Cara Dapatkan Diskon dan Listrik Gratis untuk Pengguna Token dan Reguler. Coba Saja, Lumayan!

Biaya listrik gratis 3 bulan

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah memberikan keringanan tarif listrik untuk tiga bulan ke depan, terhitung sejak April hingga Juni. Subsidi yang diberikan berupa biaya listrik gratis untuk pengguna daya 450 VA dan potongan 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi, seperti dilansir dari Kompas.

Advertisement

Tak hanya pengguna listrik token, pelanggan pascabayar atau reguler pun bisa mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah ini. Cara mendapatkannya pun nggak ribet, bisa melalui website atau kirim pesan lewat WhatsApp. Biar nggak bingung, simak panduan singkat dari Hipwee Tips berikut.

1. Tak semua pengguna 900 VA dapat potongan, makanya kamu mesti cek status golongan dulu — masuk kategori subsidi atau bukan

cek subsidi atau bukan via www.instagram.com

Kamu bisa cek melalui struk pembayaran, kemudian lihat di bagian ‘tarif’ atau ‘daya’. Jika keterangan yang tertera bertuliskan ‘R1M’ atau ‘R1MT’, maka kamu bukan yang termasuk mendapat diskon tarif listrik. Jika struk pembayaran sudah hilang, silakan cek melalui laman PLN atau dompet digital maupun e-commerce dengan memasukkan nomor pelanggan untuk cek tagihan.

Simulasi cek melalui aplikasi dompet digital DANA: buka aplikasi, pilih ‘electricity’ atau ‘listrik’ kemudian tuliskan nomor pelanggan, tunggu beberapa saat hingga muncul nama pelanggan beserta tarif dan dayanya.

Advertisement

Penerima subsidi listrik:

  1. R1 450 VA (gratis)
  2. R1T 450 VA (gratis)
  3. R1 900 VA (diskon)
  4. R1T 900 VA (diskon)

Tidak menerima:

  1. R1M 900 VA
  2. R1MT 900 VA

2. Kalau ternyata kamu masuk golongan pelanggan bersubdisi, begini cara dapatkan token gratis atau diskon melalui website PLN

ini contoh pelanggan pascabayar via twitter.com

Untuk pengguna prabayar, kamu akan langsung dapat tokennya. Tapi, bagi pengguna pascabayar, kamu hanya perlu melakukan pengecekan tagihan. Nantinya di laman PLN akan muncul tulisan ‘sudah dibayar atau dapat potongan’.

  1. Buka laman PLN melalui laptop atau ponsel.
  2. Masuk ke menu pelanggan, kemudian pilih ‘stimulus Covid-19’. Kalau search dari Google, di bawah laman PLN akan langsung muncul pilihan untuk masuk ke ‘stimulus Covid-19’.
  3. Isikan nomor pelanggan atau nomor meter, tunggu beberapa saat sampai data berhasil dimuat.
  4. Jika sudah, token gratis akan langsung muncul pada layar.
Advertisement

3. Atau, kamu juga bisa mendapatkan subsidi listrik dengan mengirimkan nomor pelanggan via WhatsApp ke 08122-123-123

WhatsApp belum dapat jawaban via www.instagram.com

Cara ini bisa jadi alternatif buatmu yang kesulitan mengakses website. Tapi tetap butuh sabar juga, soalnya responnya lumayan lama. Mungkin karena lagi banyak pesan yang masuk. Nah, begini caranya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Kirimkan nomor ID pelanggan ke nomor yang telah disebutkan di atas, ikuti petunjuk selanjutnya yang disampaikan oleh PLN.
  3. Jika sudah terkonfirmasi, token akan langsung dikirimkan melalui pesan.
  4. Nah, tinggal masukkan nomor token ke meteran listrik sesuai ID pelanggan, ya!

Sekadar saran, sebaiknya akses website PLN di jam yang sepi saja, tengah malam misalnya. Masalahnya sampai sekarang laman PLN masih sulit diakses, bahkan untuk cek status subsidi atau bukan pun masih kesulitan. Perlu kamu ketahui juga, proses pembagian token bebas tagihan dan diskon ini juga dilakukan secara bertahap dari 1  hingga 11 April. Jadi, jika hari ini kamu belum bisa mengakses, coba lagi keesokan harinya, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE