5 Aplikasi Screenshot PC: Tak Hanya Hasilkan Tangkapan Layar, Juga Bisa Bikin Video Tutorial

Aplikasi screenshot PC

Aplikasi screenshot PC semakin banyak dicari orang. Aplikasi ini memang memudahkan kita meng-capture informasi tanpa harus mengunduh file atau gambar terlebih dahulu. Fitur menangkap layar ini cukup populer di kalangan pengguna ponsel pintar. Tapi semakin meningkatnya kebutuhan, banyak orang yang membutuhkan aplikasi screenshot untuk PC. Nggak sekadar hasilkan tangkapan layar, tapi juga berikan fitur lain. Misalnya bisa unggah ke media sosial atau bikin video tutorial.

Advertisement

Ketika membahas aplikasi screenshot PC, Snipping Tools pasti terlintas pertama di pikiran kita. Aplikasi screenshot bawaan Windows ini memang jadi andalan. Fitur-fitur yang dimilikinya nggak cukup menjawab kebutuhan kita saat meng-capture layar. Selain aplikasi Snipping Tools, Jing adalah aplikasi yang kerap digunakan. Sama seperti seperti Snipping Tools, aplikasi ini juga nggak punya banyak fitur.

Nah, kali ini Hipwee Tips punya 5 aplikasi screenshot PC yang nggak biasa. Selain  praktis, aplikasi-aplikasi ini juga menawarkan banyak fitur canggih. Kira-kira apa saja aplikasinya?

1. Snagit, hasil tangkapan layarnya bisa dibuat video tutorial. Kita cuma perlu satu aplikasi ini untuk  hasilkan video, materi pelatihan, atau GIF

Snagit | via www.techsmith.com

Snagit dinobatkan sebagai aplikasi screenshot PC terbaik. Fitur-fiturnya sangat menunjang kegiatan profesional seperti membuat materi pelatihan. Dilengkapi fitur unggulan, aplikasi screenshot PC ini hasilkan tangkapan layar yang mengagumkan. Dengan aplikasi ini, kita bisa bikin video tutorial dari hasil tangkapan layar.

Advertisement

Sayangnya, Sangit bukan aplikasi screenshot PC gratis. Kita akan dikenakan biaya bila mengakses. Tapi tenang, ada masa free trial selama 15 hari.

2. PicPick, manjakan penggunanya dengan beragam fitur: bisa tambahkan efek, sisipkan teks, berikan tanda (simbol). Aplikasi ini cocok untuk para blogger lo!

PicPick via picpick.app

Kabar gembira untuk para blogger, terutama yang sering membagikan konten tutorial bergambar ke pembaca. Aplikasi PicPick punya banyak fitur. PicPick bukanlah aplikasi screenshot PC biasa. Ada beragam kemudahan mulai dari menambahkan efek, memberikan tanda tertentu, atau menyisipkan teks. 

PicPick tergolong aplikasi screenshot PC Windows 10, 8, dan 7. Jadi pengguna Windows patut berbahagia. Pasalnya bisa mengunduh aplikasi mutkahir ini.

3. Lightshot, tanpa simpan di komputer terlebih dahulu, kita bisa langsung edit hasil tangkapan layar. Mau diunggah langsung ke media sosial? Bisa juga kok

Lighsthot via app.prntscr.com

Aplikasi Lightshot menjadi favorit para pengguna laptop yang nggak mau ribet. Sebagai pengguna, kita nggak perlu menyimpan hasil tangkapan untuk mengeditnya. Setelah memlih bagian yang ingin di-capture, kita sudah bisa utak-atik hasilnya. Bahkan bila kita ingin unggah ke media sosial segera, aplikasi sediakan fiturnya.

Aplikasi ini sangat mudah dan ringan. Ia nggak memakan banyak ruang di memori PC. O iya. bagi pengguna Windows, Lightshot adalah aplikasi screenshot PC Windows 7, 8, 10. Selain Windows, aplikasi ini juga bisa diakses melalui Mac.

4. Greenshot, fasilitasi pengguna yang ingin full capture tanpa terpotong. Hasilnya pun bisa dibagikan langsung via e-mail. Keren!

Greenshot via getgreenshot.org

Tampilannya ringan dan sederhana seeprti Snipping Tools. Tapi aplikasi ini punya fitur yang lebih bagus. Kita bisa meng-capture secara menyeluruh tanpa terpotong. Hasil tangkapan layar pun bisa langsung dibagikan ke e-mail. Untuk sebuah aplikasi gratis, fitur Greenshot cukup lengkap.

Sekilas aplikasi ini tampak kuno. Tapi jangan sekali-kali meremehkan kemampuannya dalam menghasilkan tangkapan layar. Namun nggak bisa dimungkiri juga, Greenshot punya kelemahan. Nggak seperti Lightshot, aplikasi ini hanya bisa diedit secara langsung. Jadi tangkapan layarnya harus dibuka di halaman editor dulu.

5. Share X, wujudkan keinginan pengguna: berikan watermark pada hasil tangkapan layar

Share X via getsharex.com

Rekomendasi yang terakhir adalah Share X. Aplikasi satu ini memungkinkan pengguna untuk memberikan watermark pada hasil tangkapan layar. Nggak hanya itu, Share X punya fitur Scrolling Capture. Aplikasi screenshot PC yang bisa di-scroll. Kita bisa capture halaman panjang. Walaupun gratis dan termasuk aplikasi open source, nyatanya Share X mampu memuaskan penggunanya. Tampilan modern dan fitur canggih menjadi alasan aplikasi ini disukai.

Serupa dengan Snagit, aplikasi Share X bisa digunakan untuk merekam layar tangkapan menjadi video atau GIF. Selain Snagit, aplikasi ini nggak jarang direkomendasikan untuk para content creator. Share X merupakan aplikasi screenshot PC Windows 8.1. Selain itu, ia dapat diakses melali Windows 7 dan Windows 10. Bagi pengguna Windows, tunggu apa lagi nih? Segera unduh aplikasi-aplikasi ini, yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE