Mumpung lagi musim panas, ngomongin soal perlindungan yang paling tepat untuk kulit kita udah pasti jadi hal yang penting. Cuaca yang panas dan kering, pasti akan memengaruhi kulitmu, disadari atau tidak. Melindungi kulitmu dari sinar dan sengatan matahari sudah pasti memiliki banyak cara, Sebut saja menggunakan produk tabir surya atau sunscreen, menghindari kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu yang lama, atau menggunakan pelindung seperti baju yang panjang atau penutup wajah (topi atau payung misalnya).

Nah berbicara tentang sunscreen, mungkin kita nggak begitu ngeh dengan jenis atau tekstur yang dihadirkan oleh produsen untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing kita. Kadang kita malas mengaplikasikan sunscreen hanya karena teksturnya yang nggak cocok. Padahal, masih ada pilihan lain yang bisa kita gunakan. Kira-kira apa aja sih tekstur sunscreen yang cocok dan jadi pilihan untuk kulitmu? Langsung cek aja yuk!

1. Buat kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, tekstur sunscreen dalam bentuk krim atau lotion bisa jadi pilihan

jenis krim atau lotion via www.pexels.com

Advertisement

Tekstur sunscreen dalam bentuk ini mungkin adalah yang paling sering kita temukan. Krim sunscreen ini memiliki kandungan yang berfungsi untuk menghidrasi alias melembapkan. Sehingga sangat cocok buat kamu yang memilki kulit cenderung kering dan atau sensitif. Teksturnya yang lebih kental, akan nyaman digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kering. Sunscreen dengan tekstur krim ini juga cenderung tahan lebih lama karena bisa menutup alias melindungi kulit dengan rata.

2. Kamu yang kulitnya cenderung berminyak atau berjerawat, sunscreen dengan tekstur gel bakal lebih cocok dan bikin nyaman

tekstur gel via makeupandbeautyblog.in

Terkadang, penggunaan sunscreen dengan tekstur krim emang sering bikin pemilik kulit yang cenderung berminyak merasa nggak nyaman. Wajar aja, karena kandungan kelembapan yang lebih tinggi membuat kulit semakin berminyak. Oleh karena itulah, sunscreen dengan tekstur gel lebih dipilih. Hal ini disebabkan oleh formulanya yang ringan, dengan salah satu bahan dasarnya air. Sehingga ketika digunakan nggak bakal terasa lengket ataupun membuat kulitmu semakin berminyak.

3. Dan untuk yang pengen praktis, tekstur cair yang biasanya digunakan dengan cara disemprot alias spray adalah jawabannya

tekstur cair dengan cara disemprotkan via www.choice.com.au

Tekstur krim ataupun gel mungkin bagi sebagian orang cukup merepotkan. Karena harus mengoleskannya secara merata di bagian kulit yang ingin kita lindungi dari sengatan matahari. Namun kini, seiring berkembangnya teknologi dan penemuan di bidang kesehatan kulit, maka tekstur sunscreen pun juga semakin bertambah. Sunscreen dalam bentuk spray mungkin kini jadi salah satu favorit sebagian orang dikarenakan kepraktisan yang ditawarkan. Tekstur yang sebenarnya cair ini bisa dengan mudah kamu gunakan karena tinggal semprot aja. Penggunaan sunscreen dalam bentuk spray ini juga bias mengurangi risiko iritasi pada kulit, lho. Karena kamu nggak harus mengaplikasikannya menggunakan jari. Tapi kamu juga harus lebih hati-hati dalam penggunaannya. Jangan sampai kamu menyemprotkan sunscreen di area sensitive seperti hidung dan mata.

Advertisement

Meski memiliki tekstur yang berbeda, tapi sunscreen ini memiliki fungsi yang sama, yaitu melindungi kulitmu dari masalah kulit seperti kerutan hingga kanker yang diakibatkan oleh efek sinar UV. Penggunaan sunscreen tetap perlu, terutama bagi kamu yang suka beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Hanya saja, tekstur dari sunscreen ini bakal memudahkanmu dan membuatmu nyaman saat penggunaannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya