Cara Memilih Buah Jeruk Lokal yang Manis dan Banyak Airnya. Bisa Dicek dari Tekstur Kulitnya

Buah jeruk

Kabar gembira buat kamu para pecinta buah-buahan lokal, bahwa di sepanjang bulan Mei sampai Agustus ini, jeruk manis bakal merajai pasaran, alias bulan-bulan ini lagi musim buah jeruk. Nggak heran kalau di toko-toko buah, jeruk manis jadi salah satu yang bakal sering kamu lihat di pajangan. Sayang, nggak banyak orang yang suka makan jeruk manis. Padahal buah jeruk banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Mungkin karena ribet makannya, atau nggak bisa memilih buah jeruk yang dagingnya manis dan segar.

Advertisement

Seperti halnya alpukat, memilih buah jeruk itu susah-susah gampang. Tapi bukan berarti nggak ada trik yang bisa kamu terapkan. Setelah mempelajari beberapa jenis buah jeruk dan juga manfaatnya buat tubuh, artikel ini akan memberimu panduan mengenai cara memilih buah jeruk yang manis dan banyak airnya. Jadi peluangmu untuk mendapatkan buah jeruk yang enak dan nggak kecut makin besar. Simak dulu, yuk!

Aneka macam jeruk manis dilihat dari bentuk, warna, dan rasanya yang umum beredar di pasaran

1. Jeruk Pontianak

jeruk Pontianak via www.pegipegi.com

Jenis jeruk manis yang banyak dibudi dayakan di Pontianak ini memiliki cita rasa yang manis serta kandungan air yang banyak. Kulit jeruk Pontianak berwarna hijau kekuningan yang mengilat dengan permukaan yang tipis, karenanya jeruk ini sangat mudah dikupas.

Advertisement

2. Jeruk Medan

jeruk Medan via shopee.co.id

Jenis jeruk manis lainnya adalah Jeruk Medan. Meskipun dikenal dengan nama jeruk Medan, namun jeruk ini biasanya tumbuh di daerah dingin seperti di Brastagi, Sumatra Utara. Karakteristik jenis jeruk ini berwarna oranye, hijau kekuningan, atau kuning pada bagian permukaannya. Rasanya pun tak kalah manis dengan Jeruk Pontianak.

Advertisement

3. Jeruk keprok

jeruk keprok via www.pertanianku.com

Jeruk keprok biasanya ditanam di daerah dataran tinggi. Kulit buah jeruk keprok biasanya lebih tebal, berwarna cemerlang dan beragam mulai dari hijau kekuningan sampai oranye. Perpaduan rasa manis dan sedikit masam dari jeruk keprok membuat cita rasanya segar yang khas. Karena tekstur permukaannya yang lebih kasar, kulit jeruk keprok cenderung kaku dan lebih sulit dibuka.

4. Jeruk Bali

jeruk Bali via www.rubrikmedia.com

Buah jeruk Bali sangat mudah dikenali karena ukurannya yang jauh lebih besar dari ukuran jeruk pada umumnya. Permukaan kulitnya tebal dan akan lebih mudah dikupas dengan pisau. Dagingnya berupa bulir-bulir berwarna merah muda yang terlihat jelas, rasanya juga cenderung asam. Jeruk Bali sering dijadikan campuran pada salad, asinan, maupun rujak.

5. Jeruk Mandarin

jeruk Mandarin via www.pasarinduk.id

Jeruk asal Tiongkok ini berukuran lebih kecil dari jeruk lainnya, warnanya oranye cerah. Permukaan kulitnya juga tipis sehingga mudah dikupas. Selain itu, rasa jeruk Mandarin juga lebih manis. Tak hanya daging buahnya saja yang enak, kulit jeruk Mandarin juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan lo. Karena dipercaya membawa keberuntungan, jeruk Mandarin menjadi salah satu hidangan khas ketika perayaan Imlek.

6. Jeruk ponkam

jeruk ponkam via www.tokopedia.com

Jeruk impor asal Tiongkok lainnya adalah jeruk ponkam. Ciri khas jeruk ponkam ini biasanya dikemas satu per satu ke dalam plastik bening. Warnanya juga oranye seperti jeruk Mandarin, dengan permukaan kulit jeruk yang lebih tebal. Kalau beruntung, kamu bisa menikmati jeruk ponkam yang manis. Tapi kalau kurang cermat memilihnya, kamu juga bisa mendapatkan jeruk ponkam yang asam hingga hambar.

7. Jeruk sunkist

jeruk sunkist via www.cakapcakap.com

Jeruk sunkist ini asalnya dari California, Amerika. Permukaan jeruk sunkist ini bertekstur licin dan tebal. Karena daging jeruk sunkist sulit dipisahkan dari kulitnya, jeruk yang warnanya oranye cerah ini nggak bisa dikupas tanpa menggunakan alat bantu. Tapi jangan salah, jeruk sunkist ini punya rasa yang manis dan menyegarkan. Nggak heran kalau jeruk ini sering dijadikan sebagai jeruk peras untuk diambil sarinya.

Manfaat jeruk yang baik untuk tubuh. Kalau kamu ingin memenuhi nutrisi harian, buah jeruk adalah salah satu pilihan tepat

manfaat jeruk via www.mirror.co.uk

1. Mencegah anemia

Buah jeruk merupakan sumber yang baik untuk vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Kedua asam ini membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan zat besi di saluran pencernaan. Sehingga, rutin konsumsi makanan sumber zat besi yang diselingi dengan buah jeruk efektif untuk mencegah anemia.

2. Memelihara kesehatan jantung

Buah jeruk mengandung hesperidin yang berfungsi sebagai senyawa flavonoid yang dapat memproteksi jantung. Kandungan serat dalam buah jeruk juga diyakini dapat meningkatkan kolesterol baik yang baik untuk jantung. Beberapa jenis flavonoid dalam buah jeruk, termasuk yang disebut naringin, adalah antioksidan kuat yang bermanfaat bagi jantung.

3. Mencegah batu ginjal

Salah satu jenis batu ginjal disebabkan oleh kadar sitrat yang rendah dalam urin. Itulah kenapa, sitrat dalam bentuk kalium sitrat sering diresepkan dokter untuk mengatasi batu ginjal pada pasiennya. Nah, jeruk mengandung asam sitrat yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

4. Meningkatkan fungsi otak

Flavonoid dalam buah jeruk dapat membantu menangkal penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson, yang dihasilkan dari kerusakan sel dalam sistem saraf. Flavonoid yang ditemukan dalam buah jeruk memiliki kemampuan antiinflamasi yang dianggap membantu melindungi buruknya kondisi sistem syaraf.

5. Menurunkan risiko diabetes

Konsumsi serat yang cukup membantu meredakan faktor risiko diabetes. Satu buah jeruk dengan berat 131 gram mengandung serat sebanyak 3,14 gram yang hampir mencukupi 10% kebutuhan serat harian orang dewasa. Serat juga dicerna lebih lama sehingga dapat menjaga berat badan dan menurunkan risiko diabetes.

6. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C dalam buah jeruk berkontribusi terhadap produksi kolagen yang adalah jenis protein pembentuk struktur kulit. Vitamin C juga berperan dalam pemulihan luka, serta membantu meningkatkan kekuatan kulit.

Cara memilih jeruk yang manis dan banyak airnya

1. Perhatikan tekstur kulit jeruk

kulit tipis dan mudah dikupas via majalah.tempo.co

Cara memilih jeruk yang manis pertama kali adalah kenali kondisi kulitnya. Ciri-ciri jeruk yang sudah matang biasanya ditandai dengan kulitnya yang halus. Jeruk dengan kulit yang halus juga memiliki rasa yang cenderung manis dan banyak kandungan airnya. Sebaliknya, kulit jeruk yang cenderung kasar dan tebal biasanya kering dan kurang segar, kandungan airnya sedikit, serta hambar rasanya.

2. Teliti warna kulit jeruk

warnanya mengilat via metrobali.com

Kulit jeruk lokal yang berkualitas bagus cenderung berwarna oranye kehijauan dan mengilap ketika terkena cahaya matahari atau pantulan sinar lampu. Jeruk seperti ini juga menandakan bahwa tingkat kematangannya sudah baik dan bercita rasa manis. Pilih juga jeruk dengan kulit yang mulus tanpa bercak-bercak seperti tahi lalat.

3. Perhatikan bentuk buah jeruk

bentuknya agak oval via food.detik.com

Ketimbang jeruk yang bentuknya bulat sempurna, jeruk yang berbentuk agak oval disinyalir punya daging buah yang lebih matang dan manis rasanya.

4. Jeruk Mandarin punya kriteria khusus

warnanya oranye cerah via kumparan.com

Pilihlah buah yang berwarna oranye yang mencolok atau cenderung gelap. Warna kulit seperti ini tandanya jeruk Mandarin sudah matang sempurna dan manis rasanya. Selain itu, pilih juga yang kulitnya sudah kendur sehingga ada jeda antara daging dan kulitnya.

5. Lihat bagian bawah jeruk

bagian bawahnya cekung via www.kompasiana.com

Kulit jeruk bagian bawah yang cenderung lumpang atau cekung biasanya bercita rasa lebih manis dan segar karena memiliki kandungan air yang melimpah.

6. Menekan kulit jeruk

menekan kulit jeruk via gramho.com

Untuk memastikan bahwa jeruk memiliki kandungan air yang banyak ata nggak, kamu bisa coba menekan kulit jeruk sebelum membelinya. Jeruk dengan kulit yang tebal cenderung memiliki kandungan air yang lebih sedikit, sedangkan jeruk yang memiliki kandungan air yang banyak cenderung berkulit lebih tipis.

Demikian beberapa jenis, manfaat, dan juga cara memilih jeruk yang daging buahnya matang sempurna dan banyak kandungan airnya. Semoga kamu nggak kecele lagi saat membeli, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE