5 Hal Sepele ini Sering Dilakukan Pengendara Motor Saat Musim Hujan. Padahal Bahaya!

Berkendara saat musim hujan

Terhitung sejak pertengahan Desember lalu, beberapa daerah di Indonesia sudah mulai turun hujan dengan instensitas yang tinggi. Menghadapi musim ini, penting bagimu, terlebih bagi pengguna sepeda motor untuk berhati-hati. Karena padatnya aktivitas dan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk melakukan mobilitas tinggi, seringkali kita lupa akan keselamatan diri sendiri.

Advertisement

Disadari atau nggak, kita kerap melakukan hal-hal sepele saat berkendara — yang ternyata jika dilakukan bakal bahaya banget. Padahal harusnya dihindari, seperti hal-hal di bawah ini.

1. Pasti di antara kalian masih ada yang sering menggunakan jas hujan model ponco alias kelelawar, padahal bisa bikin celaka! Apalagi jika digunakan sendiri

memakai jas hujan model kelelawar via www.motorplus-online.com

Sebenarnya nggak ada larangan untuk menggunakan jas hujan model ini. Pasalnya, jas hujan model kelelawar ini rawan banget masuk ke dalam gir rantai hingga roda motor karena bentuknya yang panjang. Apalagi jika hanya digunakan seorang diri dan bagian belakangnya dibiarkan beterbangan. Baiknya, gunakan jas hujan model baju-celana. Atau model ponco tapi diamankan agar nggak beterbangan.

2. Karena alasan waktu dan terburu-buru, biasanya kita lupa bawa sandal. Akhirnya memilih telanjang kaki saat berkendara. Padahal kalau ada petir bisa ngeri banget tuh

nggak pakai alas kaki saat hujan via www.deccanherald.com

Ketika musim hujan tiba, sandal merupakan salah satu benda wajib yang harus dibawa kemana-mana. Namun, banyak orang sering menyepelekan. Alhasil, nggak jarang mereka memilih bertelanjang kaki alias ‘nyeker’ saat mengendarai sepeda motor di waktu hujan. Padahal, kondisi seperti ini rawan banget tersambar petir, apalagi saat melewati genangan air.

Advertisement

3. Nggak hanya telanjang kaki, mendengarkan musik lewat earphone saat berkendara di musim hujan itu juga bisa berpotensi tersambar petir lo!

mendengarkan musik sambil berkendara saat hujan via www.motorcyclenews.com

Selain dapat memicu sambaran petir karena aliran listrik pada elektronik, mendengarkan musik saat hujan juga berbahaya karena kita akan kesusahan mendengar suara lain dari luar. Termasuk suara klakson kendaraan lain atau potensi bahaya lainnya.

4. Sering mengerem mendadak dan kasar yang berpotensi terjadi selip pada roda

pengereman secara mendadak via www.thehindu.com

Kebiasaan ini bahaya banget lo, selain untuk diri sendiri maupun orang lain, dapat juga menimbulkan kecelakaan beruntun pada kendaraan yang ada di belakangmu. Selain itu, melakukan pengereman secara mendadak berpotensi terjadi selip pada roda. Itulah kenapa saat turun hujan, mending pelan-pelan saja berkendaranya.

5. Terakhir, menerobos derasnya hujan tanpa memperhatikan bahaya yang mengancam

Advertisement

menerobos hujan via www.thedrive.com

Bagi sebagian orang, hujan adalah kesenangan tersendiri dan merupakan tantangan yang harus dilewati. Tak peduli seberapa deras dan membahayakannya hujan tersebut. Padahal, menerobos hujan selain dapat memicu badan jadi nggak sehat, akibatnya fatal juga lo di jalanan. Misalnya, saat melewati genangan air yang tinggi dengan kecepatan tinggi, kita tak akan tahu bagaimana kondisi jalanan sebenarnya.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari saat berkendara di musim hujan. Kecuali kalian ingin mendekatkan diri pada Tuhan, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE