Cewek memang harus pandai-pandai menjaga penampilan. Tak hanya urusan mix and match pakaian, tapi juga soal kesehatan dan kebersihan tubuh. Nah salah satu yang paling sering mengganggu adalah perkara bau badan. Ketika banyak aktivitas, tak jarang produktivitas keringatmu pun ikut meningkat sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Solusinya tentu saja dengan menggunakan deodorant. Sayangnya, banyak produk deodorant yang justru mempunyai daya serap tinggi sehingga membuat kulit ketiak menjadi kering. Maka tak jarang kulit ketiak sering gatal, memerah, bahkan mengalami iritasi.

Advertisement

Kalau semua merek yang ada di supermarket sudah dicoba dan tak ada yang hasilnya memuaskan, kenapa nggak bikin deodorant alami buatan sendiri saja? Penasaran gimana caranya? Tenang. Ini lho Hipwee kasih tahu caranya!

1. Jangan langsung mengerutkan dahi. Hipwee serius kok, deodorant itu bisa kamu bikin sendiri!

deodoran alami yang membuat kulit ketiak tak kering dan iritasi

deodoran alami yang membuat kulit ketiak tak kering dan iritasi via www.thehealthymaven.com

Memilih produk deodorant yang cocok memang bukan perkara mudah. Apalagi, kalau kamu termasuk orang-orang yang punya kulit sensitif. Tapi, jangan berkecil hati dulu. Nggak menemukan produk deodorant yang sesuai bukan berarti kamu nggak bisa pakai deodorant ‘kan?

Percaya nggak percaya, deodorant juga bisa kamu bikin sendiri dengan bahan-bahan alami. Selain minim resiko iritasi, kamu pun bisa jadi lebih percaya diri dan tentu saja menghemat pengeluaran. Gimana caranya? Gampang. Sebelum masuk ke proses pembuatannya, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan berikut ini, ya!

Advertisement
  • 2 1/2 sendok makan minyak kelapa
  • 2 1/2 sendok makan  shea butter
  • 1/4 cangkir tepung jagung
  • 2 sendok makan baking soda (kalau kulit kamu sensitif, bisa dikurangi takarannya)
  • 6 tetes minyak esensial lavender
  • 6 tetes minyak esensial jeruk
  • 2 tetes minyak esensial pohon teh (opsional)

2. Proses pembuatannya juga nggak susah. Kamu bahkan bisa membuatnya dalam waktu 5 – 10 menit saja.

sediakan panci kecil dan panci sedang untuk melelehkan shea butter

sediakan panci kecil dan panci sedang untuk melelehkan shea butter via goodmorningcenter.com

Setelah semua bahan yang disebutkan di poin sebelumnya sudah kamu siapkan. Kamu bisa mulai untuk melangkah ke proses pembuatannya.

  • Pertama-tama tempatkan minyak kelapa dan shea butter dalam mangkuk kaca atau jar. Letakkan mangkuk kaca atau jar itu di dalam panci saus ukuran medium.
  • Kemudian, tambahkan air kedalam  panci setidaknya cukup untuk mengelilingi bagian mangkuk atau jar yang berisi minyak kelapa dan shea butter tadi. Tapi ingat, jangan sampai air tersebut masuk ke dalam mangkuk, ya.
  • Didihkan air dalam panci menggunakan api sedang. Ketika air mendidih, pastikan minyak kelapa dan shea butter meleleh dengan sempurna sambil terus diaduk-aduk agar merata.

3. Biar deodorant bikinanmu lebih sempurna, tambahkan minyak esensial dengan aroma yang kamu suka!

aromanya bisa beragam dan sesuka kamu

aromanya bisa beragam dan sesuka kamu via naturallymindful.com

Soal aroma biasanya jadi salah satu pertimbangan ketika kamu membeli produk deodorant di toko ‘kan? Nah itulah sebabnya kenapa menambahkan aroma atau wewangian esensial untuk deodorant buatanmu sendiri ini juga perlu. Caranya:

  • Setelah adonan minyak kelapa dan shea butter tadi meleleh, tambahkan tepung jagung, baking soda dan minyak esensial dengan aroma yang kamu suka.
  • Lalu, tempatkan adonan tadi dalam wadah tertutup atau stoples ukuran 3 ons dan biarkan adonan itu dingin pada suhu kamar. Atau, bisa juga diletakkan dalam lemari es sehingga deodorant buatanmu bisa menjadi padat.
  • Dengan begitu, barulah deodorant alami buatanmu sendiri bisa digunakan layaknya deodorant buatan pabrik yang biasa kamu pakai.

That’s it! Mudah ‘kan cara membuat deodorant yang alami? Setidaknya produk alami ini bisa mengurangi resiko iritasi hingga meminimalisir tubuh terpapar zat-zat kimia. Dan yang pasti, kamu juga bisa menghemat uang belanja juga lho!

Ingat ya, jika kulit kamu sensitif, sebelum menggunakan deodorant di ketika sebaiknya coba dulu di permukaan tangan. Kalau sampai terjadi iritasi, kamu tak perlu menggunakannya dan mencari solusi yang lain. Selamat mencoba, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya