Jangan Lakukan 7 Hal ini Saat Makan di Restoran Fancy. Meski Awam, Mestinya Bisa Bawa Diri

Aturan makan di restoran

Sudah pernah makan di restoran fancy?

Advertisement

Makan di restoran fancy alias mewah terdengar menyenangkan, namun kadang hal ini justru menjadi momok bagi beberapa orang. Pasalnya, kita harus menaati peraturan nggak tertulis yang terkadang membuat kita sering bingung. Mau nggak diikuti tapi takut dibilang bikin malu.

Nah, supaya nggak dicap malu-maluin, baiknya hindari melakukan beberapa hal berikut ketika sedang makan di restoran fancy. Meski kita awam, ada baiknya tetap bisa bawa diri.

1. Meski menu makanan sudah tersusun rapi di meja, jangan dulu buru-buru kamu santap

jangan langsung makan via www.chronogram.com

Tunggulah hingga orang yang mengajakmu makan mempersilakanmu terlebih dulu. Ini dilakukan untuk menunjukkan kesopananmu terhadap orang yang mengajakmu makan.

Advertisement

2. Serbet yang ada di atas meja baiknya diletakkan di atas paha, bukan di leher, ya!

serbet di atas paha via www.dempseyuniform.com

Serbet ini difungsikan untuk mencegah pakaian kotor karena makanan yang disantap. Nggak perlu bingung kalau mau ke kamar mandi, serbet bisa kok kamu letakkan di atas bangku. Jika sudah selesai makan, letakkan serbet dengan rapi di sebelah kiri piring.

3. Agar terlihat lebih anggun saat makan, hindari siku berada di atas meja

jangan letakkan siku di atas meja via www.telegraph.co.uk

Meletakkan siku di atas meja menandakan bahwa kamu kurang sopan. Sebab, ini bisa membuat posisi dudukmu jadi terlihat lebih santai dan seenaknya. Duduknya dengan tegak namun jangan menyandar ke kursi, dan tempatkan siku di bawah meja.

4. Hindari juga untuk meniup makanan yang masih panas

jangan ditiup via paragram.id

Jika makanannya panas, jangan ditiup. Baiknya kamu tunggu sebentar hingga makanannya agak dingin. Setelah itu barulah kamu diperbolehkan untuk menyendoknya.

5. Jangan lupa untuk menempatkan sendok, garpu, dan pisau di atas piring setelah selesai makan

letakkan berbentuk V via www.freepik.com

Baiknya letakkan sendok dan garpu membentuk huruf V. Nah, dengan begini pelayan akan tahu bahwa kamu sudah selesai makan.

6. Jangan sekali-kali bermain ponsel saat sedang makan di restoran fancy

jangan main handphone via www.androidlane.com

Memfoto makanan yang cantik memang sudah jadi kebiasaan milenial zaman sekarang, tapi jangan lakukan ketika berada di restoran fancy, ya! Baiknya fokus kepada makananmu agar koki merasa lebih dihargai. Letakkan ponsel di saku dan atur dalam mode diam agar nggak mengganggu yang lainnya.

7. Di restoran fancy, kamu juga nggak boleh berisik ketika sedang makan

jangan berisik via www.shutterstock.com

Selain untuk menghormati tamu lain, ini akan menunjukkan bahwa kamu ialah seorang yang elegan. Saat sedang berbincang, baiknya utarakan kalimatmu dengan tenang dan volume suara yang cukup terdengar.

Setiap orang pasti nggak mau dibilang norak atau bikin malu. Karenanya, lebih baik jika peraturan tak tertulis ini kamu patuhi. Bukan untuk apa-apa, ini demi kebaikanmu juga kok.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE