Malas memang sepertinya sudah menjadi sifat dasar manusia, termasuk kamu. Bangun tidur, malas. Ke sekolah, kampus, atau kantor, malas. Bahkan, kadang untuk makan saja kamu merasa malas keluar kamar. Saking malasnya, kamu sering merasa gemas dan akhirnya berniat untuk menjadi lebih rajin keesokan harinya.

Sayangnya, menjadi rajin ini seringnya hanya berakhir di niat saja. Padahal, rasa malas ini sudah sering membuatmu menjadi nggak produktif dan banyak kewajiban yang terbengkalai. Nggak mau ‘kan terus-terusan begini? Nah, coba dampingi niatmu untuk rajin itu dengan melakukan 9 hal ini, deh!

1. Sebelum tidur, ketahuilah dengan pasti kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan esok hari. Sempatkan pula untuk membuat to-do list-nya.

Buat to-do list untuk esok hari

Buat to-do list untuk esok hari via redliptalk.com

Advertisement

Membuat to-do list itu sangat penting! Kita jadi punya bayangan bagaimana hari esok akan berjalan. Waktumu akan selalu terisi dengan kegiatan yang memiliki tujuan. Jadi, kamu nggak punya alasan untuk bermalas-malasan.

Waktu paling tepat untuk menyusun to-do list adalah saat malam hari, tepat sebelum kamu akan tertidur. Dengan begitu, saat terbangun esok pagi, kamu sudah nggak bingung lagi harus melakukan apa.

Buatlah to-do list secara runtut dari pagi sampai malam hari, mulai dari yang kecil seperti mencuci motor hingga kegiatan utamamu, seperti menyelesaikan bab II skripsi atau menyelesaikan berbagai pekerjaan di kantor. Pastikan kegiatanmu padat supaya nggak ada kesempatan untukmu malas dan menunda pekerjaan. Tapi, tetap sediakan sedikit waktu untukmu beristirahat sejenak, ya.

2. Setel alarm yang bisa membantumu bangun pagi. Tapi please, jangan di-snooze, ya!

Ayo bangun lebih pagi!

Ayo bangun lebih pagi! via www.spiritfitness.net

Advertisement

Setiap hari, kamu masih bangun pagi dengan mepet? Kalau iya, mulai dikurangi yuk kebiasaan tersebut. Soalnya, bangun tidur dengan waktu yang mepet seperti itu justru bisa membuat rasa malasmu meningkat, lho. Kamu akan “dipaksa” untuk langsung siap-siap beraktivitas tanpa membiarkan tubuhmu untuk “sadar” terlebih dulu. Hasilnya, saat di kampus atau kantor, kamu masih merasa ngantuk dan lemas.

Coba deh, mulai sekarang kamu bangun lebih pagi lagi, misalnya jam 5 atau 5.30 pagi. Tubuhmu akan punya waktu lebih lama dalam menyiapkan tenaga untuk beraktivitas seharian nanti dan kamu pun akan merasa jauh lebih segar juga bersemangat. Kalau belum terbiasa, kamu bisa menyetel alarm sebagai bantuan. Tapi, jangan di-snooze, ya!

3. Seperti lirik lagu masa kecilmu dulu, sehabis bangun tidur memang lebih baik segera mandi. Hehehe.

Bangun tidur kuterus mandi

Bangun tidur kuterus mandi via popsugar.com

Mau merasa lebih segar lagi? Sehabis bangun tidur, kamu langsung mandi saja! Memang sih akan terasa dingin awalnya, tapi cara ini ampuh banget untuk menghilangkan rasa ngantuk dan kriyep-kriyep di matamu. Lagipula, kalau sudah bersih dan wangi seperti ini, kamu pasti jadi malas untuk tidur lagi.

4. Pilih pakaian yang menurutmu paling nyaman, sekaligus bikin kamu terlihat lebih cantik atau tampan.

Pakai pakaian terbaik

Pakai pakaian terbaik via roberti.net

You’ve got to dress for success

Yap! Ini benar banget. Coba deh kamu pikirkan mengapa orang kantoran bisa begitu produktif. Mereka setiap hari berpenampilan layaknya seorang profesional, dengan kemeja dan dasi, atau blus dan blazer. Dengan gaya yang sudah sebaik itu, mereka pasti malu untuk merasa malas-malasan dan kemudian pulang dengan tanpa menghasilkan apa-apa.

Coba deh cara ini kamu tiru. Lupakan dulu pakaian lecek dan seadanya di lemari yang hampir kamu kenakan setiap hari. Pakaian tersebut bisa membuatmu merasa terlalu nyaman seperti di rumah dan akhirnya membuatmu jadi malas-malasan. Pilihlah selalu pakaian terbaikmu, yang paling rapi, cerah, dan wangi untuk dikenakan. Rapikan rambut dan berdandanlah sedikit supaya kamu nggak hanya produktif, tapi juga jadi lebih percaya diri.

5. To-do list jangan hanya dibuat atau sekadar jadi bahan bacaan, mematuhi jadwal yang kamu buat sendiri adalah keharusan.

Patuhi jadwal yang sudah dibuat

Patuhi jadwal yang sudah dibuat via communicationrhodes.wordpress.com

To-do list yang sudah kamu buat semalam akan terasa percuma kalau hanya menjadi sebuah konsep saja. Waktumu tetap memiliki banyak kekosongan yang akhirnya terisi dengan bermalas-malasan. Gagal deh rencanamu untuk rajin dan produktif.

Nah, supaya rencanamu nggak gagal, kamu wajib untuk mematuhi seluruh jadwal di to-do list-mu itu. Misalnya, dari jam 9 pagi sampai 1 siang kamu jadwalkan untuk bekerja. Dalam rentang waktu tersebut, yang boleh kamu lakukan ya hanya bekerja saja. Jangan diselingi dengan browsing, bermain handphone, atau bersosial media. Fokus pada apa yang kamu kerjakan supaya cepat selesai dan kamu pun bisa sejenak bersantai.

6. Manfaatkan waktu istirahatmu dengan baik. Jauhkan pekerjaan untuk sementara dan biarkan dirimu refreshing.

Segarkan pikiran dengan makan bersama teman-teman

Segarkan pikiran dengan makan bersama teman-teman via www.jonpchan.com

Sepadat apapun jadwalmu, kamu tetap harus menyediakan waktu untuk beristirahat. Nggak perlu terlalu lama, sekitar 60-90 menit saja sudah cukup. Waktu istirahat ini berguna untuk refreshing supaya tubuhmu yang sudah mulai lelah beraktivitas bisa kembali memiliki energi dan bersemangat.

Lakukanlah hal-hal yang bisa menyegarkan pikiranmu kembali. Misalnya, menonton film, membaca buku, makan siang bersama orang tersayang, atau sekadar menonton video lucu di situs YouTube. Jauhkanlah pekerjaanmu untuk sementara supaya waktu istirahatmu menjadi berkualitas dan kamu pun akan lebih bersemangat untuk beraktivitas selanjutnya.

7. Ketika mulai merasa lelah dan bosan, lihatlah orang-orang di sekitarmu yang bahkan tak sempat bermalas-malasan.

Lihat sekitarmu yang nggak malas-malasan

Lihat sekitarmu yang nggak malas-malasan via thebroadsideonline.com

Siang atau sore hari memang sepertinya waktu-waktu yang rawan untukmu merasa lelah dan bosan. Kalau sudah seperti ini, biasanya keinginan untuk bersantai dan bermalas-malasan langsung muncul di pikiran. Padahal, pekerjaanmu belum selesai dan jadwal kegiatanmu pun masih cukup panjang.

Ketika rasa ini menyerang, coba deh lihat sekelilingmu. Teman-teman kuliah yang masih tekun belajar atau rekan-rekan kantor yang masih bergulat dengan pekerjaan. Mereka memiliki beban yang sama, mereka juga pasti merasakan lelah dan bosan. Tapi mereka nggak ingin dimanjakan dengan rasa itu dan tetap semangat menjalani kewajiban.

Melihat hal ini, apa kamu masih mau malas-malasan? Nggak takut akan ketinggalan?

8. Rutinitas harian pasti bikin bosan, tak ada salahnya kalau kamu membuat variasi dengan berolahraga atau kumpul bareng teman.

Variasikan rutinitasmu

Variasikan rutinitasmu via www.aquabumps.com

Menjalankan rutinitas yang begitu-begitu saja setiap harinya jelas membosankan. Bangun tidur, kerja atau kuliah, makan siang, lanjut kerja atau kuliah sampai sore, mengerjakan tugas, makan malam, lalu tidur. Mengetahui harimu akan berjalan seperti ini terus, kamu jadi melihat ada celah untuk malas dan menunda pekerjaan. Toh, besoknya kamu tetap melakukan kegiatan yang sama.

Nah, supaya celah itu nggak lagi terlihat olehmu, buatlah sedikit variasi pada rutinitasmu. Misalnya:

  • setelah bangun tidur, kamu bersepeda atau jogging,
  • di sela-sela makan siang, kamu sempatkan untuk window shopping sejenak, atau
  • setelah pulang kerja atau kuliah, kamu ajak teman-teman berkumpul di kafe.

Dengan adanya variasi seperti ini, hidupmu nggak lagi monoton. Pikiranmu akan selalu segar karena harimu nggak melulu diisi dengan kegiatan yang berat dan menguras pikiran serta tenaga saja. Di sisi lain, variasi kegiatan ini akan membuatmu lebih rajin dan bersemangat dalam mengerjakan kewajiban. Alasannya, supaya cepat selesai dan bisa bersantai.

9. Kamu yang sudah bekerja keras juga berhak bersantai. Dedikasikan hari Minggu-mu untuk memanjakan diri dan bermalas-malasan seenak hati.

Lazy Sunday

Lazy Sunday via hooptricks.org

Setelah menjadi sosok yang produktif dan rajin sepanjang minggu, kamu berhak untuk memberikan reward kepada dirimu sendiri. Caranya, yaitu dengan mendedikasikan hari Minggumu hanya untuk bersantai dan bermalas-malasan. Hari Minggu dipilih karena di hari ini hampir semua orang libur dan bersantai. Kamu bisa terbebas dari kejaran tugas atau kerjaan untuk sejenak.

Lakukanlah hal apa saja yang kamu suka, bahkan jika itu hanya tidur-tiduran di kasur sambil menonton drama serial saja. Letakkan jauh-jauh seluruh hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Di hari Minggu ini, kamu berhak untuk bermalas-malasan dan menyegarkan pikiran. Karena besoknya, kamu harus bersiap menjalani hari tersibuk dalam seminggu, yaitu Senin.

Menjadi rajin pada akhirnya hanya bisa terjadi kalau kamu mau lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan seluruh kegiatan yang kamu lakukan. Niat saja nggak cukup, ‘kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya