6 Aturan Pakai Exfoliating Toner Buatmu yang Baru Pertama Kali Coba. Biar Nggak Beruntusan!

Aturan pakai exfoliating toner

Belakangan ini, popularitas exfoliating toner mulai meningkat di kalangan pada skincare junkie. Jenis skincare yang satu ini mengandung acid (AHA, BHA, atau PHA) yang bisa bikin tampilan wajah jadi lebih halus dan cerah. Tapi karena kandungan acid-nya ini, akan timbul beberapa reaksi di kulit wajah kalau pemakaiannya nggak sesuai.

Advertisement

Agar wajah terhindar dari breakout dan reaksi alergi akibat kandungan acid dari exfoliating toner ini, pahami beberapa aturan pemakainnya berikut.

1. Pilih kandungan exfoliating toner yang sesuai dengan jenis kulitmu

pilih yang sesuai jenis kulit via greenstoryblog.com

Acid yang digunakan dalam exfoliating toner biasanya ialah AHA, BHA, dan PHA. Kalau kulitmu cenderung kering, AHA lebih direkomendasikan. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, kamu bisa menggunakan exfoliating toner dengan kandungan BHA. Nah, kalau kulitmu normal cenderung kombinasi, PHA akan lebih cocok untukmu.

2. Gunakan exfoliating toner dengan kandungan acid yang rendah lebih dulu

kandungan acid rendah via www.idntimes.com

Kandungan acid yang terlalu tinggi bisa bikin kulitmu kaget dan jadi lebih sensitif, ujung-ujungnya breakout alias beruntusan. Sekadar saran, kamu bisa coba exfoliating toner dengan merek Korea yang biasanya punya kandungan acid rendah.

Advertisement

3. Kalau baru pertama kali pakai, lakukan dulu uji coba untuk melihat reaksi

pakai di rahang via cewekbanget.grid.id

Pakaikan sedikit produk di area rahang atau belakang telinga. kalau kamu nggak merasakan tanda-tanda seperti gatal, panas, dan kulit tertarik, lanjutkan pemakaian di area wajah.

4. Jangan langsung pakai exfoliating toner setiap hari, ya!

jangan pakai tiap hari via parenting.orami.co.id

Di tahap perkenalan, kamu dianjurkan pakai exfoliating toner seminggu sekali. Kalau kulit mulai terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitas pemakaiannya. Hal ini dilakukan untuk menekan reaksi acid yang terlalu keras pada kulit.

5. Setelah pakai exfoliating toner, kamu wajib menggunakan hydrating toner dan pelembap

pakai hydrating toner via fortune.com

Biasanya, setelah pakai skincare dengan kandungan acid, kulit akan terasa lebih kering. Makanya, lanjutkan dengan mengaplikasikan hydrating toner dan pelembap agar kulit lebih tenang dan kenyal. Kalau dirasa masih terlalu kering, kamu bisa memakai essence yang memiliki kandungan air.

Advertisement

6. Hindari pemakaian exfoliating toner bersamaan dengan skincare dengan kandungan acid lainnya

jangan dipakai barengan via www.skincare.com

Jika dipakai bersamaan dengan skincare yang mengandung retinol dan vitamin C, wajah akan mengalami over exfoliating. Akibatnya, kulit jadi lebih sensitif dan tipis. Hentikan dulu memakai clay mask dan face scrub supaya nggak terjadi iritasi.

Kalau mau langsung beraktivitas di luar ruangan setelah pakai exfoliating toner, ada baiknya jika kamu mengaplikasikan sunscreen dulu. Nah, jika mulai timbul peradangan dan kulit malah mengelupas, lebih baik hentikan penggunaan exfoliating toner-mu. Semoga percobaan pertamamu pakai exfoliating toner berhasil, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE