Artikel Hipwee ini dipersembahkan oleh #HematSetiapSaat Dealoka. Event unik yang bikin kamu makin gatal berhemat.

Teman: “Bro, malam ini ngapain? Nongkrong yuk sama anak-anak. Ngopi-ngopi..”

Kamu: (sadar kalau uang hampir habis) (tapi pengen) “Hmm..bokek sih gue. Tapi ya udah lah, bentar aja ya.”

Kenyataannya, walau cuma berniat ikut nongkrong sebentar uang sebesar 75 ribu melayang demi 2 gelas kopi dan sepiring  french fries yang dimakan bersama teman-teman. 

Advertisement

Bisa jadi orang yang punya kemampuan mengerem keinginan dan mampu hemat setiap saat adalah berkah tak terhingga dalam kehidupan. Kemampuan menutup mata terhadap godaan, dan keteguhan hati dalam menolak ajakan teman untuk nongkrong unyu masuk kategori keberuntungan.

Merasa sering gagal berhemat? Mau tahu cara berhemat yang benar-benar efektif? Hipwee dan Dealoka akan kasih tahu caranya.

1. Lakukan operasi grepe-grepe pada produk tube dan liquid milikmu. Sebelum membuang pastikan tidak ada setetes pun yang tertinggal di situ

Pencet sampai tak bersisa!

Pencet sampai tak bersisa! via 1000syukur.blogspot.com

Pasta gigi habis? Sabun cair sudah tidak menunjukkan tanda-tanda masih tersisa? Jangan langsung buang bungkusnya. Grepe-grepe dulu sebelum memindahkannya ke tempat sampah.

Advertisement

Pencet odolmu ke arah depan agar semua isinya benar-benar bisa keluar. Kalau perlu jepit tempat odol tersebut dengan paper clip besar di bagian ujungnya untuk memastikan seluruh isinya keluar tanpa sisa. Untuk benda-benda liquid macam sabun dan shampo, jungkirkan dulu botolnya sebelum dibuang. Agar lebih yakin, potong tempat sabun dan shampomu jadi 2 bagian demi memanfaatkannya sampai tetes terakhir.

2. Penghematan bisa diwujudkan dengan membungkus makan siang. Jangan malas membawa potluck sederhana berisi omelet dan sayuran

Jangan ragu bawa lunch box sendiri

Jangan ragu bawa lunch box sendiri via thefoodbookorg.tumblr.com

Kebiasaan makan siang di luar bersama teman memang terlihat remeh. Tapi coba deh hitung berapa pengeluaran yang habis untuk urusan makan siang dalam sebulan. Sebutlah sekali makan siang kamu menghabiskan 15 ribu rupiah. Kalikan 20 hari kerja — udah 300 ribu, Bro!

Salah satu penghematan sederhana yang masuk akal untuk dilakukan adalah dengan membawa bekal sendiri setiap makan siang. Tak perlu ribet kok, omelete, tumis sayuran, dan nasi pun sudah cukup mengenyangkan. Punya waktu lebih? Kamu bisa coba resep bento unik yang pernah Hipwee tulis.

3. Minimarket adalah tempat penuh godaan. Biar tetap hemat sudah semestinya kamu membatasi kunjungan

Kuatkan hati untuk tidak berkunjung dulu ke sini

Kuatkan hati untuk tidak berkunjung dulu ke sini via lusianargp.blogspot.com

Mampir ke minimarket untuk sekadar membeli kebutuhan-kebutuhan kecil macam tisu dan shampo mungkin tampak biasa saja. Tapi sebenarnya ada godaan besar yang tersimpan di baliknya. Comot cemilan, ambil minuman dingin di chiller, sampai membeli permen karet atau cokelat yang tersaji di hadapan kasir membuat pengeluaranmu bocor.

Kalau memang ingin hemat terapkan niat kuat untuk tidak mudah tergoda mampir ke minimarket. Buat jadwal tegas untuk membeli kebutuhan harian agar kunjungan ke minimarket lebih teratur.

4. Ganti kebutuhan proteinmu dengan telur. Dibandingkan ikan atau ayam, telur membuat dompetmu merasa sedikit lebih mujur

Frittata with Asparagus, Tomato, and Fontina: Giada De Laurentiis

Frittata with Asparagus, Tomato, and Fontina: Giada De Laurentiis via www.foodnetwork.com

Walau sedang berhemat bukan berarti kamu harus kehilangan nutrisi. Kebutuhan gizi harianmu tetap harus terpenuhi. Mengganti kebutuhan proteinmu dengan telur bisa jadi pilihan yang oke agar penghematan tetap berjalan, tapi kebutuhan gizi harian juga tidak dilupakan.

Telur memiliki kandungan protein lengkap yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Sebutir telur sudah memiliki kandungan animo acid yang memadai bagi pemenuhan gizi harianmu. Dibandingkan ikan atau ayam, harga telur juga relatif jauh lebih murah.

Tinggal pintar-pintarnya kamu saja mengolahnya ke dalam berbagai hidangan. Di pagi hari telur bisa direbus begitu saja, lalu dimakan bersama garam dan merica. Untuk santapan siang hari kamu bisa membuat salad telur atau telur balado yang bercita rasa pedas. Malam hari masih ingin telur? Egg fritata atau olahan telur sebagai pelengkap tumis sayuran bisa memberimu pengalaman makan malam yang menyehatkan, dan tetap lezat.

5. Manfaatkan deal-deal terbaik di sekitarmu. Aplikasi pemberi diskon layak masuk memori unduhan di ponsel kesayanganmu

Manfaatkan deal di sekitarmu. Salah satu deal terbaik ada di Dealoka

Manfaatkan deal di sekitarmu. Salah satu deal terbaik ada di Dealoka via www.dealoka.com

Selain mengubah gaya dan pola hidup, penghematan juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan kemudahan teknologi yang kini banyak ditawarkan. Sekarang banyak pilihan aplikasi yang menawarkan potongan harga dari merchant yang memang sudah memiliki kerja sama. Dealoka, contohnya.

Aplikasi yang bisa langsung kamu unduh di ponsel kesayangan ini akan memberi tahu deal terbaik dari merchants yang sudah memiliki kerjasama saat kamu berada di dekatnya. Waktu jalan-jalan di mall atau lewat dekat merchant, langsung deh ada notifikasi yang memberitahukan bahwa ada diskon yang bisa kamu manfaatkan di situ.  Diskonnya gak main-main loh, bisa sampai 90%!

Tinggal pilih voucher dan simpan ke dompet Dealoka, bawa ke merchant, langsung bayar deh di lokasi. Hemat dan gampang ‘kan?

6. Kalau mau hemat plus dapat hadiah uang tunai 600 ribu setiap minggunya, ikutan #HematSetiapSaat Dealoka aja!

#HematSetiapSaat Dealoka

#HematSetiapSaat Dealoka via www.dealoka.com

Karena Dealoka sudah membantumu mendapatkan deal terbaik di setiap kesempatan, kali ini Dealoka juga ingin mengajakmu merayakan penghematan yang sudah kamu lakukan. Gimana caranya? Di event #HematSetiapSaat, kamu bisa menceritakan apa yang ingin kamu lakukan dengan uang hasil penghematan yang sudah terkumpul selama sebulan.

Misalnya nih, kamu bisa cerita kalau uang itu akan digunakan untuk membeli gadget terbaru yang sudah lama jadi impianmu. Atau bisa juga ingin kamu gunakan untuk traveling ke Turki, destinasi yang paling ingin kamu tuju. atau justru ingin menggunakannya demi membelikan hadiah untuk kedua orangtuamu? Bebas! Semua boleh!

Caranya gampang. Pertama, follow dulu Instagram @Dealoka_ID dan Twitter @DealokaID. Lalu ciptakan foto atau video singkat dengan caption menarik yang menjelaskan apa yang ingin kamu lakukan dengan uang hasil penghematan yang sudah terkumpul. Tag akun @Dealoka_ID di Instagram dan @DealokaID di Twitter, plus jangan lupa sertakan hashtag #HematSetiapSaat dalam postinganmu.

Postingan terkeren akan mendapatkan hadiah uang tunai 600 ribu setiap minggunya. Uuuu, tergoda gak sih?

Gimana? Sudah makin siap dong buat hemat setiap waktu? Menurutmu, tips mana yang paling cocok diaplikasikan di kehidupanmu sehari-hari?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya