14 Benda yang Kita Pikir Aman Selamanya. Padahal Bisa Kadaluarsa dan Jadi Sumber Bahaya!

11. Bersyukurlah kita karena kabel listrik memiliki ‘umur’ yang cukup panjang, yakni 7 tahun

Selain colokan listrik, kabel listrik juga harus kamu ganti secara berkala dan akan kadaluarsa setelah 7 tahun. Jika kamu nggak menggantinya, kemungkinan terbesar adalah kabel tersebut menjadi salah satu penyebab konslet yang dapat memicu kebakaran. Ih, serem, ‘kan?

12. Walau mampu menghasilkan makanan lezat tiap hari, wajan anti lengket sebaiknya diganti setelah 2-3 tahun

Advertisement

Masa kadaluarsa wajan anti lengket ini tergantung pemakaian, semakin sering dipakai, wajan jadi mudah tergores dan mengelupas. Kamu perlu menggantinya setelah 2-3 tahun. Agar tahan lama, jangan menggosok dengan spatula atau benda tajam lain saat memakai atau membersihkannya.

13. Penting! Gantilah baterai konvensionalmu setelah dipakai 6 bulan lamanya

Baterai konvensional biasanya mengandung zat kimia seperti karbon. Lambat laun, zat ini akan kadaluarsa dan berbahaya bagi kesehatan. Terutama jika baterai ini jadi basah. Baterai yang basah biasanya akan berkarat, mengeluarkan racun, dan merusak benda elektronik mahalmu.

Lalu, baterai pada ponsel biasanya akan menggembung jika tanggal kadaluarsanya datang. Hal ini juga berbahaya dan dikhawatirkan akan meledak.

Advertisement

14. Sepatu olahraga kesayanganmu punya masa kadaluarsa setelah 2 tahun disimpan atau dikenakan

sepatu olahraga

sepatu olahraga via alibaba.com

Setiap sepatu memiliki tingkat kekuatan yang berbeda. Rata-rata kita harus menggantinya jika telah digunakan berjalan atau berlari hingga 400 km atau sekitar 1 tahun. Setelah melewati itu, bantalan sepatu akan menipis dan performanya akan menurun. Jika terus digunakan akan membuat kaki kita sakit, bahkan parahnya akan membuat kita jatuh saat berlari.

Nah, itulah benda-benda yang biasa kita pakai dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata memiliki masa kadaluarsa. Makanya, segera buang atau ganti dengan yang baru jika sudah waktunya, ya!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE