Selain sarden, nugget jadi lauk instan yang kerap jadi andalan anak indekos dan ibu rumah tangga. Kalau pas lagi nggak ada lauk dan malas keluar cari makan, ya dua makanan ini yang jadi penyelamatnya. Tapi kalau dimasaknya cuma diangetin atau digoreng aja, bosan juga lama-lama.

Nah, jika dulu Hipwee Tips udah pernah bikin kreasi masakan sederhana dari sarden, kali ini belajar bareng mengolah nugget jadi lauk yang nggak cuma digoreng aja yuk! Lumayan nih, buat mengisi meja makan, daripada melompong gitu-gitu aja.

1. Nugget goreng mah rasanya ya gitu, beda cerita kalau kamu bikin Rolade Nugget Saus Tiram dan disajikan hangat-hangat di atas meja makan

eh nemu rolade juga, sekalian masak deh~ via cookpad.com

Advertisement

Bahan yang dibutuhkan:

  • 8 potong rolade siap olah, potong-potong
  • 5 nugget ayam, goreng, potong dadu, sisihkan
  • 2 butir bawang merah, iris tipis
  • 1 butir bawang bombay, potong agak besar
  • 3 butir bawang putih, cincang halus
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • 1/2 cm jahe, cincang halus
  • 1 buah tomat
  • 2 cabai hijau, buang bijinya, iris miring
  • 1 saset saus tiram
  • 150 ml air matang
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 mentega
  • 2 sdm minyak
  • Garam, merica bubuk, dan gula pasir secukupnya

Cara membuatnya:

Advertisement
  1. Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, cabe hijau, dan tomat yang sudah diiris. Masak hingga harum.
  2. Masukkan rolade, aduk rata. Tambahkan air matang, lalu beri garam, merica, saus tiram, kecap manis, dan gula pasir. Aduk rata lagi.
  3. Masukkan nugget ayam dan daun bawang. Aduk lagi hingga saus mengental. Masukkan mentega, aduk dan masak hingga matang. Sajikan.

Sumber: https://ramesia.com/resep-nugget-ayam/

2. Kalau tadi pakai rolade, sekarang diolah bareng sosis. Cukup ditumis dan ditambahi jagung manis pipil buat pelengkapnya

Tumisan nugget dan sosis via www.diahdidi.com

Bahan yang dibutuhkan:

  • 12 buah nugget stik, potong-potong
  • 4 buah sosis, potong-potong
  • 1 buah bawang bombai, cincang
  • 2 buah bawang putih, cincang
  • 5 buah cabai merah besar, iris
  • 50 gram kapri, bersihkan
  • 100 gram jagung manis pipil
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap inggris
  • 1 sdm tepung terigu, larutkan dengan 2 sdm air
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum dan layu. Masukkan cabai merah, aduk rata.
  2. Tambahkan kapri, jagung manis, sosis, dan nugget stik, aduk rata.
  3. Bumbui dengan minyak wijen, saus tiram, kecap inggris, garam, dan gula pasir, aduk rata. Masak sebentar.
  4. Tuangkan larutan tepung terigu, aduk rata. Masak sampai mengental. Angkat dan sajikan.

Sumber: https://resepkoki.co/resep-tumis-nugget-dengan-sosis

3. Kamu yang suka mi, bisa dong bikin resep Mi Tumis Wortel Nugget Ikan yang menggugah selera ini

ini sih nggak perlu pakai nasi juga udah kenyang via republika.co.id

Bahan yang dibutuhkan:

  • 5 buah nugget ikan, goreng, potong-potong
  • 300 gram mi telur, rebus dan tiriskan
  • 100 gram kapri, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 60 gram brokoli, potong-potong
  • 1 buah wortel, iris tipis
  • 2 butir telur ayam, kocok
  • 5 buah bawang putih, haluskan
  • 100 ml air kaldu

Bahan saus:

  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Garam, lada, dan gula pasir secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Tuangkan minyak wijen pada mi telur yang sudah direbus, aduk rata.
  2. Campur semua saus di dalam mangkuk hingga tercampur rata. Kecuali minyak wijen.
  3. Tumis bawang putih, masukkan telur, orak arik sampai matang.
  4. Masukan semua sayuran, lalu masukan air kaldu, aduk. Masukkan mi, aduk lagi sampai rata.
  5. Masukan saus dengan takaran sendok sesuai selera, aduk. Lalu masukan nugget dan aduk sampai matang.

Sumber: https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/17/06/19/orsbqi-jangan-cuma-digoreng-coba-resep-dari-nugget-ini

4. Mau yang ala-ala pasta? Coba dulu bikin Chicken Nugget Casserole sederhana yang nggak perlu oven ini

ala-ala pasta via emeals.com

Bahan yang dibutuhkan:

  • 10 buah nugget ayam, goreng dan sisihkan
  • 2 cangkir makaroni, rebus dan sisihkan
  • 10 lembar keju cheddar
  • 1 sdm susu putih
  • Parutan keju untuk taburan
  • Mentega secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan mentega diatas panci, masukkan keju cheddar dan susu. Masak hingga keju meleleh.
  2. Masukkan makaroni rebus. Aduk dan angkat.
  3. Campur dengan nugget yang sudah dipotong-potong lalu sajikan dengan taburan keju parut.

Sumber: https://blog.lakupon.com/olahan-nugget-ayam/

5. Nugget Ayam Saus Lemon juga layak dijajal khusus kamu yang lebih suka masakan dengan sensasi segar dari jeruk lemon

rasanya asem-asem seger via 2sistersrecipes.com

Bahan yang dibutuhkan:

  • 10 buah nugget, goreng dan potong dadu
  • 1 sdt cuka beras
  • 1 buah air perasan lemon
  • 3 sdm gula
  • 1 sdm tepung maizena

Cara membuatnya:

  1. Campurkan semua bahan di mangkuk kecuali nugget. Panaskan dengan api kecil dan masak hingga mengental.
  2. Masukkan nugget ayam yang sudah di goreng dan sajikan.

Sumber: https://ramesia.com/resep-nugget-ayam/

Sebelum menggoreng nugget, baiknya tunggu sampai minyaknya panas sempurna biar nugget nggak menyerap terlalu banyak minyak. Jadi, masakan nugget mana nih yang mau kamu coba duluan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya