Botol minuman itu ibarat pacar buat aku ya, selalu aku bawa kemana-mana.

#aku dan botol minumku. (intermezzo)

Untuk sebagian kamu, membawa botol minuman itu adalah kewajiban. Entah itu kamu bawa ke kampus, kantor, atau pun saat lari pagi. Ketimbang beli minuman di luar yang belum tentu sehat, kamu lebih memilih bawa air putih dari rumah pakai botol minuman kesayanganmu. Lebih sehat dan hemat juga.

Advertisement

Tapi kamu layak tahu kalau botol minumanmu bisa jadi sarang kuman lho! Kok bisa? Bisa aja. Jadi, kamu yang kadang males bersihin botol minummu dan cuma dikocok dengan air aja, bisa berpotensi menjadi sarang kuman. Atau kamu yang nggak punya sikat botol, kadang cuma bersihin mulut botolnya aja. Ckckck… Coba deh, praktikan cara membersihkan botol minuman berikut ini!

1. Kamu yang biasanya cuma bersihin mulut botolnya aja, mulai sekarang membersihkan dasar botol minumanmu juga wajib hukumnya!

Nah, kamu bisa pakai sikat botol kaya yang satu ini.

Nah, kamu bisa pakai sikat botol kaya yang satu ini. via id.aliexpress.com

Persiapkan sikat botol yang bagus kualitasnya. Kriteria sikat botol yang bagus ini adalah bulu sikat yang besar pada salah satu ujung dan bulu sikat yang kecil pada ujung lainnya. Setelah sikat botol siap, tuang sedikit air hangat dan sabun pencuci piring ke dalam botol.

Kemudian gerakkan sikat botol dengan gerakan memutar di dalam botol, hal ini untuk membersihkan dasar botol. Sementara gerakan naik turun untuk membersihkan sisi-sisi botol. Jangan lupa untuk menyikat mulut botol dan tutup botolnya juga ya. Jika semua bagian sudah dibersihkan, tinggal kamu bilas dengan air bersih. Terakhir, keringkan dengan lap bersih.

2.  Kamu layak tahu kalau beras dan air hangat bisa membersihkan noda di dasar botol yang membandel lho!

Beras bisa lho untuk membersihkan botol.

Beras bisa lho untuk membersihkan botol. via soloposfm.com

Advertisement

Kotoran berwarna kecoklatan di dasar botol yang membandel bikin kesel ya. Jika kebetulan kamu tidak mempunyai sikat botol, beras dan air hangat bisa digunakan sebagai pengganti untuk membersihkan kotoran yang membandel tersebut.

Pertama-tama masukkan beras secukupnya (kurang lebih segenggam) dan air hangat (kira-kira 1/4 botol) ke dalam botol. Setelah itu kocok sampai noda di dasar dan sisi botol menghilang perlahan. Terakhir, bilas hingga bersih. Taraa.. kotoran membandel pun hilang perlahan.

P.S: kalau kebetulan noda nggak bisa langsung hilang, lakukan secara rutin ya!

3. Nggak cuma digunakan dalam makanan, cuka juga cukup efektif membunuh kuman di dalam botol minuman.

Cuka bisa menghilangkan beberapa kuman lho di botol minumanmu.

Cuka bisa menghilangkan beberapa kuman lho via sentralbotolplastik.co.id

Cuka dapat membunuh beberapa bakteri secara alami. Sebelumnya kamu sudah membersihkan botol dengan sabun pencuci piring dan sudah dibilas sampai bersih. Setelah itu masukkan cuka kira-kira 1/5 bagian botol. Kemudian penuhi botol dengan air dan diamkan selama satu malam. Terakhir, bilas kembali botol sampai bersih.

4. Baking soda juga ampuh bikin botol minumanmu kembali bersih. Boleh banget kamu coba pakai cara yang satu ini.

Baking soda bisa untuk membersihkan botol juga.

Baking soda bisa untuk membersihkan botol juga. via www.healthyfoodhouse.com

Kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan botol minummu. Caranya adalah dengan memasukkan baking soda secukupnya dan air hangat. Diamkan selama beberapa jam. Baking soda cukup berguna untuk membersihkan cairan yang sudah membusuk di dalam botol.

5. Coba deh bersihkan botol minumanmu dengan air hangat dan sabun pencuci piring. Dijamin praktis dan nggak butuh banyak waktu!

Bersihkan botol minumanmu dengan air hangat dan sabun pencuci piring.

Bersihkan botol minumanmu dengan air hangat dan sabun pencuci piring. via www.vemale.com

Kalau kebetulan kamu nggak punya sikat botol dan nggak punya banyak waktu, kamu bisa praktikan cara berikut. Pertama-tama, kamu hanya perlu menyiapkan air hangat dan sabun pencuci piring. Masukkan air hangat dan sabun pencuci piring ke dalam botol minumanmu. Kocok dan diamkan air pada botol selama satu menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

6. Kalau kebetulan botol minumanmu biasa diisi dengan air putih saja, untuk membersihkannya cukup dikocok dengan air hangat kok…

Bersihkan botol dengan air hangat saja cukup kok.

Bersihkan botol dengan air hangat saja cukup kok. via lebay.info

Kalau kebetulan kamu nggak punya sikat botol, baking soda, dan sedang kehabisan cairan pencuci piring, kamu bisa membersihkannya cukup dengan air hangat saja. Tapi ini khusus untukmu yang biasa mengisi botol minumanmu dengan air putih saja ya (yang kumannya nggak terlalu membandel). Masukkan air hangat ke dalam botol kira-kira sepertiga bagian botol. Kocok dan diamkan air hangat pada botol selama satu menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Mulai sekarang kamu jangan malas ya untuk membersihkan botol minumanmu. Karena bisa menjadi sarang kuman. Duh, jangan sampai ya. Semoga tips membersihkan botol minuman ini bermanfaat ya buat kamu ;).

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya