7 Pilihan Aplikasi Podcast yang Bisa Diakses Lewat PC Maupun Smartphone

Cari aplikasi untuk bikin Podcast bareng teman dari jarak jauh? Ada!

Podcast adalah media berbasis audio yang nggak bisa dimungkiri semakin populer beberapa tahun belakangan. Melalui podcast ini kita bisa beraktivitas sembari mendengarkan pembicaraan dengan berbagai topik, ada yang berisi obrolan ringan seputar kehidupan sehari-hari, finansial, edukasi, percintaan, hingga olahraga.

Advertisement

Podcast bisa diakses melalui gawai masing-masing, baik dari aplikasi di HP dan juga PC. Melalui aplikasi-aplikasi Podcast tersebut, kamu nggak hanya bisa mendengar, namun turut membuat konten podcast-mu sendiri. Nggak sedikit aplikasi yang menyediakan fasilitas tersebut secara gratis.

Nah, daripada sibuk bertanya-tanya mau mendengar dan membuat podcast di mana, Berikut ini ada beberapa aplikasi rekomendasi yang bisa banget kamu coba. Pastinya gratis dan mudah untuk diakses!

1. Google Podcasts, bisa merekomendasikan podcast berkualitas sesuai dengan minatmu

Aplikasi Podcast

Google Podcast / Credit: Podcast.google.com

Melalui aplikasi Google Podcasts, kamu bisa menemukan dan mendengar siaran podcast dari seluruh dunia dengan topik yang sangat beragam secara gratis. Karena ini merupakan aplikasi dari Google, pastinya aplikasi ini bersinergi dengan Google Assistant sehingga kamu bisa mendengarkan podcast melalui berbagai macam device. Selain itu, produk Google yang satu ini bisa menampilkan rekomendasi podcast yang sesuai dengan minatmu atau yang sering kamu dengarkan sebelumnya.

Advertisement

Kamu bisa mengunduh Google Podcasts di Google Play Store dan App Store. Untuk pengguna Iphone, kamu nggak perlu khawatir karena bisa mendapatkan aplikasi ini melalui app store khusus untuk iPhone. Satu lagi, aplikasi ini menyediakan fitur unduh, maka kamu bisa dengarkan podcast bahkan saat sedang offline. 

2. Noice, dimana kamu bisa menemukan podcast lokal yang berkualitas

Aplikasi podcast

Noice / Credit: noice.id

Aplikasi Noice memiliki tagline “Rumah Konten Audio Indonesia” yang pastinya banyak berisi podcast lokal yang berkualitas. Aplikasi podcast baik untuk Android maupun iOS ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya kamu bisa dengarkan radio, musik, audiobook dan podcasts hanya dalam satu platform.

Dikutip dari Tempo, Noice banyak melakukan kerja sama dengan berbagai kreator lokal yang terkenal. Beberapa diantaranya yakni Mistery Nessie oleh Nessie Judge, Celoteh Soleh oleh Soleh Solihun, Obrolan Lelaki oleh Ronal dan Bayu Oktara, dan lainnya. Di Noice, kamu juga bisa unggah podcast kamu sendiri, lo.

Advertisement

3. Bagi pengguna gadget brand Apple, kamu bisa download Apple Podcast melalui perangkat iOS

Aplikasi Podcast

Logo Aplikasi Apple Podcast / Credit: apple.com

Sesuai namanya, aplikasi yang satu ini dirilis oleh perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs, yakni Apple. Dilansir dari Business Insider, ada lebih dari 700.000 podcast dari seluruh dunia yang bisa kamu nikmati secara bebas di Apple Podcast. Pilihan tema podcast yang ditawarkan tentu beragam, mulai dari bahasan yang ringan hingga serius.

Sama seperti Google Podcasts, salah satu yang terbaik dari aplikasi podcast ini yakni fitur download. Pastinya, kamu jadi bisa mendengarkan podcast dimana saja dan kapan saja walau tidak ada internet.  Berasal dari perusaan Apple, Apple Podcast hanya dapat kamu gunakan di berbagai perangkat iOS, seperti iPhone, iPad, iPod touch, dan Mac.

4. Kalau kamu yang ingin nggak sekedar mendengar namun juga membuat podcast, kamu bisa download Anchor

Aplikasi Podcast

Anchor / Credit: id.blog.anchor.fm

Salah satu aplikasi podcast yang sudah cukup terkenal yakni Anchor yang memiliki banyak fitur untuk membantu kamu membuat siaran podcast dengan cara yang mudah. Kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa rekam dan edit secara langsung. Setelahnya, kamu bisa share langsung pada aplikasi lain seperti Spotify, Google Podcasts, hingga Apple Podcast.

Cara membuat podcast di Anchor pun sangat mudah, bila kamu sudah memiliki rekaman podcast, maka pilih opsi ‘I have podcast I want to import’ pada aplikasi. Sedangkan kalau ingin membuat siaran baru tinggal pilih ‘I want to make new podcast’ lalu mulai rekaman dengan memilih Record.

Tak hanya membuat, kamu bisa juga mendengarkan podcast dengan memilih kategori yang telah disiapkan, seperti kesehatan mental hingga black voice. Tak ketinggalan, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Record with Friends, sehingga cocok banget buat kamu yang cari aplikasi podcast jarak jauh bersama teman.

5. Sekalian belajar bahasa Inggris, kamu bisa dengar podcast dan audio book melalui Podcast Addict

Aplikasi podcast

Podcast Addict / Credit: addictpodcast.com

Selanjutnya, Podcast Addict cocok buat kamu yang sedang mencari aplikasi podcast bahasa Inggris. Nggak hanya siaran podcast yang mencapai 750 ribu, di aplikasi ini, kamu bisa turut mendengarkan 120 ribu stasiun radio dan 20 ribu audiobook yang bisa dinikmati secara gratis.

Aplikasi ini layak banget buat kamu unduh, karena bisa sekalian melatih kemampuan berbahasa Inggris, dan tak menutup kemungkinan bahasa yang lain pula. Selain itu, aplikasi Podcast Addict juga mendukung sambungan dengan kanal YouTube dan Twich, kamu juga bisa dengarkan siaran secara langsung atau live streaming.

6. Walaupun terkenal dengan cover lagu, nyatanya kamu bisa lo unggah dan dengar podcast di SoundCould

Aplikasi podcast

SoundCould/ Credit: play.google.com

Dulunya aplikasi ini, lebih populer dikenal untuk berbagi cover lagu. Namun kini aplikasi Soundcloud juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik dan audio. Pada aplikasi ini pun terdapat pula siaran podcast dengan berbagai tema yang beragam. Kamu bahkan bisa membuat podcast sendiri dan bisa  langsung di-share.

Walaupun dulunya dikenal sebagai aplikasi untuk berbagi cover lagu, kini kamu bisa dengar podcast di mana saja dan kapan saja melalui SoundCould. Aplikasi berbagi audio yang sudah cukup lama dan masih populer hingga sekarang.

7. Terakhir, ada aplikasi Spotify yang sudah nggak diragukan lagi popularitasnya. Kamu bisa mengakses podcast dan lagu secara gratis

Aplikasi podcast

Spotify / Credit: Spotify.com

Spotify bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi podcast paling populer di indonesia. Dilansir dari Statista, terdapat sekitar 130 juta pelanggan premium Spotify pada bulan Maret 2020 dan pastinya terus berjalan seiring berjalannya waktu.

Melalui Spotify, kamu bisa mendengarkan lagu dan podcast lokal serta internasional. Topiknya tentu beragam, mulai dari storytellers, olahraga, hingga komedi. Lewat aplikasi podcast ini, kamu bisa menghasilkan menghasilkan uang, lo. Kamu bisa mengomersilkan karyamu yang nantinya akan masuk dalam Spotify Premium.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE