Ini 4 Kerugian Kalau Berlama-lama Parkir Motor Pakai Standar Samping. Bisa Fatal Akibatnya

Kerugian pakai standar samping

Umumnya, sepeda motor dibekali dengan dua jenis standar, yaitu standar samping dan tengah. Keduanya memang ditujukan untuk menjaga sepeda motor agar tetap berdiri ketika diparkir. Sayangnya, beberapa orang cenderung lebih sering pakai standar samping ketimbang pakai standar tengah ketika memarkir motor, sekalipun untuk waktu yang lama. Padahal, terlalu lama memarkir motor dengan standar samping bisa menimbulkan beberapa kerugian bagi motor ini sendiri lo!

Advertisement

Kamu yang mungkin belum banyak tahu dan sampai saat ini masih menyepelekan, cek nih beberapa kerugiannya.

1. Meski baru efeknya jangka panjang, tapi penggunaan standar samping bisa membuat motor miring ke sisi kiri

shockbreaker rusak via www.liputan6.com

Posisi ini bisa membuat suspensi sebelah kiri jadi lebih berat. Akibatnya, shockbreaker akan lebih condong ke satu sisi dan membuatnya cepat rusak. Apalagi jika ada orang yang menduduki motormu waktu diparkir. Duh, nggak cuma shockbreaker yang rusak, tapi standarnya juga jadi makin condong ke arah kiri.

2. Kualitas ban juga akan mengalami penurunan karena terlalu sering pakai standar samping

ban gampang kempis via www.dream.co.id

Meski dalam kondisi ajeg atau nggak jalan, lantai tetap bisa menekan ban pada satu sisi. Nah, tekanan inilah yang kemudian membuat ban lebih cepat gundul karena terkikis oleh lantai. Bahkan, angin dalam ban pun bisa mengalami penurunan karena tekanan dari satu sisi ini. Kalau nggak mau ban tiba-tiba kempes di jalan, mending standar tengah saja kalau sekiranya kamu mau memarkir motor cukup lama.

Advertisement

3. Karena nggak seimbang posisinya, motor jadi lebih rawan jatuh

ambruk di parkiran via www.motorplus-online.com

Apalagi jika kamu parkirnya di jalanan menurun dan lantainya nggak rata. Kalau kesenggol, motor jadi gampang roboh. Nggak cuma motormu, kendaraan di sampingnya juga akan ikut jatuh dan tertindih. Padahal kalau sudah jatuh, ada saja bagian body yang tergores karena lantainya.

4. Dari aspek keselamatan, penggunaan standar samping juga lebih berisiko lo!

lupa standar via sportku.com

Sebab, beberapa pengendara sering lupa menaikkan standar mereka ketika melaju dengan motor. Padahal hal ini bisa membahayakan keselamatanmu karena motor jadi lebih berisiko terjatuh ketika melewati tikungan.

Memang, butuh tenaga untuk memarkir motor dengan standar tengah. Tapi ini nggak seberapa berat dibandingkan harus menanggung risiko setelahnya. Nah, mulai sekarang kalau sekiranya kamu mau memarkir motor cukup lama, mending distandar tengah saja. Bahkan ketika menyimpan motor malam hari di garasi rumah juga.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE