Merantau dan menjadi anak indekos adalah salah satu prestasi yang patut kamu banggakan. Tinggal jauh dari orangtua dan hidup mandiri, nggak semua orang bisa menjalani, kan? Pun nggak semua barang elektronik yang biasanya ada di rumah bisa kamu miliki di kamar indekos berukuran 3×3 yang kamu tinggali itu. Paling mentok kamu hanya bisa memasukkan kipas angin dan televisi.

Tapi eh tapi, ada lho beberapa barang elektronik dengan ukuran yang nggak terlalu besar dan bisa dibawa ke mana-mana alias portabel. Kalau kamu punya alat-alat ini, kehidupanmu sebagai anak kos bakal lebih mudah!

1. Hampir setiap anak kos wajib punya yang namanya kabel rol atau terminal listrik. Kamu jadi bisa nyetel kipas angin, manasin air, sambil ngecas secara bersamaan

bingung deh kalau nggak punya benda ini via www.tokopedia.com

Advertisement

Jangan lupa bawa benda ini setiap kali kamu mau wifi-an, ya. Jaga-jaga kalau colokannya jadi rebutan, ehehe.

2. Kipas embun portabel ini bisa menghembuskan embun sejuk yang bikin segar ruangan. Cukup diletakkan di atas meja aja, gerahmu bakal berkurang seketika

3. Teko listrik tanpa kabel yang bisa diatur suhunya ini berguna banget kalau kamu lagi pengen minum yang hangat-hangat tapi nggak punya dispenser atau malas masak air

Lebih praktis, kan? via www.cikopi.com

4. Untuk menghemat pengeluaranmu, kamu perlu punya rice cooker buat peranti masak nasi. Bisa juga kamu manfaatkan buat masak mi instan nih!

bisa buat masak mi instan juga via www.youtube.com

4. Biasanya bakal dipakai pas mati listrik saat musim hujan nih, atau dibawa sebagai perlengkapan berkemah. Jangan lupa untuk rutin mengecasnya, ya!

jaga-jaga kalau mati listrik via www.nadeemelectric.com

5. Nah, powerbank juga berguna banget nih pas mati listrik. Biar tetap bisa balesin chat-chat yang penting. Sering juga dibawa pas pergi-pergi jauh

mesti rutin juga nih ngecasnya via www.nadeemelectric.com

6. Flashdisk juga penting banget nih buat anak kos. Selain nyalin file mata kuliah, bisa buat nyimpan foto, musik, dan film juga. Jangan nyimpan yang aneh-aneh lho, ya!

Awas, jangan sampai hilang! via spaceku.com

7. Speaker aktif portabel yang menggunakan bluetooth bisa kamu stok untuk mendengarkan musik di kamar. Ukuran dan bentuknya pun tersedia macam-macam, tinggal pilih (dan bayar)!

Jangan kencang-kencang nyetelnya lho! via yellowtube.org

8. Suka masak tapi indekos nggak punya dapur? Sediakan saja kompor portabel yang bisa kamu gunakan kapan saja, termasuk saat piknik

tinggal siapkan gas yang ukurannya sesuai aja via www.freshoffthegrid.com

9. Biasanya sih pakai setrika yang besar, tapi setrika mini ini lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana, terutama saat kamu lagi menginap

nggak menuh-menuhin tas via www.youtube.com

10. Kadang suka KZL kalau ibu kos nggak menyediakan kulkas, kan jadi nggak bisa nyimpan makanan lebih lama. Tapi tenang, ada teknologi yang namanya kulkas mini!

kulkas mini via www.fingerhut.com

11. Tahu nggak sih kamu kalau ada mesin cuci mini portabel? Meski kapasitasnya nggak banyak, lumayan juga buat cuci underwear nih!

12. Kamu juga perlu menyediakan alat pemadam api portabel yang mudah dibawa dan dioperasikan dengan tangan alias APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Jaga-jaga kalau ada korsleting, kan?

langsung semprot aja via www.bukalapak.com

Benda-benda portabel di atas memang praktis dan memudahkan kehidupan anak kos yang serba terbatas. Tapi, nggak perlu punya semuanya kok, sesuaikan dengan kebutuhanmu saja. Kalau kamu punya kompor portabel padahal orangnya mager dan malas banget masak, nggak guna juga, kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya