7 Aplikasi Perekam Suara Terbaik. Cocok untuk Podcast atau Vlogging

Aplikasi perekam suara

Saat ini dunia teknologi cukup banyak memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk berkarya. Salah satu contohnya keberadaan berbagai platform untuk mengakses konten-konten kreatif, seperti YouTube, Spotify dan Google Podcast. Ramainya konten di platform tersebut membuat masyarakat keranjingan vlogging dan podcast. Untuk mendukung kebutuhan tersebut, keberadaan aplikasi perekam suara menjadi cukup penting untuk menghasilkan konten terbaik. Apalagi bagi content creator yang masih memiliki keterbatasan alat dan tim produksi.

Advertisement

Salah satu solusi paling efektif memang menggunakan aplikasi perekam suara yang bisa digunakan di perangkat android. Selain mudah digunakan, aplikasi di android biasanya gratis. Namun, nggak semua aplikasi perekam suara cukup baik untuk kebutuhan vlogging dan podcast lo. Bagaimana pun vlogging dan podcast membutuhkan kualitas suara yang jernih untuk bisa menghasilkan karya terbaik. Penasaran, aplikasi perekam suara apa saja yang bisa menghasilkan suara jernih untuk vlogging dan podcast? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Smart Recorder, aplikasi perekam suara terbaik yang dilengkapi fitur silence skipper sehingga cocok untuk perekaman tersembunyi

aplikasi perekam suara

Smart Recorder | Credit by Hipwee via Google Play

Smart Recorder dirancang khusus untuk keperluan rekaman dengan kualitas audio bermutu tinggi yang mengandalkan fitur canggih dan antarmuka yang sederhana. Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fitur pintar yang bisa menjeda perekaman saat situasi hening. Selain itu, aplikasi yang cocok untuk kebutuhan podcast dan dubbing ini juga dilengkapi opsi perekaman ringtone dan tool kalibrasi mikrofon. Sehingga, hasilnya terdengar lebih jernih dan stabil. Smart Recoreder ini recommended buat kamu yang butuh aplikasi perekam suara dari mixer ke android.

2. Titanium Voice Recorder, aplikasi perekam suara terbaik tanpa batasan waktu dan dilengkapi fitur rekam stereo

aplikasi perekam suara terbaik

Titanium Voice Recorder | Credit by Hipwee on Google Play

Aplikasi perekam suara ini bisa merekam dengan durasi yang cukup lama, misalnya untuk merekam vlog perjalanan dan podcast yang panjang. Lewat user interface yang ramah, Titanium Voice Recorder menawarkan fitur penting. Misalnya unlimited record, dan stereo record di perangkat yang mendukung. Selain itu ada juga fitur gesture phone yang memungkinkan kamu memulai perekaman hanya dengan menggoyangkan ponsel.

Advertisement

3. RecForge II, aplikasi perekam suara dengan jernih seperti di studio musik. Cocok untuk cover lagu!

aplikasi perekam suara untuk cover lagu

RecForge II | Credit by Hipwee via Google Play

Aplikasi RecForge II sangat direkomendasikan untuk seorang pegiat musik yang membutuhkan kontrol lebih dalam melakukan perekaman suara. Aplikasi ini memiliki fitur rekaman yang cukup advanced dan memungkinkan penggunanya melakukan pengaturan lebih mendalam pada proses perekaman. Misalnya pengaturan pitch, tempo dan editing sederhana. Aplikasi ini sangat cocok untuk kebutuhan cover lagu karena memiliki hasil suara yang jernih seperti di studio musik.

4. Aplikasi perekam suara Easy Voice Recorder biasa digunakan untuk dubbing dan review film

aplikasi perekam suara dubbing

Easy Voice Recorder | Credit by Hipwee via Google Play

Sesuai namanya, Easy Voice Recorder merupakan aplikasi perekam suara terbaik yang paling mudah digunakan oleh seorang pemula. Kamu tinggal buka aplikasi, tekan tombol rekam, simpan dan tutup aplikasi kembali. Aplikasi ini sudah populer di kalangan YouTuber yang sering membuat video dubbing dan review film. Meski sangat sederhana, Easy Recorder memberikan banyak fitur pada pengguna. Kamu juga bisa melakukan pengaturan pada jenis format audio yang dihasilkan. Selain tersedia versi gratis, aplikasi ini juga menyediakan versi pro dengan fitur yang lebih lengkap.

5. Aplikasi perekam suara Anchor, hasilnya jernih dan paling populer untuk membuat podcast

aplikasi perekam suara

Anchor | Credit by Hipwee via Google Play

Anchor merupakan salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk membuat podcast. Aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat podcast dengan berbagai fitur editing seperti efek suara, peredam noise, transisi, background task dan impor pesan suara. Bahkan kamu juga bisa mengunggahnya secara langsung melalui aplikasi ini.

Advertisement

6. Hi-Q MP3 Voice Recorder, aplikasi perekam suara dengan sample rate hingga 44 kHz, cocok untuk YouTuber

aplikasi perekam suara untuk youtuber

Hi-Q MP3 Voice Recoreder | Credit by Hipwee via Google Play

Sebenarnya fitur-fitur dari aplikasi perekaman ini sangat sederhana, tapi semuanya sangat memudahkan pengguna terutama bagi Youtuber. Salah satu fitur yang paling bermanfaat adalah format penyimpanan MP3 yang mana format ini masih kompatibel hampir di semua perangkat. Selain itu, Hi-Q MP3 Voice Recorder bisa langsung meng-upload hasil rekaman ke Dropbox sehingga sangat memudahkan editor video. Hal yang paling penting, aplikasi ini memiliki sample rate mencapai 44 kHz membuat Hi-Q MP3 Voice Recorder jauh melampaui aplikasi perekam standar.

7. Parrot Voice Recorder, aplikasi perekam suara panggilan telepon yang punya fitur perekaman terjadwal

aplikasi perekam suara panggilan telepon

Parrot Voice Recorder | Credit by Hipwee via Google Play

Aplikasi perekam suara ini merupakan aplikasi perekam suara di android terbaik dengan fitur perekaman telepon. Di sini, kamu bisa merekam suara, memutar dan membagikannya dengan cara yang sangat sederhana. Material desainnya memang dibuat dengan simpel sehingga lebih nyaman digunakan. Selain itu, Parrot Voice Recorder dilengkapi fitur perekaman terjadwal, layanan upload cloud. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, tentunya dengan fitur yang lebih lengkap.

Nah, itulah 7 rekomendasi aplikasi perekam suara dan musik yang bagus yang bisa kamu gunakan secara gratis di android. Meski gratis dan punya ukuran yang relatif kecil, aplikasi di atas punya hasil yang jernih, sehingga cocok buat kamu yang sedang berkarya dengan vlogging dan podcast. Kamu bisa pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat berkarya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE