8 Aplikasi Edit Suara yang Bisa Kamu Pakai untuk Bikin Konten Video atau Podcast

Aplikasi edit suara

Menghasilkan suara yang jernih dan enak didengar jadi salah satu tujuan utama bagi para content creator dalam menghasilkan sebuah mahakarya. Bagi kamu yang suka bikin video di YouTube, sebaiknya perlu tahu, nih, aplikasi edit suara terbaik sebagai penunjang saat proses pembuatan video. Pasalnya, dengan aplikasi-aplikasi editing kamu dapat menciptakan audio yang jernih sehingga enak didengar oleh penonton.

Advertisement

Selain visualisasi yang disajikan dalam video, orang tentunya akan menyimak audio untuk mendengar percakapan, narasi atau bahkan soundtrack video yang kamu unggah. Terlebih, kalau konten yang kamu bikin formatnya podcast. Jika suara tidak jelas, penonton akan kesulitan memahami apa yang kamu sampaikan. Demi kualitas konten yang bagus, di bawah ini ada beberapa rekomendasi aplikasi edit suara yang bisa kamu coba, lho, SoHip. Ada yang dari handphone dan bisa langsung dari PC!

1. Adobe Audition

aplikasi edit suara

Adobe Audition | Photo by www.adobe.com

Adobe Audition adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu coba untuk melakukan edit audio. Adobe Auditon dinilai jadi salah satu aplikasi yang sering dipakai oleh content creator untuk melakukan pengeditan suara. Dilansir dari Zapier, aplikasi ini diperbarui setiap tahun dengan fitur-fitur baru.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai macam pengeditan, seperti menghapus noise pada suara, menambahkan rekaman suara, ataupun menghapus file-file suara yang tidak diinginkan. Bahkan, Adobe Audition juga dilengkapi fitur multi-track editing dan mixing untuk menambah pengalaman terbaik dalam melakukan edit suara.

Advertisement

Aplikasi edit suara yang satu ini bisa kamu pakai gratis untuk masa percobaan. Jika tertarik, kamu bisa berlangganan dengan membayar sekitar Rp300.000-an. Adobe Audition dapat kamu gunakan menggunakan sistem oprasi MacOS dan Windows.

2. Audacity

Audacity | Photo by www.audacityteam.org

Aplikasi edit suara yang selanjutnya adalah Audacity. Audacity memang cocok digunakan untuk pemula karena tampilannya yang sederhana. Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan Audacity secara gratis tanpa perlu bayar apapun.

Terdapat banyak sekali efek suara yang bisa digunakan, seperti bass, treble, distorsi dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, Audacity juga mendukung banyak sekali format audio, yaitu MP3, WAV, AIFF, MP4, AMR, dan lain-lain. Untuk software yang satu ini, kamu bisa pakai di Windows, MacOs, dan Linux.

Advertisement

3. Media Converter

Media Converter | Photo by apps.apple.com

Berbeda dengan dua aplikasi edit suara sebelumnya, Media Converter adalah aplikasi yang bisa kamu temui lewat Android atau iOS. Aplikasi ini dapat digunakan langsung melalui handphone dengan men-download-nya terlebih dahulu. Seperti namanya, Media Converter dapat memungkinkan penggunanya untuk mengubah audio ke dalam berbagai format, seperti MP3, MP4, AAC, MPEG, FLV, dan lain-lain.

Selain convert audio, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan pengeditan suara. Kamu bisa memotong file audio, mengedit suara, serta mengatur kecepatan suara.

4. Lexis Audio Editor

aplikasi edit suara

Lexis Audio Editor | Photo by apkpure.com

Sama seperti Media Converter, kamu bisa mendapatkan Lexus Audio Editor melalui Google Play Store. Aplikasi edit suara yang satu ini menyediakan beragam keunggulan, seperti 10 jenis equalizer sehingga mampu membuatmu mengedit suara jadi lebih merdu.

Jika ingin memasukkan soundtrack dalam video-mu, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, kamu bisa memasukkan lagu-lagu yang ada di memori internalmu, lalu kemudian langsung diedit.

5. FL Studio Mobile

FL Studio Mobile | Photo by www.image-line.com

Bisa dibilang, aplikasi ini mempunyai tampilan yang cukup rumit. Akan tetapi, jika kamu sudah terbiasa menggunakannya, tak perlu khawatir lagi. FL Studio Mobile menyajikan beragam efek suara yang bisa digunakan, seperti high-quality synthesizers, drum kits, dan lain-lain. Biasanya, aplikasi edit suara ini digunakan oleh musisi untuk melakukan pengeditan audio musik.

6. Timbre

aplikasi edit suara

Timbre | Photo by androidauthority.com

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan melalui Google Play Store. Timbre juga cocok digunakan untuk pemula dalam melakukan pengeditan video. Kamu bisa melakukan pemotongan audio, convert audio, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, masih ada beragam fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan dalam melakukan pengeditan audio.

7. WavePad

wavepad | Photo by apkpure.com

WavePad jadi salah satu aplikasi edit suara di Android dan iOS yang wajib kamu coba. Bagaimana tidak, aplikasi ini menyajikan beragam fitur, seperti cut, copy and paste, trim, delete, silence selection, dan lain-lain. Selain itu, hal terpenting dari WavePad adalah tampilannya yang sederhana sehingga cocok digunakan oleh pemula.

8. Audio Cutter Pro

Audio Cutter Pro | Photo by musicianonamission.com

Dilansir dari Musician On a Mission, Audio Cutter Pro mempunyai tampilan yang sederhana dan bagus. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk memakainya dengan baik. Aplikasi edit suara yang satu ini cocok digunakan untuk menambahkan fade pada audio. Uniknya, kamu bisa mengimpor file dari Dropbox atau Google Drive untuk dimasukkan ke dalam aplikasi ini. Audio Cutter Pro bisa kamu gunakan melalui PC.

Itu dia 8 rekomendasi aplikasi edit suara terbaik dari Hipwee yang bisa kamu gunakan. Bagaimana menurutmu? Sudah siap untuk membuat konten dengan kualitas audio terbaik dalam videomu? Yuk, coba dari sekarang!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE