Buat Para Cashless Society, Ini Tips Cuan dan Aman Bertransaksi dengan ShopeePay

ShopeePay

Bertransaksi menggunakan uang elektronik bukan lagi hal baru. Sebagian besar generasi muda yang akrab dengan belanja online dan layanan pesan antar bahkan cenderung memiliki lebih dari satu dompet elektronik, karena masing-masing menawarkan keuntungan yang berbeda-beda.

Advertisement

Akan tetapi, masih banyak pengguna uang elektronik yang belum tahu cara memaksimalkan transaksi supaya makin untung. Karena ternyata, selain lewat promo reguler berupa diskon atau cashback yang secara otomatis bisa dinikmati, dompet elektronik seperti ShopeePay punya beberapa fitur pendukung yang mesti diulik agar transaksimu makin cuan.

Tips cuan maksimal dengan ShopeePay

| Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari, yang akrab disapa Lala menjelaskan, ShopeePay sebagai financial technologi (fintech) kategori sistem pembayaran telah memungkinkan penggunanya untuk mendapat keuntungan maksimal dalam bertransaksi melalui sejumlah fitur inovatif.

Fitur inovatif pertama yang dimaksud adalah “Deals Sekitarmu” yang tersedia di platform Shopee. Melalui fitur ini, kamu dapat mengetahui merchant di sekitar yang sedang menawarkan promo-promo menarik. Promo dalam fitur ini berupa voucher yang dapat kamu tebus dengan harga murah untuk kemudian ditukarkan saat bertransaksi di merchant tersebut.

Advertisement

“Memanfaatkan fitur inovatif ini adalah cara memaksimalkan ShopeePay agar pengguna bisa untung berlipat,” kata Lala dalam kegiatan virtual Kupas Tuntas Uang Digital, Kamis (18/8).

Selain “Deals Sekitarmu”, kamu yang sudah bisa menyambangi mal juga dimungkinkan makin cuan jika bertransaksi dengan ShopeePay. Caranya dengan memanfaatkan fitur inovatif lain berupa “Promo Mal Sekitarmu”. Mirip dengan fitur sebelumnya, Promo Mal Sekitarmu memungkinkan pengguna ShopeePay mengetahui merchant apa saja yang tengah menawarkan promo di dalam sebuah mal.

Tak hanya dengan dua fitur inovatif di atas, pengguna ShopeePay juga bisa makin untung dalam bertransaksi dengan memanfaatkan kampanye rutin bulanan, seperti Super Online Deals tiap pertengahan bulan, ShopeePay Day yang dimulai tiap tanggal 22, Shopee Mantul Day di setiap momen gajian, dan kampanye tanggal cantik seperti yang akan datang yaitu 9.9. Di setiap kampanye tersebut kamu berkesempatan mendapat promo tambahan di luar cashback reguler ShopeePay.

Advertisement

Tips aman menggunakan ShopeePay

| Photo by Yura Fresh on Unsplash

Selain berupaya mendapatkan cuan semaksimal mungkin, dalam bertransaksi menggunakan dompet elektronik seperti ShopeePay, keamanan menjadi hal yang nggak kalah penting. Dalam hal ini Lala menekankan ShopeePay sudah memiliki sistem keamanan standar tinggi untuk mengantisipasi dan menindaklanjuti segala persoalan yang berkaitan dengan keamanan pengguna.

Lala mencontohkan, apabila mendapat telepon, pesan, atau arahan mengunjungi situs yang terindikasi ingin menipu mengatasnamakan ShopeePay, pengguna bisa langsung menghubungi customer service yang siaga selama 24 jam untuk mengonfirmasi kebenerannya. Selain itu, ShopeePay juga memiliki tim khusus anti penipuan yang dapat segera mengambil tindakan jika ada transaksi yang dianggap mencurigakan.

Lebih lengkap, berikut lima tips sederhana dari Lala yang bisa kamu lakukan agar merasa aman dalam bertransaksi menggunakan uang elektronik:

  1. Lakukan background checking jika ada pihak yang menghubungi dengan mengatasnamakan ShopeePay. Perlu diketahui kalau informasi resmi dari ShopeePay bisa diakses melalui platform Shopee
  2. Buat password yang kuat dengan tidak menggunakan angka yang berurutan, sama, atau mudah ditebak seperti tanggal lahir
  3. Ganti PIN dan password secara berkala, dan sebaiknya bedakan antara PIN ShopeePay dan password Shopee
  4. Jangan pernah membagikan kode OTP sekalipun kepada pihak yang mengaku dari ShopeePay.
  5. Last but not least, aktifkan fingerprint/face recognition untuk keamanan ganda. Kamu bisa mengaktifkannya melalui menu pengaturan di halaman ShopeePay.

“Selain itu, kita juga secara rutin terus mengedukasi para pengguna ShopeePay mengenai keamanan dalam bertransaksi,” tutup Lala.

Nah, itu dia tips makin cuan sekaligus aman saat bertransaksi menggunakan ShopeePay. Beberapa tips keamanan di atas juga berlaku untuk diterapkan pada berbagai platform digital, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE