5 Trik Memilih Alpukat yang Matang dan Berdaging Tebal. Bisa Langsung Dimakan Tanpa Memeram

Memilih alpukat matang

Kandungan protein dan lemak nabatinya yang nggak bikin gemuk membuat alpukat disukai banyak orang. Butuh trik supaya bisa mendapatkan alpukat dengan tingkat kematangan sempurna dan punya daging buah tebal. Sebenarnya, memang bisa memeramnya sendiri, tapi kalau buru-buru akan diolah atau dimakan kan mending beli yang matang sekalian~

Advertisement

Nah, buatmu yang ingin segera menikmati alpukat selepas membelinya, Hipwee Tips punya cara yang bisa dipratikkan untuk memilih alpukat yang matang dan berdaging tebal.

1. Pertama, lihat dulu dari warna kulit alpukatnya

cek warna kulit via healthloco.com

Pilihlah alpukat dengan warna kehitaman cerah yang mengilap. Jangan pilih yang hijau karena biasanya masih mentah. Jangan juga yang hitam kusam, karena biasanya lembek dan kematangan. Alpukat memang harus dipetik saat belum matang. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa mendapatkan alpukat matang dari penjual buah.

2. Cek kematangan alpukat dari tekstur kulit dan buahnya

tekstur kulit dan buahnya via spoonuniversity.com

Selain berwarna kehitaman, buah alpukat matang biasanya punya tekstur kulit sedikit kasar dan ber-gerindil. Ada juga beberapa alpukat yang kalau ditekan akan lebih empuk. Coba tekan beberapa bagian luarnya untuk memastikan bahwa alpukat benar-benar sudah matang.

Advertisement

3. Kematangan alpukat bisa dicek lewat bagian bawah batangnya

lihat bagian bawah batangnya via www.flickr.com

Perhatikan warna di bagian bawah batang alpukat. Jika warnanya sudah hijau, itu berarti alpukat sudah siap dimakan. Tapi kalau masih cokelat, kamu mesti menunggu beberapa hari karena alpukatnya belum terlalu matang.

4. Coba goyangkan buah dan dengarkan bunyinya

digoyangkan dan bunyi via www.republika.co.id

Ada beberapa alpukat matang yang kalau digoyangkan akan berbunyi. Katanya sih ini karena bijinya sudah lepas dari daging buah. Alpukat yang matang juga akan terasa lebih ringan. Tapi cara ini cukup tricky, sebab meski berbunyi, ada beberapa alpukat yang ternyata belum matang. Makanya biar nggak salah pilih, lengkapi dengan cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

5. Kalau sudah dibeli, cobalah kupas sedikit kulit alpukat

Advertisement

kupas kulitnya via toriavey.com

Jangan kupas di toko buahnya, nanti kamu kena marah yang jual lo! Untuk alpukat yang sudah masak biasanya akan lebih mudah dikupas. Umumnya, bagian kulit luar akan mudah dipisahkan dengan daging dalamnya. Tapi, kalau ternyata sudah terlanjur dibuka dan alpukat belum masak, kamu bisa mematangkannya dengan menutup alpukat kembali pakai karet gelang. Setelah itu, tinggal taruh di suhu ruang saja dan beberapa hari alpukat akan matang dengan sendirinya.

Memang perlu trik khusus supaya bisa dapat alpukat yang matangnya pas dan dagingnya tebal. Sebab, kalau salah pilih, bisa-bisa kamu malah dapat alpukat yang keras dan pahit dagingnya. Selamat mencoba!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE