9 Cara Memilih Aplikasi Kasir yang Pas untuk Tokomu. Hitungannya Valid dan Bisa Hafal Customer

Aplikasi kasir

Terlepas dari sebesar apa ukuran toko atau restoranmu, menggunakan aplikasi kasir online jelas akan mempermudah bisnismu. Dewasa ini, banyak perusahaan yang menawarkan aplikasi kasir sederhana dengan beragam fitur unggulan. Tak cuma menghitung pembayarannya saja, bahkan ada aplikasi kasir Android gratis yang juga bisa dimanfaatkan untuk menganalisa laporan penjualan. Jadi, kamu nggak perlu repot mengolah catatan pemasukan dan pengeluarannya lagi. Nah, berkat kehadiran fitur-fitur canggih sekarang, aplikasi kasir Excel mulai banyak ditinggalkan.

Advertisement

Namun, meski aplikasi kasir gratis full version punya banyak keunggulan, kamu tak bisa serta-merta menggunakannya begitu saja. Ada beberapa hal yang patut jadi pertimbangan, seperti kebutuhan maupun fitur yang sebenarnya diinginkan. Untuk mempermudah pencarian aplikasi kasir terbaik yang sesuai dengan kebutuhan tokomu, simak ulasan Hipwee Tips berikut. Di sini ada panduan serta trik memilih aplikasi kasir yang paling pas, biar pembayaran serta laporan keuanganmu jadi lebih terkontrol dan mudah mengaturnya.

1. Sesuaikan aplikasi kasir dengan bisnis atau usaha yang dijalankan, terutama fitur-fiturnya

sesuaikan dengan bisnismu via majoo.id

Masing-masing aplikasi tentu punya fitur atau program yang berbeda untuk jenis bisnis tertentu juga. Supaya dapat menemukan aplikasi kasir terbaik, buatlah lis fitur apa saja yang dibutuhkan untuk bisnismu. Misalnya seperti pencatatan transaksi keluar masuk hingga cek stok opname. Kalau kesulitan mencari fitur yang benar-benar diinginkan, coba ingat-ingat lagi apa saja yang membuatmu kesulitan selama masih menghitung keuangan bisnis secara manual. Nah, hal ini tentunya bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih aplikasi kasir termasuk fitur-fiturnya juga untuk bisnismu.

2. Kamu pun harus memilih aplikasi kasir gratis yang user friendly dan mudah digunakan

mudah digunakan via www.shopkeep.com

Memang banyak aplikasi kasir gratis PC yang mulai bermunculan, tapi tak semua aplikasi mudah dipahami cara penggunaannya. Makanya, sebelum menentukan pilihan pada satu aplikasi kasir, coba cek lagi seperti apa tampilan antar mukanya, apakah nyaman atau nggak. Selain itu, cobalah lebih peka pada respon aplikasi, kalau ternyata bisa menjalankan perintah dengan cepat, maka aplikasi kasir ini bisa dijadikan pilihan.

Advertisement

3. Cek juga metode pembayaran dari aplikasi kasir yang mau digunakan

pertimbangan metode pembayaran via www.bobobox.co.id

Cek apakah aplikasi kasir hanya bisa digunakan untuk transaksi kartu tertentu atau nggak. Sebagai saran, pilihlah aplikasi kasir yang menawarkan beberapa metode pembayaran kepada penggunanya. Tak cuma dengan kartu debit saja, agaknya sinkronisasi pembayaran dengan dompet digital pun harus dipertimbangkan. Sebab, kamu juga belum tahu kan pelangganmu biasanya memakai metode pembayaran yang mana?

4. Aplikasi kasir minimarket atau restoran yang terhubung dengan Cloud jelas punya nilai lebih

terhubung ke Cloud via financesonline.com

Jadi, teknologi komputasi Cloud ini bisa mengunggah seluruh data dalam aplikasi kasir sehingga dapat diakses di mana pun dan kapan pun, bahkan meski tanpa jaringan internet sekalipun. Tentunya, aplikasi kasir yang sudah terhubung dengan Cloud akan membuat pemilik usaha jauh lebih tenang dan nyaman. Sebab, mereka bisa melihat dan mengontrol transaksi harian maupun bulanan tanpa harus datang ke toko.

5. Aplikasi kasir toko juga harus memiliki fitur keamanan yang cukup kuat

fitur keamanan yang baik via www.openpos.tech

Aplikasi kasir jelas menyimpan banyak data rahasia bisnismu, makanya tak semua orang boleh mengaksesnya termasuk karyawanmu sendiri. Nah, biar rahasia keuangan bisnismu terjaga, pastikan kamu memilih aplikasi kasir yang punya sistem keamanan bagus. Bukan berarti harus dikunci, tapi lebih ke mendesain sistem keamanan aplikasinya. Misalnya dengan mengaktifkan fitur audit atau membuat catatan penjualan yang terintegrasi dengan stok barang. Dengan cara ini, setiap barang yang berhasil dijual akan berkurang secara otomatis di aplikasi sesuai jumlah transaksi yang masuk.

Advertisement

6. Banyak aplikasi iPhone gratis yang bisa membuatmu jadi lebih dekat dengan pelanggan. Nah, biar chemistry-nya makin dapat, mending cari aplikasi kasir yang seperti ini

menangkan hati pelanggan setia via zenreach.com

Bukan dengan menunjukkan hasil keuangan bisnismu ke pelanggan, tapi lebih ke memberikan reward ke mereka yang sering mengunjungi toko dan restoranmu. Dulu loyalty program ini biasa dibuat dengan memanfaatkan kartu yang harus distempel jika pelanggan tersebut kembali ke toko. Tapi sekarang tak perlu begitu lagi.

Ada beberapa aplikasi kasir, seperti Qasir yang memiliki pencatatan komprehensif. Maksudnya, aplikasi ini bisa menyimpan nama pelanggan yang sering datang ke toko atau restoranmu. Tentunya, fitur ini akan memudahkanmu untuk mengetahui siapa saja loyal customer di tokomu. Nah, sebagai bentuk apresiasi, berikanlah potongan harga atau promo khusus untuk mereka, biar makin betah dan senang belanja ke tokomu. Hal kecil semacam ini perlu dilakukan lebih sering supaya bisa memenangkan hati mereka.

7.  Hal lain yang nggak kalah pentingnya ialah memilih aplikasi kasir yang punya layanan bantuan

punya layanan bantuan via mokaposhelp.zendesk.com

Karena sewaktu-waktu program di aplikasi kasir restoran bisa mengalami kendala, maka memilih penyedia jasa yang memiliki layanan bantuan jelas lebih menguntungkan. Kalau perlu, tanyakan juga apakah penyedia jasa juga memberikan garansi pelanggan setelah kita menggunakan aplikasinya. Tentu akan jauh lebih nyaman kalau kamu memilih penyedia jasa aplikasi kasir dengan layanan bantu plus garansi.

8. Jangan lupa cek ulasan atau review aplikasi kasir yang mau kamu pilih

baca ulasannya dulu via jobs.cvshealth.com

Jika aplikasi kasir yang digunakan ada di ponsel, lihatlah ulasan dan rating di laman unduh dalam ponselmu. Untuk memastikan kebenarannya, tanyakan ke teman atau bacalah review yang ada di internet. Memang sih tak ada aplikasi kasir yang sepenuhnya memenuhi ekspektasimu, tapi sebisa mungkin pilihlah program dengan fitur unggulan yang sesuai dengan bisnismu.

9. Nah, yang paling penting ialah memilih aplikasi kasir yang sesuai dengan bujetmu

pilih aplikasi kasir sesuai bujet via www.businessnewsdaily.com

Sulit memang mendapatkan aplikasi kasir yang cocok dengan bujetmu. Sebab kebanyakan aplikasi kasir dengan harga murah tak memiliki fitur yang lengkap. Namun jika kamu mau menimbang-nimbang dan mencari lebih dalam fitur yang benar-benar dibutuhkan, pasti bisa kok dapat aplikasi kasir sesuai bujet yang fiturnya pun lumayan memenuhi kreiteriamu.

Tak perlu khawatir, sekarang pun ada aplikasi kasir yang menyediakan pilihan add on atau tambahan fitur khusus seiring berjalanannya waktu. Jadi, jika nanti ada bujet lebih, aplikasi kasir bisa kamu upgrade.

Memilih aplikasi kasir restoran atau toko memang agak sulit. Butuh riset yang lumayan lama supaya kamu bisa menemukan mana yang terbaik. Tapi sebenarnya, melakukan riset kecil pun nggak masalah kok. Mending ribet di awal daripada nanti sudah menentukan pilihan tapi aplikasi kasirnya malah bermasalah. Dari sekian banyak penyedia jasa aplikasi kasir, aplikasi kasir Moka dan Kasir Pintar bisa dijadikan alternatif pilihan. Kedua aplikasi kasir ini punya fitur yang lumayan dengan harga yang bisa disesuaikan. Semoga memberimu pencerahan bagi yang sedang mencari aplikasi kasir, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE