Menghadiri sebuah pesta pernikahan bukan hanya ditunjang dengan penampilan kece dari busanamu aja, tapi juga riasan wajah. Hal ini penting karena sebagai tamu, kamu nggak boleh mengecewakan pengantin yang telah mengundang. Jauh-jauh hari udah dipersiapkan dengan matang, masa iya kamu datang dengan busana santai dan tanpa polesan make up sedikit pun?

Maka dari itu, nggak ada salahnya kalau kamu sesekali mencoba menggunakan riasan wajah saat pergi kondangan. Meskipun resepsinya diselenggarakan di rumah, kamu masih bisa kok menggunakan make up. Asalkan kamu tahu batasan dan riasan yang sesuai seperti apa.

Advertisement

Nah, berikut ini telah Hipwee siapkan 11 tips make up yang bisa kamu terapkan ketika pergi ke kondangan. Simak yuk!

 

1. Mau pergi ke mana pun atau lagi gak ke mana-mana, kamu tetap wajib membersihkan wajah agar kotoran hilang dan kebersihan muka terjaga.

no kuman!

no kuman! via skinagain.com

Tips satu ini bukan berlaku saat kamu ingin pergi kondangan aja, tapi juga ketika ingin berpergian ke mana pun, bahkan ketika nggak ke mana-mana juga harus melakukannya. Kenapa? Karena perawatan wajah satu ini memang udah menjadi rutinitas sehari-hari, yang seharusnya ketika mandi kamu melakukannya.

Membersihkan wajah dapat menghilangkan minyak yang berlebih dan kotoran. Jadi, sebelum minyak dan kotoran semakin menempel pada wajah karena tertutup make up, alangkah baiknya dibersihkan dulu wajahmu.

2. Supaya wajah gak kering, jangan lupa pakai pelembab ya. Sesuaikan pelembab dengan jenis kulit wajahmu.

pakai pelembab biar kulit gak kering

pakai pelembab biar kulit gak kering via www.huffingtonpost.com

Advertisement

Pelembab baik digunakan supaya kulit wajahmu nggak kering dan nggak terlihat kusam. Untuk itu, pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Pelembab yang cocok untuk kulit tentunya pelembab yang ngga menimbulkan efek samping untuk kulit. Jadi hati-hati ya dalam memilih pelembab.

3. Kalau lagi kondangan itu riasan memudar jadi kekhawatiran sendiri. Supaya kamu ngga perlu selalu touch up, perlu banget menggunakan primer.

pakai primer biar make up tahan lama

pakai primer biar make up tahan lama via skinchatter.com

Jadwal kondangan memang cuma 2 sampai 3 jam, tapi perjalanan menuju ke tempat resepsi kadang memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini yang kadang mengkhawatirkanmu karena riasan pada wajah bisa aja memudar. Oleh karenanya, kamu perlu memakai primer supaya nggak perlu bolak balik ke toilet untuk touch up.

Primer ini juga bisa digunakan pada bagian kelopak mata (tempat untuk memberikan polesan eyeshadow). Tapi, produknya berbeda ya karena ada eye primer yang diperuntukan khusus bagian mata. Jadi, nggak hanya area pipi dan dahi aja yang tetap terlihat kece, bagian mata juga dengan warna eyeshadow tetap memukau.

P.S: Ketika menggunakan primer, kamu harus memastikan pelembab wajah yang dipakai udah kering ya. Setelahnya diamkan beberapa menit

4. Setelahnya jangan lupa pakai alas bedak. Pilih yang cocok dengan jenis dan warna kulitmu agar membaur pada wajah.

alas bedak itu perlu

alas bedak itu perlu via wolipop.detik.com

Pemakaian alas bedak dapat menggunakan spons, jari, atau kuas alas bedak. Pilih yang sesuai dengan jenis dan warna kulit agar hasilnya dapat membaur pada wajah. Jangan lupa cocokan warna alas bedak dengan warna rahang dan leher ya. Kamu tentu nggak mau dong kalau warna wajah dengan rahang dan leher berbeda…

5. Untuk bedaknya, terserah kamu biasa menggunakan bedak tabur atau bedak padat. Yang penting warnanya sesuai kulit dan terlihat bagus di wajah.

bisa menggunakan bedak tabur maupun bedak padat

bisa menggunakan bedak tabur maupun bedak padat via thenadyadiaries.wordpress.com

Kalau kamu terbiasa memakai bedak tabur, silahkan digunakan. Sedangkan kamu yang terbiasa menggunakan bedak padat, tak mengapa. Yang terpenting, warnanya cocok untuk kulitmu dan hasilnya bagus. Kalau kamu memaksakan beda yang warnanya nggak sesuai kulit wajah, kadang jadi terlihat aneh karena riasannya seperti tak menyatu dengan kulit.

6. Supaya kecerahan wajah terpancar apalagi saat berfoto, poleskan blush on pada bagian pipi.

biar terlihat makin kece saat foto, perlu poleskan blush on ya

biar terlihat makin kece saat foto, perlu poleskan blush on ya via www.vemale.com

Warna-warna yang diberikan blush on pada dasarnya akan membuat penampilanmu semakin menarik. Kalau berkulit putih, kamu dapat memakai warna pink terang atau pink pucat. Sedangkan yang berkulit coklat bisa memakai warna kuning dan pink buah berry. Nah, kalau kamu berkulit gelap dapat menggunakan warna hitam kismis dan merah bata.

Selain mempercantik penampilanmu, warna blush on dapat menonjolkan tulang pipimu lho. Jadi, semakin ciamik bukan saat berfoto bersama teman-teman yang datang?

7. Make up kondangan juga ditunjang dengan riasan mata. Mari bermain warna dengan mata dan pakaianmu!

warna netral kayak ini juga cocok ke resepsi nikah

warna netral kayak ini juga cocok ke resepsi nikah via youqueen.com

Pemilihan warna eyeshadow harus disesuaikan dengan pakaianmu nih. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih ya!

Untuk memakainya, kamu bisa memulai dengan warna terang dan netral pada area kelopak mata atas. Selanjutnya, berikan warna terang dan berkilau ke dalam sudut mata untuk menonjolkannya. Untuk warna gelap dapat kamu poleskan ke dalam lekukan dan di atas lekukan.

P.S: Pemakaian eyeshadow ini harus berakhir sedikit di atas lekukan mata. Jadi, jangan sampai menyentuh alis ya!

8. Untuk mempertajam keindahan mata, kamu perlu memakai eyeliner dan maskara nih.

jangan lupa pakai eyeliner untuk menampilkan kesan mata semakin indah

jangan lupa pakai eyeliner untuk menampilkan kesan mata semakin indah via www.gayahidupku.com

Cantik nggak selalu lewat pancaran mata yang menatap syahdu nan bahagia kok. Ada kalanya kecantikan terpancar melalui pandangan mata yang menatap tajam. Hehe. Makanya, kamu perlu nih menggunakan eyeliner dan maskara untuk mempertajam kecantikan mata dan lekukan indah yang berhasil diciptakan oleh eyeshadow.

Kamu bisa memulainya dengan menggunakan eyeliner, yaitu membuat garis tipis di bagian atas bulu mata. Mulailah dari sudut mata hingga ujung kelopak mata. Sedangkan untuk penggunaan maskara sangat sederhana, kok tinggal menggerakannya pada bagian bulu mata bagian bawah. Ulangi sewajarnya aja sampai tercipta bentuk dan warna yang diinginkan.

9. Gak perlu tebal-tebal, sesuaikan aja penggunaan pensil alis yang sewajarnya.

kayak gini nih tutorialnya

kayak gini nih tutorialnya via globalgrind.com

Menggunakan pensil alis membantumu untuk merapikan rambut alis yang kadang tak tertata rapi. Kamu pun dapat membentuknya sesuka hati dan sewajarnya aja. Kalau udah terlihat bagus dan cantik tanpa harus tebal kenapa nggak?

10. Buatlah senyuman manismu tak terlupakan dengan efek lipstick yang digunakan.

berani pakai lipstik warna kayak mbak pevita gak? hehe

berani pakai lipstik warna kayak mbak pevita gak? hehe via showbiz.liputan6.com

Bibir menjadi salah satu area wajah yang diperhatikan oleh orang yang melihatmu. Oleh karena itu, pemilihan warna lipstick harus yang sesuai dengan warna kulit ya. Jangan sampai karena tergiur dengan tren warna lipstick merah menyala, kamu jadi ikut-ikutan. Untuk memakainya, kamu bisa memulainya dari bagian tengah hingga ke ujung bibir.

11. Riasan wajah ini juga perlu disesuaikan dengan tema pernikahan dan pakaian yang kamu kenakan lho. Jadi, jangan sampai salah ya!

kalau temanya internasional atau garden party, mungkin bisa contek gayanya mbak raline

kalau temanya internasional atau garden party, mungkin bisa contek gayanya mbak raline via www.wowkeren.com

Dalam undangan pernikahan, terkadang ada yang mengharuskan dresscode tertentu. Tapi, nggak ada salahnya juga kalau kamu memang menyesuaikan busana dan riasan wajahmu dengan tema pernikahan tersebut. Tanpa harus bertanya, kamu bisa kok melihat tema pernikahannya melalui warna dan model undangan yang dibagikan.

Oh iya, kamu perlu juga menyesuaikan warna busana yang dikenakan nanti dengan waktu acaranya. Kalau siang atau sore hari, kamu bisa memakai warna-warna pastel nan lembut. Sedangkan kalau malam hari, warna-warna gelap dapat menjadi pilihan seperti hitam, biru, dan hijau tua. Supaya makin kece, berikan nuansa terangnya pada warna gold dan silver. Misalnya dari busana yang dikenakan ada unsur gold dan silver atau salah satu warna tersebut terdapat pada hijab, clutch, heels atau wedges yang dipakai.

Memberikan penampilan terbaikmu saat menghadiri pernikahan merupakan salah satu bentuk penghormatan diri kepada mereka yang telah mengundangmu. Mulai dari menata rambut atau hijab, riasan wajah, busana, dan alas kaki yang dikenakan memang sepatutnya dilakukan. Toh, hal ini nggak setiap hari ‘kan? Lagipula buatmu yang jomblo, sambil tebar pesona ke para tamu kece lainnya boleh dong? ;p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya