simak!

1. Bukber ala desa patut dicoba. Tak harus jauh-jauh pergi ke desa yang nyata; ada banyak alternatif yang bisa dipakai untuk menghadirkan suasananya

suasana ala pedesaan yang bisa mengakrabkan via penulispro.com

Advertisement

Tak perlu harus datang ke desa untuk menikmati suasana-suasana pedesaan. Banyak restoran di beberapa kota-kota besar yang bertemakan suasana pedesaan dengan dekorasi dan menu khas desa. Banyak macamnya, ada yang khas Sunda, Jawa, Bali, dll. Suasana pedesaan yang asri dan kekeluargaan akan membuat buka bersama teman-teman akan semakin menyenangkan. Meski tak banyak yang bisa dilakukan jika di restoran, kamu bisa merancang kuis-kuis ringan sambil menunggu bedug maghrib.

Tapi biasanya, restoran-restoran yang berada di desa juga tak kalah gencarnya berpromosi dengan paket buka bersama. Nah, jika memungkinkan, mungkin ini bisa jadi pilihan yang bagus. Banyak hal yang bisa dilakukan, terlebih restoran-restoran ini biasanya berada di kompleks desa wisata. Ngabuburit jadi semakin seru dan kekompakan dengan teman-teman bisa terbangun.

2. Coba juga ngabuburit di restoran-restoran dengan tema unik. Bisa jadi bahan obrolan, silaturahmi pun tetap lancar.

walau konsepnya minimalis, tempatnya boleh variatif via melorot.blogspot.com

Cobalah pilih restoran dengan tema unik dan menarik. Karena lokasinya sudah unik, kamu tidak perlu susah-susah mengkonsepkan acara yang unik lagi. Cukup memesan tempat di restoran dan datang saat hampir-hampir adzan maghrib. Tak ada persiapan khusus yang lain, asalkan harga cocok dan jumlah orang sudah hampir pasti dipilih.

Advertisement

Sekarang mulai bermunculan kafe dan restoran yang menyediakan setting tempat yang unik. Ada yang rumah sakit, penjara, taman bermain, dll. Meski konsep ini lebih kasual dan persiapannya paling minimal, keunikan restoran yang dipilih menyisakan kesan yang tidak sembarangan.

3. Meski makanannya penuh lemak dan kolesterol, BBQ-an tak ada salahnya dicoba untuk suasana yang santai tapi tetap seru.

konsep baru BBQ-an, yaitu dengan outdoor carpet dinner alias lesehan via eye-swoon.com

Kebanyakan orang suka dengan acara yang berbau bakar-bakaran. karena sangat anak muda dan lebih santai. Biasanya di sebut Barbeque-an atau BBQ-an, acara ini akan terlaksana dengan lancar jika ada salah satu teman yang merelakan halaman atau tamannya sebagai tempat acara. Ngabuburit bakal jadi hal yang sangat menyenangkan karena sambil menunggu waktu berbuka, kamu bisa bakar-bakar daging, sosis, jamur atau apapun yang enak, atau bisa juga membantu menyiapkan minuman untuk berbuka.

Selain itu, acara BBQ-an identik dengan game yang seru. Berbagai game dipersiapkan untuk membuat acara tak hanya sekadar bakar-bakar, makan, terus pulang. Permainannya pun tak harus yang rumit, biasanya: main UNO, Truth or Dare, dan Heads Up! Sederhana tapi tetap bisa seru dan waktu berbuka jadi tak terasa lama.

Kalau tidak ada yang punya halaman luas gimana? Tetap bisa kok. Beberapa restoran dan kafe juga menyediakan paket BBQ. Jadi tak perlu khawatir, asal kamu bisa menemukan restoran atau kafe yang menyediakan paketan ini semua tetap bisa berjalan sesuai konsep ala BBQ-an.

4. Buka bersama dengan gaya 80’s atau vintage juga bisa jadi konsep yang menarik. Reuni sekaligus bukber pun tak terasa membosankan

konsep vintage dan BBQ memang santai tapi juga menciptakan suasana kekeluargaan via www.strawberrysqueeze.co.uk

Momen ngabuburit juga biasanya dimanfaatkan untuk sekalian reuni. Ada yang reuni SD, SMP, SMA sampai kuliah. Nah, kalau reuninya sudah terlalu jauh tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menerapkan gaya 80’s, retro atau vintage agar suasananya jadi lebih klasik dan bisa tetap asik. Penerapan konsep dalam acara ngabuburit jangan dianggap remeh lho, maklum karena banyaknya reuni jadi kadang bosan dan pasti cuma duduk-duduk, cerita soal sekolah, makan, dan pulang.

Tema ini juga bisa dikombinasikan dengan konsep yang lain, mau dengan konsep BBQ juga bisa atau casual dengan memilih restoran atau tempat makan yang bernuansa vintage alias jadul (jaman dulu). Kamu juga bisa mengisi dengan permainan yang klasik tapi tetap mendekatkan, misalnya main “Siapa Dia?” dengan menyebutkan kebiasaan atau sifat teman yang ada disekolah dan yang lain harus menebak kira-kira siapa orang sedang dideskripsikan itu. Pasti seru dan heboh!

5. Ngabuburit anti-mainstream dengan konsep kostum yang bisa buat buka bersama berasa kayak lagi parade

tak perlu kostum serumit ini, yang penting maksud konsepnya bisa tersampaikan via www.buycostumes.com

konsep ini mungkin paling jarang didengar, tapi tak ada salahnya lho mencoba untuk menerapkan konsep ini untuk acara ngabuburit. prinsip dasarnya adalah konsep buber (buka bersama) harus beda dan menarik. gunanya adalah agar teman-teman itu tidak bosan dan tetap bersemangat untuk datang ke buber tahun depan. Nah konsep kostum ini bisa jadi alternatif yang bagus untuk memunculkan keseruan itu.

Contoh konsep ini biasanya diawali dengan tema superhero. Tak perlu khawatir dengan kostumnya, tak perlu buat kostum yang susah-susah dan mahal. Kamu bisa menyarankan dengan menggunakan kaos bergambar tokoh superhero, atau aksesoris-aksesoris yang berbau superhero. Tak rumit ‘kan? setelah superhero, kamu bisa menggunakan tema yang lain seperti anime, Alice in Wonderland, atau Avatar.

Seperti halnya konsep vintage, konsep ini juga bisa dipadu-padankan dengan konsep yang lain. Lebih cocok kalau di gabung dengan BBQ, khususnya house party tapi tetap harus islami ya house party-nya soalnya untuk berbuka puasa. Game juga jangan sampai lupa, bisa dengan “Tebak Gerak” atau “Aksen”, tebak gerak dengan menirukan gerakan-gerakan khusus dari tokoh atau aksen yang menirukan gaya bica tokoh. Pasti bisa pecah banget acaranya!

Nah, seru-seru ‘kan konsepnya? Walaupun inti acara ngabuburit sebenarnya hanyalah membatalkan puasa, bukan berarti acara itu gak bisa dibuat istimewa. Buatlah acara ngabuburit yang lebih berkesan dan menyenangkan untuk semua yang datang. Selamat mencoba 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya