Bagi cewek bulu mata nggak cuma berfungsi mengurangi cahaya yang masuk ke mata, tapi juga sebagai simbol kecantikan. Hampir semua cewek mengidamkan bulu mata yang lentik. Meski sayangnya, nggak semua cewek bisa memiliki bulu mata lentik yang alami. Karena itu, sebagian dari mereka ada yang melakukan berbagai cara untuk membikin lentik bulu matanya, dan salah satunya dengan penggunaan bulu mata palsu.

Namun, alih-alih menawan, pemakaian bulu mata palsu yang kurang tepat bisa membuat penampilan kamu justru seperti dakocan. Nah, sebelum dapat komentar kurang berkenan, kamu wajib baca 7 tips dari Hipwee agar bulu mata palsu kamu nggak terlihat menor.

1. Nggak hanya memilih bulu mata sesuai dengan bentuk mata. Sesuaikan juga bulu mata itu dengan kebutuhanmu

Pilih bulu mata yang sesuai via perfectbeauty.id via www.perfectbeauty.id

Sebelum menentukan bentuk bulu mata palsu yang akan dipakai, kamu harus tahu bentuk mata kamu terlebih dahulu. Kalau matamu kecil dan kamu ingin membuatnya terlihat lebih panjang, carilah bulu mata palsu yang bulunya lebih tebal di sisi-sisi luarnya. Kalau matamu besar, carilah bulu mata yang tebal di bagian tengahnya.

Baru setelah itu kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan, misalnya untuk acara tertentu yang formal, atau hanya untuk dandanan sehari-hari. “Ramainya” bulu mata palsu ini ditentukan oleh kebutuhanmu. Semakin formal acaranya, semakin kamu bisa mempertimbangkan pemakaian bulu mata yang tebal dan panjang.

2. Sebelum memakainya, sesuaikan panjang bulu mata palsu dengan kelopak mata. Kalau perlu, gunting aja!

Advertisement

Karena panjang bulu mata tidak selalu pas dengan kelopak mata kamu, ada baiknya kamu mengukurnya terlebih dahulu. Cukup kamu tempelkan di kelopak mata, lalu gunting bagian bulu mata palsu yang berlebih. Setelah itu, baru deh kamu pakai.

3. Pakai lem khusus bulu mata, jangan pakai lem kastol loh ya!

Jangan pakai lem kastol ya! via minibeautylife.com via www.minibeautylife.com

Lem bulu mata yang dijual di pasaran ada banyak jenisnya. Kalau kamu yang belum mahir memasang bulu mata palsu, kamu bisa memilih lem yang berwarna trasnparan saat mengering. Setidaknya itu menyamarkan ketidaksempurnaan bulu mata yang kamu tempel. Tapi, kalau kamu sudah cukup terbiasa memasangnya, kamu bisa memilih berbagai jenis lem, asalkan jangan lem kastol aja yang kamu pakai (iyalah).

Sebelum menempelkannya, terlebih dahulu kamu bisa membalurkan lem di bulu mata palsumu. Lalu tunggu 15 detik. Tempelkan bulu mata palsu ini sedekat mungkin dengan kelopak mata. Pastikan arah “kemiringan” bulu mata palsumu sama dengan bulu mata yang asli, supaya tampilanmu lebih alami.

4. Pakai mascara sebelum dan sesudah

Pakai mascara sebelum dan sesudah via youqueen.com via youqueen.com

Biar bulu mata asli kamu nggak numpuk dengan bulu mata palsu, kamu perlu menyapukan maskara tipis sebelum memasang bulu mata palsu. Baru setelah lem bulu matamu kering, kamu bisa sekali lagi mengusapkan maskara.

5. Biar bulu mata kamu terpasang sempurna, ada baiknya gunakan alat bantu

Untuk membuat bulu mata palsu menyatu dengan bulu mata asli, kamu bisa menekannya perlahan-lahan dengan jari atau dengan penjepit bulu mata.

6. Setelah bulu mata terpasang dan lem mengering, eyeliner bisa kamu aplikasikan sesuai kebutuhan

Sapuan terakhir, eyeliner via latestinbeauty.com via www.latestinbeauty.com

Terakhir, untuk membaurkan bulu mata palsu dengan kelopak mata kamu, kamu bisa mengaplikasikan eyeliner sesuai kebutuhan, jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis, tapi cukup membuat mata tatapa mata kamu tajam dan menawan.

7. Karena lem bulu mata rentan membuat bulu mata asli kamu rontok, jangan lupa pakai serum ya

Sebagus apapun lem bulu mata palsu, tetap saja resiko bulu mata asli kamu rontok tetap ada. Karena itu, serum bulu mata wajib kamu gunakan kalau kamu memang suka menggunakan bulu mata palsu.

Nah, mengaplikasikan bulu mata palsu juga nggak akan ribet kalau kamu nggak berlebihan saat meriasnya. kamu cukup pandai mengatur mana yang cocok dengan bentuk mata dan kebutuhanmu!