Tanpa kamu sadari ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang sudah lama kamu lakukan. Mau itu sesederhana kebiasaan makan tanpa sendok, kebiasaan tidur memeluk guling sampai kebiasaan pakai sepatu dengan kaki kiri duluan. Dan dari sekian banyak kebiasaan tersebut, beberapa diantaranya punya efek yang buruk untuk tubuh, entah sekarang atau di masa depan. Sayangnya, seringkali kita meremehkan kebiasaan tersebut lantaran dianggap sepele dan “nggak berdampak apapun.”

Padahal jika terus-terusan dilakukan, kesehatanmu yang jadi taruhannya. Coba deh ingat-ingat lagi, dari beberapa kebiasaan buruk ini, mana saja yang masih kamu lakukan hingga sekarang?

1. Naik motor tanpa memakai jaket dan masker, kelihatannya remeh tapi jangan nyesel saat napasmu sesak karena batuk-batuk

naik motor tanpa masker dan jaket via www.123rf.com

Advertisement

Banyak pengendara motor yang abai dengan penggunaan jaket dan masker hanya karena nggak mau ribet. Padahal, bagian dada dan leher merupakan organ tubuh yang harus selalu dilindungi saat kita mengendarai sepeda motor. Saluran pernapasan akan terganggu saat dada dan leher terkena terpaan angin. Bisa jadi kamu akan segera kena batuk dan sesak napas lho kalau dibiasakan.

Belum lagi bahaya paparan udara jalanan dan sinar ultraviolet yang mengenai kulit. Begitupun efek yang terjadi saat nggak mengenakan masker, polusi udara dan gas beracun yang terhirup bisa mengendap di paru-paru dan menyebabkan masalah pernapasan yang kronis di kemudian hari.

2. Memakai bra dengan ukuran yang keliru. Bukannya kencang, malah berisiko iritasi hingga saraf kejepit

Memakai bra yang salah ukuran via torbaychiropractic.co.uk

Menurut hasil penelitian, sebanyak 70-80% cewek mengenakan bra dengan ukuran yang nggak sesuai. Parahnya lagi, mereka mengabaikan kondisi ini entah karena nggak menyadari atau malas membenahi. Sammy Margo, peneliti dari Chartered Society of Physiotherapy mengatakan bahwa mengatakan bahwa saat mengenakan bra dengan ukuran yang keliru, maka akan menciptakan titik tumpuan di punggung sehingga menyebabkan nyeri leher, bahu, pusing, hingga saraf terjepit. Belum lagi tali yang terlalu ketat bisa menyebabkan iritasi kulit. Sebaliknya, saat bra yang dikenakan terlalu besar, justru bikin payudaramu kendur.

3. Ngemil memang mengasyikkan, tapi jika dilakukan saat kamu nggak lapar, hati-hati obesitas!

Ngemil saat nggak lapar via www.thepennyhoarder.com

Advertisement

Ketika sedang mengerjakan tugas atau tengah menonton film, paling enak memang sambil ngemil. Tapi, tahukah kamu, bahaya dibaliknya? Makan saat perut nggak lapar menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih tinggi ketimbang makan saat lapar. Akibatnya, tubuhmu bakal dibanjiri dengan kalori ekstra yang memicu masalah kesehatan kronis seperti asam lambung, diabetes, hingga masalah jantung. Selain juga menguras kantong, kamu bakal berpotensi kelebihan berat badan lho! Mau?

4. Terlalu lama menatap layar laptop atau komputer menimbulkan kerusakan mata hingga gangguan tulang belakang

Terlalu lama menatap layar komputer via www.thebalance.com

Tuntutan kerja terkadang membuat seseorang nggak bisa mengelak dari kebutuhan menatap layar laptop atau komputer. Namun pernahkah terbesit olehmu, terlalu lama menatap layar komputer mengakibatkan beberapa hal yang sangat merugikan. Laptop atau komputer yang menyala akan memancarkan radiasi yang menimbulkan gangguan mata seperti mata perih, mata merah, berair dan lama kelamaan akan menurunkan fungsi penglihatan.

Selain itu, salah posisi duduk saat menatap layar laptop atau komputer dalam jangka waktu yang lama akan merusak postur tubuh dan berisiko kelainan syaraf tulang belakang. Sudah minus matanya nambah, badan jadi bungkuk pula!

5. Pakai skinny jeans kemana-mana memang praktis sih, tapi kamu mau kesehatan reproduksimu terganggu?

Pakai skinny jeans kemana-mana via www.liveabout.com

Sepintas memang sepele, apa salahnya sih pakai skinny jeans? Bukannya lebih praktis dan nyaman bergerak, ya? Faktanya, mengenakan skinny jeans atau celana ketat dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan gangguan pada organ reproduksi hingga berisiko kemandulan. Pemakaian celana ketat ini akan membuat daerah sekitar organ reproduksi menjadi lembab dan menimbulkan jamur yang akan memengaruhi produksi sel telur pada cewek. Sedangkan pada cowok, suhu di sekitar organ reproduksi akan meningkat akibat tekanan celana sehingga menurunkan produksi sperma. Ih, ngeri juga, ya?

6. Kecanduan main HP, apalagi jika HP-nya berat. Selain terpapar radiasi juga bisa berakibat Carpal Tunnel Syndrome!

Keseringan main hp via www.pexels.com

Smartphone sudah menjadi kebutuhan yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan anak muda zaman now. Kemana pun pergi, smartphone nggak pernah ketinggalan, bahkan saat akan tidur sekalipun. Padahal, terlalu lama menggunakan smartphone itu nggak baik lho buat tubuhmu. Saat menggunakan smartphone, apalagi jika ukurannya besar dan berat, bisa-bisa kamu bakal terkena Carpal Tunnel Syndrome yang bikin tanganmu terasa nyeri, mati rasa dan seperti terbakar!

Nah buat kamu yang hobi main ponsel, Advan G2 bisa jadi solusinya. Desainnya yang ramping dan elegan, beratnya pun hanya 130 gram! Nggak akan membuat tanganmu pegal-pegal, apalagi terkena Carpal Tunnel Syndrome. Meski ringan begitu, Advan G2 punya kapasitas baterei 3500 mAh lho. Cocok di bawa ke mana-mana tanpa harus repot bawa power bank ataupun mencari colokan. Kalau kamu pecinta selfie, bakal dapat bonus lagi. Kamera depannya yang 16 MP, bisa membuat hasil foto selfiemu jernih sampai ke background-backgroundnya!

Setelah mengetahui beberapa kebiasaan yang berdampak buruk bagi tubuh di atas, semoga kamu jadi lebih bijak untu memilah-milah, mana kebiasaan yang baiknya dilakukan dan mana yang sudah seharusnya ditinggalkan. Demi kesehatanmu di masa depan lho!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya