Anak – anak kecil secara alamiah memang tak bisa diam. Berbagai jenis barang dijadikan sebagai mainan. Bahkan berbagai tempat dan momen bisa menjadi tempat bermain dadakan. Tak terkecuali momen resepsi.

Gak jarang kamu menjadi khawatir jika mereka bikin rusuh dan lari-larian di sekitar pesta. Kalau sudah kebangetan, hal ini terkadang bikin pesta jadi tak lagi sakral. Tapi tenang, untuk mengatasinya kamu bisa coba menyediakan sesuatu yang menarik bagi mereka agar lebih tenang. Penasaran? 9 Ide ini bisa kamu terapkan.

1. Banyaknya hiasan di atas pelaminan seringkali bikin mereka penasaran. Nah, agar mereka tak lagi mengganggu, sediakan saja pelaminan kecil di area pesta

Cara biar anak-anak tak bikin pernikahan berantakan

Cara biar anak-anak tak bikin pernikahan berantakan via www.eternallyfashion.com

Advertisement

Sikap aktif anak-anak memang menyenangkan. Namun, jika mereka sudah mulai senang lari-larian di atas pelaminan, kamu berasa pengen marah-marah. Sabarlah. Banyaknya hiasan dan properti di pelaminan memang terlalu menarik perhatian mereka. Untuk mengatasinya, kamu bisa buat pelaminan kecil di area pesta. Tak harus megah, sediakan saja kursi dan dekor yang menarik. Arahkan mereka untuk bermain disana saja. Jadi kamu tak perlu khawatir pelaminanmu terganggu.

2. Selain menarik perhatian dan bikin mereka tenang, menyediakan souvenir pernikahan khusus dalam bentuk sepaket alat gambar juga bisa mencerdaskan.

Souvenir pernikahan buat anak-anak

Souvenir pernikahan buat anak-anak via somethingturquoise.com

Salah satu cara membuat anak tenang adalah memberikan barang-barang yang menarik perhatian dan membuat mereka senang, misalnya alat gambar. Kamu bisa menyediakan souvenir pernikahan dalam bentuk sepaket alat gambar yang berisi pensil warna dan pola gambar. Lalu berikan saat tamu undangan baru datang. Dengan sovenir unik ini, mereka tak cuma bisa tenang, tapi juga bisa tercerdaskan. Menarik ‘kan?

3. Sediakan snack corner yang penuh makanan menggoda hati. Alhasil perhatian mereka bisa teralih ke sini

Ide jenius biar anak-anak tak bikin rusuh resepsi pernikahan

Ide jenius biar anak-anak tak bikin rusuh resepsi pernikahan via www.flickr.com

Para tamu undangan yang membawa anak kecil memang tak bisa dicegah. Tapi tenang, sekarang kamu tak perlu lagi khawatir jika pestamu berantakan jika disediakan makanan yang mereka suka. Menu prasmanan seperti permen, keripik, jelly unik atau roti warna-warni bisa jadi senjata. Namun, pastikan kamu meletakkannya di meja yang berbeda dari meja orang dewasa ya. Dengan pilihan makanan yang menggoda seperti ini, mereka pasti akan asyik sendiri.

4. Kamu menggelar pesta pernikahan outdoor? Inilah saatnya berikan gelembung sabun agar mereka bahagia dengan dunianya di tempat terpisah.

Cara agar anak-anak tak ribut di pesta pernikahan

Cara agar anak-anak tak ribut di pesta pernikahan via peninsulakids.com

Advertisement

Kamu mengidam-idamkan pesta pernikahan yang asyik dan tertib? Tanpa perlu khawatir akan gangguan anak-anak, kamu bisa sediakan gelembung sabun sebagai penangkal. Masukkan gelembung sabun pada galon. Lalu jangan lupa sediakan stick dan wadah kecil di dekatnya. Pastikan kamu meletakkanya di daerah terbuka ya. Selain menyenangkan, cara seperti ini dijamin membuat mereka asyik sendiri bermain.

5. Dirikan tenda “darurat” di luar ruangan yang berisi mainan. Anak – anak bisa lebih terkendali saat bersama teman-teman

Cara mengatasi anak-anak saat pesta resepsi

Cara mengatasi anak-anak saat pesta resepsi via braedonphotography.com

Mengendalikan anak-anak yang super aktif memang butuh trik. Apalagi membuat mereka tenang saat pesta pernikahan, susahnya gak ketulungan. Eits, itu dulu. Sekarang kamu bisa coba mengatasinya dengan menyediakan tenda “darurat”di salah satu sudut venue resepsi. Jangan lupa masukkan beberapa mainan ya agar mereka senang. Pestamu pasti leih tertib karena anak-anak sudah sibuk dengan teman- teman barunya di tenda darurat. Menarik ‘kan?

6. Gadget corner adalah solusi praktis agar anak-anak yang ikut serta dalam pesta tak lagi bikin kacau suasana.

Cara mengatasi anak biar tenang saat resepsi

Cara mengatasi anak biar tenang saat resepsi via www.nydailynews.com

Gak sedikit para tamu undangan yang membawa anak-anak mereka untuk datang pesta. Eits, tenang. Kamu tak perlu khawatir lagi akan kehadiran anak-anak, karena gadget corner bisa menjadi pengalihan perhatian mereka. Kamu bisa sediakan area khusus mereka di salah satu sisi, lalu fasilitasi dengan 2-3 Ipad atau tablet beserta games didalamnya. Pastikan ada satu atau dua orang yang jaga untuk mengatur antrian. Dengan tempat seperti ini, pesta pernikahan bisa lebih asyik dan tertib lagi.

7. Daripada botol kaca bekas nganggur begitu saja, bikin saja jadi bahan ring toss game agar anak-anak para tamu undangan merasa riang.

Pernikahan unik agar anak tertib

Pernikahan unik agar anak tertib via www.etsy.com

Ring toss game adalah permainan yang paling diminati anak-anak dan mudah dimainkan. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, permainan ini bisa kamu bikin sendiri lho. Gunakan saja botol kaca bekas yang sudah dicat ulang dan ring yang dibuat dari bambu. Pastikan kamu sediakan spot khusus untuk ring toss game di luar ruangan ya. Dengan tawaran hadiah souvenir pernikahan yang lucu, anak-anak kecil tak lagi rewel dan mengganggu acara.

8. Selain menu makanan yang menggugah selera anak-anak, properti lucu nan unik juga bisa jadi solusi demi mengalihkan perhatian mereka

Pesta pernikahan yang menarik agar anak-anak tak rewel

Pesta pernikahan yang menarik agar anak-anak tak rewel via www.chinabuye.com

Kamu ingin pesta pernikahan yang kamu gelar berjalan tertib tanpa keusilan anak – anak kecil yang tak bisa diam? Tanpa harus mengusir mereka, kamu bisa mewujudkannya dengan properti yang unik dan menarik perhatian. Contohnya, sedotan kacamata, kumis palsu, glow stick, atau boneka tangan. Sediakan di meja khusus anak-anak. Arahkan agar mereka tak mengganggu di spot khusus orang dewasa dan fokus di sini saja. Mereka pasti betah dan tak lagi mengusili orang lain. Karena permainan mereka sendiri sudah menyenangkan.

9. Ucapkan selamat datang pada anak-anak yang hadir di pesta pernikahan. Lalu ajak mereka ke stand khusus menggambar dan berkreasi.

Pesta asyik untuk anak-anak

Pesta asyik untuk anak-anak via hillcountryweddingblog.com

Mengendalikan anak-anak itu tak sesusah yang dibayangkan kok. Tanpa perlu takut mereka bikin rusuh di pesta pernikahan, kamu bisa mengantisipasinya dengan stand  khusus. Isi stand tersebut dengan peralatan menggambar dan berkreasi. Jangan lupa tempatkan orang khusus sebagai mentor atau penjaga ya. Tanpa mengeluarkan banyak uang untuk membuat souvenir satu-satu, cara ini lebih menghemat dana lho.

Meski sering rewel, usil, dan nakal, anak-anak selalu memberikan keceriaan tersendiri pada setiap momen lho. Tanpa perlu khawatir mereka bikin rusuh suasana sakral pesta pernikahan, ide-ide kreatif ini bisa kamu terapkan agar acaramu bisa lebih tertib.

Selamat menerapkan. Semoga pesta pernikahanmu lancar ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya