6 Cara Screenshot di Laptop Semua Merek & Windows

Iya, tak cuma handphone, laptop yang biasa kamu gunakan untuk bekerja ternyata memiliki fitur tangkap layar atau screenshot lo! Bahkan sebenarnya, fitur ini merupakan salah satu bawaan dari sistem operasi laptop itu sendiri.

Advertisement

Berkat kehadiran fitur screenshoot ini, kamu bisa lebih mudah menangkap file dalam bentuk apa pun untuk diarsipkan menjadi format foto. Jadi, bisa lebih mudah untuk digunakan kembali.

Sebenarnya gampang, tapi belum banyak yang tahu bagaimana cara screenshot di laptop. Apalagi, kadang tiap merek maupun sistem operasi punya cara yang berbeda-beda.

Tak perlu khawatir, jika kamu masih bingung atau bahkan belum tahu sama sekali caranya, bisa simak ulasan Hipwee Tips berikut. Di bawah ini ada 6 cara yang bisa dicoba, mulai dari cara screenshot laptop hingga tangkap layar untuk merek laptop tertentu.

Advertisement

1. Cara screenshot di laptop dengan menggunakan tombol ‘PrintScreen’

cara screenshot di laptop

tinggal klik PrtSc | Credit by www.drivereasy.com

Umumnya, metode ini bisa dipakai sebagai cara screenshot di laptop Axio maupun yang lainnya. Langkah-langkahnya pun mudah kok.

  • Pertama, buka halaman yang ingin kamu tangkap gambarnya. Kemudian tekan tombol ‘PrintScreen’ atau ‘PrtScr’ yang ada di kanan atas keyboard.
  • Secara otomatis, gambar akan tersimpan di clipboard. Setelah itu tinggal kamu paste saja, atau kalau mau disunting bisa buka aplikasi Paint lalu tekan Ctrl+V untuk menempel hasil tangkap layarnya.
  • Kalau sudah disunting, tinggal simpan dengan masuk ke menu ‘File’ lalu klik ‘Save As’.

2. Cara screenshot pakai kombinasi tombol keyboard

cara ss di laptop

kombinasi tombol keyboard | Credit by thewindowscentral.com

Advertisement

Kalau nggak berhasil dengan ‘PrintScreen’, kamu bisa coba cara screenshot sesuai merek laptop. Tak usah bingung, ada beberapa yang sama kok metodenya.

Cara screenshot di laptop merek HP

  • Buka laman yang ingin ditangkap layarnya, kemudian tekan tombol Alt+PrtSc.
  • Hasil foto yang tersimpan di clipboard bisa langsung kamu paste atau sunting dulu menggunakan aplikasi Paint. Jangan lupa disimpan setelahnya!

Cara screenshot di laptop Asus

Ada dua kombinasi keyboard yang bisa dipakai, yakni Fn+PrtSc atau Alt+PrtSc. Keduanya sama-sama bisa menangkap layar dan mengarsipkannya ke dalam format foto jpg.

Cara screenshot di laptop Toshiba

Tekan Fn dan PrtSc secara bersamaan untuk menangkap layar dari laman yang kamu inginkan. Jika sudah, paste ke aplikasi Paint dan sunting sesuai kebutuhan. Kamu bisa menyimpan gambar dalam berbagai format foto, seperti jpg atau png. FYI, metode ternyata juga bisa digunakan sebagai cara screenshot di laptop Lenovo lo!

Cara screenshot di laptop Compaq

Gunakan kombinasi keyboard PrtSc+SysRq+Fn untuk menangkap layar di laptop merek Compaq. Sama seperti lainnya, hasil screenshot akan tersimpan di clipboard dan bisa langsung ditempel ke WhatsApp atau sunting dengan Paint.

 3. Cara screenshot di laptop Windows 

cara ss di laptop

tekan keyboard logo Windows | Credit by www.techjunkie.com

Pada dasarnya, cara screenshot di Windows 7 maupun lainnya bisa pakai PrintScreen. Tapi kadang cara tersebut tak berhasil. Nah, jika gagal, kamu bisa menggunakan alternatif cara seperti di bawah ini:

Gunakan kombinasi keyboard Windows+PrtScn 

Jika berhasil, biasanya layar laptop akan berubah jadi gelap selama sekejap. Kalau pakai fitur ini, kamu bisa mengambil gambar laptop beruntun tanpa harus menyimpannya secara manual.

Bisa juga dengang menekan Windows+H

Cara ini bisa digunakan jika kamu ingin menangkap layar sekaligus membagikannya ke orang lain. Sebab, setelah menekan tombol tersebut, kamu akan secara otomatis membuka Windows Share Toolbar yang bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan file sekalian.

Cara screenshot di laptop Windows, bisa juga dengan menekan Windows+Volume down

Umumnya, cara ini biasa digunakan oleh mereka pengguna Microsoft Surface. Meski begitu, kamu juga tetap bisa mencoba, barangkali berhasil di laptopmu. Tapi pastikan kamu sudah menggunakan sistem operasi Windows terbaru, ya!

Mengaktifkan aplikasi bawaan Windows untuk screenshot di laptopmu

Kombinasi keyboard tersebut akan secara otomatis membuka aplikasi bawaan Windows, yakni Snip & Sketch. Setelah ditekan, layar akan berubah menjadi keabuan dan kursor juga ganti menjadi ikon ‘+’.

Nah, kalau sudah begini, tinggal pilih area mana yang mau di-screenshot. Setelah berhasil, di bagian bawah laptop akan muncul hasil screenshot-nya. Jika diklik, kamu akan dibawa ke jendela Snip & Sketch dimana bisa melakukan penyuntingan. Kalau sudah oke, tinggal klik ikon ‘Save’ yang ada di kanan atas layar laptop.

4. Menggunakan aplikasi bernama Snipping Tools

cara screenshot di laptop

pakai snipping tools | Credit by hr.puntomarinero.com

Keunggulan aplikasi Snipping Tools ini ialah kamu bisa mengatur lebar layar yang ingin di-screenshot nanti. Jadi, hasilnya nggak perlu kamu potong lagi karena bisa nggak  full layarnya. Cara pakai aplikasi ini juga gampang kok, asal kamu sudah mengunduhnya terlebih dulu.

  • Setelah terunduh, buka laman yang ingin kamu screenshot kemudian tekan tombol Windows lalu cari Snipping Tool.
  • Setelah jendela Snipping Tool ditampilkan, pilih ‘New’ untuk menangkap layarnya.
  • Pilih area yang mau diambil. Biasanya, ditandai dengan border tipis berwarna merah.
  • Nggak lama, kamu bisa melihat preview hasil screenshot. Untuk menyimpan, kamu tinggal pilih ‘File’ lalu klik ‘Save As’.

5. Menggunakan aplikasi PhotoScape untuk screenshot layar di laptop

cara ss di laptop

pakai photoscape | Credit by www.photoscape.org

Selain digunakan untuk mengedit foto, PhotoScape juga bisa dimanfaatkan untuk screnshot layar di laptop dengan cara berikut:

  • Pilih halaman yang mau di-screenshot kemudian buka aplikasi PhotoScape lalu klik ikon ‘Screen Capture’.
  • PhotoScape akan memunculkan beberapa dialog, seperti Menangkap Utuh Satu Layar, Menangkap Jendela, Menangkap Area dan Mengulang Tangkapan Terakhir.
  • Tentukan pilihanmu lalu lihat hasil screenshot akan ditampilkan di aplikasi. Jika sudah tinggal sunting sesuka hati, lalu klik ‘Save’ untuk menyimpan.

6. Menggunakan add-on di Google Chrome

cara ss di laptop

pakai ekstensi chrome | Credit by chrome.google.com

Cara lain untuk screenshot di laptop adalah menggunakan add-on di Google Chrome. Buka Google Chrome lalu pasang Awesome Screenshot dan klik ‘Tambahkan ke Chrome’. Lakukan langkah pemasangan add-on seperti biasa. Jika sudah berhasil add-on akan muncul di pojok kiri atas laman Google Chrome.

Untuk menangkap layar, kamu bisa klik ikon Awesome Screenshot kemudian pilih ‘Capture Entire Page’ tunggu beberapa saat lalu klik ‘Done’ jika sudah selesai. Biasanya, kamu akan diberikan pilihan untuk mau menyimpan gambar ke PC, dicetak, atau salin ke clipboard.

Itu dia 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di laptop. Gimana, gampang bukan caranya? Tenang, kamu yang gaptek pun nggak bakalan bingung lagi, karena ada banyak caranya. Bisa pakai kombinasi tombol keyboard atau aplikasi. Tinggal pilih deh mana yang paling kamu paham dan mengerti. Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE