Selain Wajah, 7 Bagian Tubuh ini Juga Perlu Diolesi Sunscreen. Jaga-jaga Biar Nggak Gosong

bagian tubuh yang diolesi sunscreen

Meski kamu lagi nggak berencana untuk piknik ke pantai, sunscreen atau tabir surya tetap perlu kamu aplikasikan untuk melindung tubuhmu dari sinar matahari. Selain itu, pengaplikasian sunscreen juga dilakukan untuk mencegah timbulnya flek hitam, kulit gelap, kusam, atau bahkan kanker kulit. Beberapa dari kamu mungkin belum tahu kalau sunscreen nggak hanya dioleskan di wajah saja. Ada beberapa anggota tubuh lain yang seharusnya kamu oleskan sunscreen juga agar tetap terlindungi dari paparan sinar matahari.

Advertisement

Nah, buatmu yang selama ini masih mengoleskan sunscreen hanya di bagian wajah saja, Hipwee Tips sudah merangkum beberapa bagian tubuh yang perlu kamu oleskan sunscreen. Biar lebih jelas, yuk cek ulasannya!

1. Mudah keriput, area punggung tangan dan kaki juga perlu banget diolesi sunscreen 

Punggung tangan dan kaki via lifestyle.sindonews.com

Meski sering tertutup baju, bukan berarti kamu nggak perlu mengoleskan sunscreen ke area tangan dan kaki. Pastikan untuk rajin untuk mengolesi sunscreen, terlebih kamu yang sehari-harinya beraktivitas di luar ruangan. Belum lagi kalau kamu mengenakan baju lengan pendek dan flat shoes. 

2. Daripada nanggung, mending kamu oleskan sekalian sunscreen di bagian leher dan dadamu. Karena memang perlu juga sih~

Leher dan dada via www.alodokter.com

Dilansir dari laman Wolipop, Dr. Anjali menjelaskan bahwa leher dan dada pun bisa terbakar sinar matahari, apalagi jika kamu mengenanakan pakaian terbuka. Kalau dibiarkan bertahun-tahun, kulit pada area ini juga akan rusak dan mengalami kanker kulit. Ih, seram~

Advertisement
3. Sering terlewatkan, area kelopak mata ternyata juga perlu lo kamu olesikan sunscreen, biar nggak makin gelap warnanya

Kelopak mata via journal.sociolla.com

Lipatan pada area sekitar kelopak mata perlu dioleskan sunscreen juga. Karena area kelopak mata cenderung tipis, cukup oleskan sunscreen ke area kelopak mata tipis-tipis saja, ya!

4. Meski terkesan aneh, ternyata kamu juga perlu lo mengoleskan sunscreen pada kulit kepala

Kulit kepala via www.suara.com

Nggak semua bagian kepala tertutupi oleh rambut. Nah, di bagian inilah kamu perlu mengoleskan sunscreen agar kulit kepala di bagian belahan rambutmu nggak kepanasan dan merah-merah jadinya.

5. Selain kekurangan air, bibir yang pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh radiasi sinar matahari. Makanya kamu perlu mengoleskan sunscreen pada  area bibir juga

Pada bibir via wow.tribunnews.com

Jika kamu risih untuk mengoleskan sunscreen pada bibirmu karena teksturnya, kamu bisa memakai cara alternatif dengan memakai lip balm yang ber-SPF.  Setelah selesai makan atau minum, jangan lupa untuk memoleskan kembali lip balm agar bibirmu tetap terlindungi.

Advertisement

6. Biasakan untuk mengoleskan sunscreen di area telingamu agar  daun telinganya nggak kepanasan

Daun telinga via health.detik.com

Jarang mendapatkan perhatian, ternyata kita juga perlu lo mengoleskan sunscreen di daun telinga. Meski berhijab, kamu juga tetap di sarankan untuk mengaplikasikan sunscreen pada daun telinga karena kain jilbabmu dapat ditembus radiasi sinar matahari.

7. Kulit bawah lutut merupakan area sensitif jika terkena sinar matahari, makanya kamu juga perlu mengoleskan sunscreen di area ini juga

Meski terkesan nggak penting, area bawah lutut ternyata juga perlu diolesi sunscreen. Nggak mau kan, kulit lututmu jadi menghitam dan kering akibat terpapar sinar matahari?

Kalau sudah tahu info ini, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di area-area yang sudah disebutkan di atas ya! Supaya kulitmu tetap sehat dan terlindung dari radiasi sinar matahari. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE