Trik Menyulap Buku Catatan Polos Jadi Semenarik Pinterest. Semangat Nyatat, Gampang Dipelajari

Buku catatan

Meski fungsinya sudah tergantikan oleh gadget, hingga saat ini masih banyak jenis buku catatan yang dijual di pasaran berdasarkan material maupun ukuran. Kebanyakan orang mungkin akan lebih memilih buku catatan kecil karena fleksibel dibawa ke mana-mana. Tapi bagi beberapa lainnya, buku catatan ukuran besar atau standar dipilih karena sesuai dengan kebutuhan, seperti para pelajar atau mahasiswa yang perlu mencatat banyak materi pelajaran.

Advertisement

Ada trik khusus yang dapat kalian gunakan supaya desain buku catatan kelihatan lebih menarik. Selain dari sampul yang beragam, pencatatan dan pengaturan tata letak tulis dalam buku catatan pun ternyata lumayan berpengaruh. Bukan berarti harus beli buku catatan dengan harga mahal, desain unik semacam ini bisa kalian ciptakan sendiri lo! Berikut beberapa manfaat hingga trik bikin menarik buku catatan yang bisa kamu coba.

Menggunakan buku catatan sebagai media tulis ternyata memiliki segudang manfaat ajaib. Aplikasi catatan online di ponsel nggak akan bisa begini~

1. Mempertajam daya ingat 

mempertajam daya ingat via buku.kompas.id

Mencatat sambil mendengarkan penjelasan secara nggak langsung bisa melatih indra pendengaran dan otak untuk saling bekerja sama. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini dapat mempertajam daya ingat. Kamu tak akan mudah lupa karena sudah menuangkan apa yang didengar dengan catatan.

2. Membuatmu lebih terstruktur dan teratur

lebih teratur via lifehacker.com

Kebiasaan menulis di buku catatan ternyata secara perlahan bisa mengubah pola hidup seseorang. Kamu yang dulunya sembrono, bisa jadi lebih teratur dan terstruktur karena terbiasa mencatat segala hal, baik yang baru direncakan atau yang sudah dilewati. Penelitian juga menyebut kalau orang yang sering membuat catatan cenderung tepat waktu daripada yang tidak.

Advertisement

3. Menstimulasi kinerja otak 

stimulasi otak via www.readitforward.com

Menuliskan kembali apa yang didengar merupakan cara terbaik untuk melatih kinerja otak. Saat menulis, otak kanan dan kiri akan ikut bekerja untuk kembali mengingat hal yang dituliskan. Hal ini dapat menstimulasi kinerja otak karena keseimbangannya terjaga.

4. Meredakan stres

meredakan stres via www.writingforward.com

Karena dianggap efektif, terapi menulis catatan harian sering dianjurkan dokter kejiwaan pada pasiennya. Rutinitas ini dapat membuat pikiran jadi lebih rileks dan mengurangi beban yang mengganjal di hatimu. Hebatnya lagi, hal ini dapat memperbaiki kondisi mental bagi penderitaan gangguan mental seperti depresi, bipolar, atau gangguan kecemasan.

Selain keempat hal di atas, buku catatan juga punya kelebihan yang praktis dibawa ke mana-mana dan bisa digunakan kapan saja, nggak seperti ponsel yang bisa habis baterai sewaktu-waktu. Buku catatan juga dapat dijadikan kado yang cukup menarik untuk kerabat dekatmu lo!

Jenis buku catatan sebenarnya cukup beragam, tapi kebanyakan orang cuma tahu binder dan notes saja. Ini beberapa contohnya

1. Book Bound Planner

buku catatan agenda via www.erincondren.com

Buku catatan ini sering digunakan ketika butuh buku agenda khusus, misalnya untuk memantau perkembangan bayi atau merencanakan pernikahan. Selain praktis, di dalam buku juga sudah disediakan format rapi yang memudahkanmu untuk mengatur banyak hal.

2. Notebook

notebook kantor via papertown.id

Jenis buku catatan populer yang desainnya simpel ini sering dimanfaatkan sebagai buku catatan kerja untuk menulis agenda kantor maupun hasil meeting. Biasanya ukuran notebook lumayan fleksibel untuk di bawa ke mana-mana.

3. Traveler’s journal

jurnal traveler via id.aliexpress.com

Buku catatan polos ini seringnya dibuat dengan sampul kulit yang klasik. Biasanya juga dilengkapi dengan tali pembatas. Meski mulanya ditujukan untuk pelancong, tapi kini jurnal traveler ini juga banyak diminati para mahasiswa maupun pekerja.

4. Bullet journal

bullet jurnal via www.newyorker.com

Buku catatan ini hampir mirip dengan book bound planner, bedanya bullet journal ini nggak ada kotak atau garis untuk mencatat agenda. Buku catatan polos ini hanya berisi lembaran kosong atau cuma titik di kertasnya sehingga memudahkanmu untuk mendesain catatan sesuai kreativitas.

Begini trik menyulap buku catatan sekolah maupun catatan kerja jadi lebih menarik. Nggak akan malas mencatat atau baca-baca lagi

1. Salin ulang catatan yang ditulis sebelumnya 

salin ulang via theconversation.com

Selain catatan jadi lebih rapi, metode ini juga ampuh untuk meningkatkan daya ingat. Jika kamu suka menggambar, akan lebih bagus jika memilih buku catatan polos tanpa garis supaya bisa dikreasikan sendiri desainnya. Tulisanmu nggak harus bagus kok, yang penting rapi dan strukturnya jelas. Jadi nggak bikin bingung saat dibaca-baca lagi.

2. Akan lebih baik jika catatan dibuat poin, bukan penjabaran 

ditulis poin via br.pinterest.com

Catatan yang ditulis terlalu panjang justru mempersulitmu untuk mengingat. Makanya, akan lebih efektif jika kamu menuliskan poin-poin sesuai kata kunci biar nanti lebih gampang dipelajari lagi. Supaya tak kesulitan mencari topik atau kalimat penting, gunakan pulpen dengan warna atau ketebalan berbeda untuk mempermudah pencarian istilahnya nanti.

3. Highlight menggunakan stabilo berwarna kalau perlu 

beri warna stabilo via nl.pinterest.com

Selain stabilo, kamu juga boleh memanfaatkan spidol untuk menandai tulisan yang di highlight. Dengan warna-warna yang menarik, kamu akan lebih mudah mengingat bagian-bagian penting dari catatan.

4. Kalau bisa menggambar, boleh juga mengilustrasikan materi pelajarannya 

bisa digambar via diaryofajournalplanner.com

Selain memperindah buku catatan, ilustrasi juga dapat memudahkanmu dalam mengingat materi pelajaran. Atau, kalau memang kesulitan menggambar,  buku catatan bisa dibuat dalam bentuk timeline seperti mind map dengan memanfaatkan sticky notes berwarna.

5. Biar nggak bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, sesekali gunakan buku catatan dengan graph paper

pakai buku kotak-kotak via nl.pinterest.com

Graph paper atau yang lebih sering dikenal dengan buku kotak-kotak ternyata juga bisa digunakan untuk mencatat selain angka. Justru karena sudah ada kotak dan garis, graph paper bisa membuat catatanmu jadi kelihatan lebih rapi. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menulis catatan menggunakan font di internet yang unik dan bisa kalian tiru.

Meski harga notebook (buku catatan) bervariasi, notebook dengan harga miring pun bisa disulap jadi kelihatan mahal kalau desain maupun tulisan di dalamnya kalian atur sendiri.

Tak hanya catatan sekolah, buku catatan kantor juga bisa dibuat lebih estetis lo. Bukan kekanakan lo ya~

buku catatan kerja via www.businessinsider.com

Harga buku catatan kecil untuk dipakai kerja seringnya lebih mahal daripada binder, melihat fungsinya yang juga sebagai benda prestise. Begini beberapa trik membuat buku catatan kerja jadi lebih menarik:

  1. Gunakan buku catatan kecil agar lebih fleksibel dibawa ke mana-mana, apalagi kalau pekerjaanmu mobile.
  2. Pilihlah buku catatan jenis notebook dan agenda agar jadwal maupun pekerjaan kantor lebih terstruktur penulisannya.
  3. Pilihlah notebook dengan sampul beragam — bergambar atau polos minimalis. Material sampulnya pun dapat disesuaikan.
  4. Beri penanda menggunakan label sesuai pekerjaan yang dikerjakan atau rentang waktunya.
  5. Alih-alih mendesain buku catatan kantor jadi lebih berwarna, mending buat sesimpel dan serapi mungkin.
  6. Boleh menggambarinya selama itu mempermudahmu mendeskripsikan pekerjaan.
  7. Gunakan pilihan font yang menarik biar buku catatan kantor nggak kelihatan kaku.
  8. Jika tak sempat mencatat di buku, tulis dulu di ponsel kemudian salin di agar susunan catatannya jadi lebih rapi dan teratur.

Kebutuhan buku catatan masing-masing orang berbeda tergantung kegunaannya. Harga buku catatan harian cukup beragam, tapi dibanding notebook biasa, buku catatan dengan sampul kulit lebih mahal. Selamat mencatat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE