7 Tips Agar Bulu Mata Tumbuhnya Lentik dan Nggak Gampang Rontok. Eyelash Extension? Nope!

Bulu mata

Selain mempercantik penampilan, bulu mata juga berfungsi untuk menyaring debu agar tak masuk ke mata. Karena fungsinya cukup krusial, merawat bulu mata jelas perlu dilakukan agar tak mengalami kerontokan. Apalagi ternyata banyak kebiasaan sepele yang bisa memicu kerontokan bulu mata, seperti terlalu sering memakai bulu mata palsu murah hingga menghilangkan lem bulu mata dengan kasar.

Advertisement

Alih-alih melakukan perawatan bulu mata di salon mahal, lebih baik lakukan perawatan sederhana sendiri di rumah. Selain memanfaatkan lidah buaya dan petroleum jelly untuk dijadikan serum, kamu juga perlu melakukan perawatan rutin lewat kebiasaan-kebiasaan sepele, termasuk mengurangi intensitas memakai bulu mata artisan atau palsu.

Berikut perawatan rutin ala rumahan yang dapat dilakukan untuk mencegah kerontokan bulu dapat dan membuatnya jauh lebih lentik. Perawatan ini pun berlaku ketika kamu memasang bulu mata eyelash atau bulu mata tanam, malah kudu lebih hati-hati lagi.

1. Kebiasaan menyikat bulu mata ternyata dapat mengurangi kerontokannya. Apalagi jika kamu juga mengaplikasikan vitamin E pada bulu mata sebelum disikat

sikat bulu mata | credit: Kirill Kleikov via www.shutterstock.com

Menyikat bulu mata ternyata dapat merangsang pertumbuhan rambutnya. Supaya manfaatnya lebih optimal, kamu bisa meneteskan beberapa tetes vitamin E sebelum bulu mata disikat. Kandungan antioksidan vitamin E yang tinggi dapat mengurangi kerusakan oksidatif penyebab bulu mata rontok.

Advertisement

Teteskan beberapa tetes vitamin E ke bulu mata lalu sikat dengan spoolie dari pangkal ke ujung selama 5 menit.

Trik ini tak perlu dilakukan jika kamu memakai bulu mata eyelash extension karena ini bukan merupakan bulu mata asli.

2. Untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan bulu mata, cobalah lakukan pijatan ringan di sekitar area mata

pijat area mata | credit: Style Craze via id.pinterest.com

Pijatan lembut di sekitar bulu mata, kelopak, dan lash line ternyata dapat merangsang pertumbuhan bulu mata karena peredaran darahnya jadi lebih lancar. Gunakan jari manis lalu lakukan pijatan lembut dengan gerakan ke luar dan jangan terlalu ditekan.

Advertisement

3. Jangan gosok mata saat mencuci muka karena bisa memicu kerontokan bulu mata

cuci muka jangan digosok | credit: Allure via www.allure.com

Aturan ini tak cuma berlaku saat memakai bulu mata extension saja, bulu mata asli pun nggak boleh digosok. Jadi, usahakan untuk mencuci muka pelan-pelan saja dan apabila ada bagian mata yang terasa gatal, gunakan cotton bud untuk menggosoknya.

4. Memotong bulu mata secara rutin ternyata dapat membuatnya lebih lentik dan terhindar dari kerontokan

potong bulu mata | credit: Hahasthlm via www.hahasthlm.com

Potonglah bulu mata setiap dua atau tiga bulan sekali supaya tumbuh lebih lebat, lentik, dan juga cantik. Tapi jangan potong hingga pangkal karena bisa memicu masalah kesehatan mata maupun bulunya. Pastikan kamu juga nggak mencabutnya dengan kasar dan membuat bulu mata malah nggak tumbuh lagi.

5. Hapus riasan mata dengan setelah pakai make-up, termasuk saat melepas bulu mata palsu

bersihkan make-up mata | credit: Bright Side via brightside.me

Bulu mata palsu mesti dicabut dengan hati-hati agar tak memicu kerontokan. Basahi kapas dengan air hangat lalu tempel dan diamkan sebentar di area mata kemudian cabut bulu mata dengan menarik ke bawah. Setelah bulu mata tercabut, kamu mesti menghilangkan maskara waterproof yang menempel di bulu mata.

Caranya, tempel kapas yang sudah diberi make-up remover oil based di area mata selama 3 sampai 5 menit, kemudian gerakan ke bawah dengan lembut untuk menghilangkan riasan mata yang tersisa.

6. Minimalisir penggunaan bulu mata palsu untuk menghindari kerontokan yang lebih parah

jangan keseringan pakai bulu mata palsu | credit: Business Insider via www.businessinsider.com

Boleh saja pasang bulu mata palsu, tapi jangan setiap hari, sebab lemnya bisa membuat bulu mata asli mengalami kerontokan. Lebih baik, gunakan bulu mata palsu hanya ketika ada acara besar saja, untuk make-up sehari-hari bisa menggunakan maskara waterproof saja.

7. Untuk mencegah kerontokan bulu mata, kamu mesti rajin-rajin mengecek tanggal kedaluwarsa maskaramu

cek kedaluwarsa maskara | credit: Loreal Paris US via www.lorealparisusa.com

Memakai maskara yang sudah kedaluwarsa bisa membuat bulu mata mengalami kerontokan parah. Untuk itu, gantilah maskara setidaknya tiga atau enam bulan sekali. Selain itu, usahakan juga untuk membersihkan penjepit bulu mata secara rutin agar bakteri nggak menempel.

Cukup rendam tisu atau kapas dengan make-up remover lalu usap ke bagian penjepit bulu mata yang kotor.

Kamu juga perlu melakukan perawatan dari dalam tubuh untuk bantu mencegah kerontokan bulu mata. Caranya ialah dengan mengonsumi makanan berprotein seperti buah, sayur, telur, daging, maupun ikan. Pastikan nutrisi tubuh seimbang sekalipun kamu tengah menjalankan diet. Kalau semua tips di atas sudah dijalankan, nggak perlu lagi pakai bulu mata eyelash natural, yang asli saja sudah lentik dan nggak gampang rontok, kan~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE