Sebelum Menyesal, 6 Beauty Hacks ini Mesti Kamu Hentikan Penggunaannya. Bikin Rusak Muka

Beauty hacks yang salah

Segala life hack sepertinya selalu bisa menarik perhatian dan ramai dibicarakan. Mulai dari life hack untuk anak kosan, hingga beauty hack untuk tampil cantik dengan bujet minimalis. Namun, apakah semua beauty hack cocok untuk semua jenis kulit? Dan, apakah bahan-bahan yang digunakan sebagai beauty hack aman? Tentu tidak.

Advertisement

Karena penciptaan awal bahan-bahan tersebut memang bukan untuk kecantikan, maka sebelum kamu menyesal karena kulitmu makin bermasalah, simak beberapa beauty hacks yang sebaiknya kamu hentikan jika sudah terlanjur mencobanya.

1. DIY scrub dengan bahan gula, garam, dan baking soda untuk eksfoliasi kulit

scrub dari gula, garam dan baking soda via orangedentalhouse.com

Tahu nggak, kalau mengaplikasikan scrub gula, garam, dan baking soda pada wajah hanya akan membuat kulit jadi kasar. Alih-alih lebih murah, kamu malah akan membutuhkan biaya tambahan untuk merawat kulitmu. Baiknya kamu menggunakan produk natural yang dikhususkan saja. Keluar duit lebih, tapi nggak bikin menyesal.

2. Pasta gigi yang memberikan sensasi dingin nggak serta merta bikin reda jerawat

pasta gigi untuk obat jerawat via magazine.job-like.com

Memang, kandungan baking soda dan peroksidanya bisa jadi bikin jerawat cepat kering. Tapi di balik itu, juga ada kemungkinan kulit kamu akan kering dan kehilangan minyak alaminya. Bahkan, untuk yang kulitnya nggak cocok bisa iritasi, muncul ruam kemerahan dan malah memperbanyak jerawat. Nggak selamanya sensasi dingin pasta gigi itu bikin kamu terbebas dari jerawat, ya.

Advertisement

3. Menggunakan hairspray sebagai makeup setting spray

pakai hair spray buat wajah via www.thriftyfun.com

Mengaplikasikan hairspray sebagai pengganti makeup setting spray hanya akan bikin kulit kering, iritasi, dan masalah kulit lainnya. Mending gunakan setting spray sungguhan saja, rogoh kocek demi keamanan dan kecantikan nggak masalah dong?

4. Minyak kelapa sebagai pelembap wajah adalah salah kaprah

minyak kelapa untuk melembabkan kulit wajah via mommiesdaily.com

Penggunaan minyak kelapa pada kulit wajah hanya akan bikin pori-pori tersumbat. Kalau kamu bersikukuh untuk percaya minyak kelapa itu baik sebagai pelembap wajah, maka gunakanlah, tapi jangan setiap hari. Gunakan jika kulit wajahmu sungguh amat kering saja.

5. Menggunakan deodoran sebagai jalan ninja mengatasi wajah berminyak

Advertisement

deodoran untuk wajah via organicpowerfoods.com

Belakangan penggunaan deodoran sebagai beauty hack berseliweran di internet. Katanya deodoran bisa menghambat produksi minyak berlebih di wajah. Apakah betul?

Nyatanya, penggunaan deodoran pada wajah hanya akan memicu masalah iritasi pada kulit, munculnya reaksi alergi, hingga timbulnya jerawat. Deodoran yang berfungsi sebagai antiperspiran ditujukan untuk menurunkan produksi bakteri yang memicu bau menyengat dan telah dicocokkan dengan kulit ketiak yang jelas berbeda dengan kulit wajah.

6. Menggunakan pensil warna sebagai eyeliner

hati-hati menggunakan pensil sebagai ganti eyeliner via www.cosmopolitan.com

Meski banyak beredar pensil warna yang nggak mengandung racun dan bahkan aman jika nggak sengaja termakan, tapi tetap saja penciptaan pensil warna bukan untuk diaplikasikan di kulit. Nggak usah iseng-iseng deh menggunakan pensil warna sebagai ganti eyeliner.

Nah, meski beauty hack selalu menarik untuk dipraktekkan, kamu harus pintar-pintar juga dalam menerapkannya. Selalu buat pertimbangan dengan mencari tahu apakah beauty hack yang akan kamu terapkan cocok dan nggak membawa dampak buruk untuk kulitmu di kemudian hari. Jangan hanya karena alasan hemat, kamu malah menyesal, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE