6 Tips Nggak Telat Bangun Sahur di Bulan Puasa, Teruntuk Kamu yang Tinggal Sendirian

Bangun sahur tepat waktu

Bagi sebagian orang, bangun sahur nggak semudah yang dibayangkan. Apalagi kalau tinggal sendirian dan paling nggak peka sama bunyi alarm. Jika tahun-tahun sebelumnya kamu bisa mengandalkan warga kampung yang berkeliling untuk membangunkan sahur, atau bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga di rumah, sekarang tak bisa begitu lantaran wabah corona.

Advertisement

Kalau kamu juga termasuk yang susah bangun sahur, terapkan tips sederhana berikut biar  puasa besok nggak absen makan sahur!

1. Stop dulu konsumsi makanan berlemak sampai sebelum tidur malam nanti

jangan makan berlemak via www.politico.eu

Makanan berlemak bikin pencernaan bekerja lebih lambat. Akibatnya, perut jadi terasa begah dan kamu bakal sulit tidur. Untuk meminimalisirnya, coba minum susu atau makan buah segar supaya pencernaan lebih lancar. Jangan lupa berhenti makan setidaknya dua jam sebelum tidur, ya!

2. Kamu juga mesti menghindari minuman berkafein sebelum tidur

jangan minum kopi via www.telegraph.co.uk

Sebenarnya kafein nggak cuma ada di kopi, tapi teh juga lo! Kandungan kafein pada keduanya bisa bikin kamu merasa gelisah dan sulit tidur. Mending berhenti dulu deh ngeteh atau ngopinya. Langsung dibawa tidur saja.

Advertisement

3. Lebih baik tidur lebih awal, biar bangun sahurnya nanti juga nggak ogah-ogahan

tidur lebih awal via www.oprah.com

Setelah tarawih nanti, segera bersih-bersih badan dan rebahan. Biar lebih cepat ngantuknya, stop dulu main HP atau laptopnya, ya! Nyalakan saja musik ringan untuk merelaksasi pikiran dan bikin kantuk cepat datang.

4. Biar tidurmu lebih nyenyak nanti, jangan lupa matikan lampu kamarnya

redupkan lampu via dissolve.com

Melansir dari laman Hello Sehat, cahaya terang bisa mengurangi produksi melatonin dalam tubuh. Padahal, kadar melatonin sangat dibutuhkan supaya tidurnya lebih nyenyak. Nah, meredupkan atau mematikan lampu sangat membantu.

5. Mintalah teman atau keluarga untuk meneleponmu di jam sahur nanti

minta ditelepon via www.latimes.com

Sebelum tidur, kirimlah pesan ke teman atau keluarga untuk meneleponmu nanti menjelang jam-jam sahur. Nyalakan nada dering HP-mu dengan volume yang kira-kira bakal membangunkanmu. Jangan lupa nyalakan juga pengaturan getarnya, ya!

Advertisement

6. Biar alarm kamu makin nyaring bunyinya, masukkan HP di dalam gelas kosong dan tempatkan di dekatmu

taruh HP di gelas via www.tokopedia.com

Bagi sebagian orang, suara alarm saja kadang nggak cukup bisa membangunkannya dari tidur. Biar suaranya jadi lebih nyaring dan menggema di ruangan, taruh HP-mu di dalam gelas kosong dan letakkan di meja dekat kamu tidur.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa dicoba supaya kamu nggak kesulitan bangun saat sahur nanti. Nah, mumpung belum jam-jam tidur, segera praktikkan. Masa iya, sahur pertama sudah kesiangan~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE