Kelebihan Vitamin C Bisa Timbulkan 5 Masalah ini. Kamu yang Rutin Minum, Secukupnya Saja, ya!

Bahaya kelebihan vitamin C

Vitamin C identik dengan kesegaran buah jeruk yang cocok dinikmati ketika cuaca panas. Nggak sekadar penawar gerah, vitamin C merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Hal ini karena tubuh nggak memproduksi vitamin yang larut dalam air ini, yang berfungsi mendukung perkembangan dan membantu tubuh menyerap zat besi.

Advertisement

Meski penting, kelebihan konsumsi vitamin C bisa sebabkan berbagai masalah kesehatan serius loh. Menurut ahli gizi, orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi 65-90 miligram vitamin C per hari. Kalau lebih dari itu, bukan manfaat yang kamu dapat melainkan berbagai efek samping dan masalah.

1. Sering nggak disadari, masalah pencernaan bisa muncul akibat kelebihan vitamin C

Bisa picu masalah pencernaan via www.womanblitz.com

Masalah umum ketika kelebihan konsumsi vitamin C adalah masalah pencernaan. Melansir dari Healthline, hal ini umumnya terjadi akibat asupan vitamin C dari suplemen makanan. Kamu bisa saja mengalami diare dan mual ketika masalah pencernaan muncul. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu penyakit asam lambung.

2. Meningkatkan masukan zat besi hingga bisa akibatkan kerusakan organ

meningkatkan zat besi via www.alodokter.com

Tugas vitamin C adalah menyerap zat besi. Tapi kalau konsumsinya berlebihan maka akan meningkatkan masukan zat besi ke tubuh. Akibatnya, akan terjadi penumpukan zat besi yang bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti hati, jantung, pankreas, kelenjar tiroid, dan sistem saraf pusat. Ngeri!

Advertisement

3. Bisa membentuk batu ginjal

batu ginjal via tirto.id

Sederhananya, tubuh akan bereaksi jika mendapat asupan vitamin C berlebih, dengan cara mengeluarkannya dalam bentuk oksalat yang umum keluar bersama urine. Namun dalam beberapa kondisi, oksalat yang harusnya keluar bersama urine malah saling terikat dengan mineral sehingga membentuk kristal dan menjadi batu ginjal.

4. Nutrisi dalam tubuh bisa menjadi nggak seimbang

Nutrisi jadi nggak seimbang via www.vix.com

Kemampuan tubuhmu mengolah nutrisi akan terganggu ketika kelebihan asupan vitamin C, sehingga bisa mengurangi kadar vitamin B12 dan tembaga dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, merusak sistem saraf hingga picu depresi lo.

5. Bisa tingkatkan risiko permasalahan radang sendi

tingkatkan resiko radang sendi via www.alodokter.com

Jika permasalahan radang sendi sering terjadi dan dapat memburuk seiring bertambahnya usia, maka kelebihan vitamin C adalah salah satu faktor pemicu risikonya. Melansir dari Medical News Today, hasil studi yang dilakukan oleh Arthritis Foundation menyebutkan kelebihan vitamin C dapat meningkatkan risiko radang sendi.

Nah, seperti wejangan yang sering kamu dengar, segala sesuatu yang berlebihan itu memang nggak baik. Penuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C sesuai dengan takaran yang direkomendasikan ahli, agar nggak jadi masalah kesehatan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

lebih menyukai titik. ketimbang koma,

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE