Pantesan Ayam Goreng Tepung Buatanmu Gagal Krispi, Masih Pakai 6 Cara Masak yang Keliru ini?

Ayam goreng tepung

Siapa sih yang nggak suka ayam goreng tepung? Panganan ini sering jadi favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah. Sayangnya, nggak semua orang bisa mengolah ayam goreng tepung renyah dengan benar. Beberapa orang justru gagal dengan menghasilkan ayam yang berair dan tepungnya yang lembek. Memang, diperlukan resep ayam goreng tepung empuk dan renyah khusus agar bisa jadi garing dan matang sempurna.

Advertisement

Kegagalan mengolah ayam goreng tepung terigu ini biasanya berasal dari beberapa kesalahan berikut. Nah, coba cek apakah kamu juga melakukannya?

1. Menggunakan ayam yang masih dingin bisa membuatnya jadi gagal renyah

ayam masih beku | credit: byref via pixabay.com

Salah satu resep ayam goreng tepung praktis ini adalah mengeluarkan ayam dari kulkas dan diamkan sampai nggak beku lagi. Ayam yang masih membeku bisa bikin proses perendaman bumbu jadi nggak bekerja maksimal. Tepung pun juga nggak bisa terlapisi dengan baik. Nggak cuma gitu, ayam yang digoreng dalam keadaan masih dingin dan membeku pun akan membuat suhu minyak turun drastis sehingga ayam nggak garing sempurna.

2. Banyak orang yang sering lupa untuk merendam ayam dengan bumbu, padahal hal ini merupakan salah satu langkah penting lo!

nggak dimarinasi | credit: ivabalk via pixabay.com

Bumbu  bisa membuat daging ayam jadi lebih empuk. Sebelum dilumuri dengan tepung, baiknya rendam dulu ayam dengan bumbu selama 30 hingga 60 menit. Jika dilakukan dengan benar, cara ini akan menghasilkan tekstur daging yang empuk dan lembut meski bakal diolah lagi menjadi ayam goreng tepung asam manis.

Advertisement

3. Proses pelapisan juga perlu diperhatikan agar tepung jadi renyah sempurna

proses pelapisan tepung | credit: bru-nO via pixabay.com

Setelah direndam bumbu, potongan ayam perlu dicelup dalam air es terlebih dulu, atau campurkan air es pada adonan tepung basahnya. Nah, setelah itu barulah lapisi ayam dengan adonan tepung berbumbu. Untuk ayam goreng tepung maizena, gunakan perbandingan terigu dan maizena 80:20. Sedangkan untuk ayam goreng tepung beras, baiknya tetap campurkan pada adonan terigu dan maizena agar nggak melempem saat ayam gorengnya dingin. Pastikan tepung sudah dibumbui dengan campuran rempah yang cukup agar rasanya enak. Kalau ingin ayam goreng tepung telur, maka kamu nggak perlu menggunakan adonan tepung basah. Langsung celup telur, lalu lanjut ke adonan tepung kering saja.

Selama proses pelapisan, kamu perlu memijat dan menekan-nekan tepung ke daging ayam sehingga menempel sempurna. Proses inilah yang membuat tepung membentuk adonan yang ‘keriting’ dan renyah pada daging ayam.

4. Wajan yang digunakan juga jadi faktor penting untuk membuat ayam makin garing

wajan cekung | credit: pucho via pixabay.com

Permukaan wajan yang datar bisa bikin beberapa bagian ayam nggak terendam sempurna oleh minyak. Untuk itu, baiknya gunakan wajan cekung yang dipenuhi dengan minyak supaya seluruh bagian ayam ikut tergoreng dalam minyak panas. Jangan masukkan banyak potongan ayam ke wajan supaya bisa matang dengan sempurna.

Advertisement

5. Suhu minyak yang nggak pas juga membuat ayam jadi gagal renyah dan garing

minyak panas | credit: huntlh via pixabay.com

Suhu minyak haruslah berkisar sekitar 150 hingga 160 derajat Celcius. Kondisi suhu ini bisa diatur dengan mengatur besar kecilnya api. Baiknya gunakan termometer agar suhu minyaknya lebih pas. Ayam goreng tepung sederhana pun bisa jadi renyah kalau aturan ini dipenuhi.

6. Meski terkesan sepele, teknik penirisannya juga perlu diperhatikan lo!

teknik penirisan | credit: photographybycarlossan via pixabay.com

Jangan hanya ditiriskan, baiknya keringkan juga dengan tisu dapur. Jika daging ayamnya tebal, kamu bisa menekan-nekan dagingnya hingga minyaknya keluar. Belum lagi untuk ayam goreng tepung panir atau ayam goreng tepung roti yang adonan tepungnya lebih banyak menyerap minyak.

Nah, kalau sudah tahu penyebab ayam goreng jadi gagal krispi di atas, baiknya jangan ulangi lagi kesalahan-kesalahan ini, ya. Semoga ayam goreng tepung rumahan buatanmu lebih renyah dan sesuai ekspektasi~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE