Jika kamu termasuk salah satu cewek yang belum mahir ataupun kesulitan pakai bulu mata palsu, maka maskara bisa jadi solusi untuk memberi ilusi bulu mata yang lebih lentik dan tebal. Selain lebih mudah, proses penggunaan maskara juga nggak butuh waktu lama dan perawatan yang repot. Tapi, kebanyakan cewek suka keliru memakainya sehingga bikin maskara menggumpal dan bulu mata jadi terlihat aneh.

Sadar ataupun nggak, pasti ada di antara kamu yang melakukan beberapa kesalahan saat pakai maskara ini. Coba cek deh, biar bisa dihindari.

1. Memompa aplikator berkali-kali. Niatnya biar cairan maskara yang nempel banyak, tapi justru bikin cepat kering

dipompa berkali-kali via www.goodhousekeeping.com

Advertisement

Kebiasaan memompa aplikator maskara jadi salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan. Alih-alih cairannya menempel banyak di sikat maskara, kamu malah memasukan udara ke dalam tube sehingga tekstur maskara akan mudah kering, menggumpal, dan membentuk serpihan kecil saat diaplikasikan. Cukup masukan sikat aplikator sekali saja, atau putar-putar sikat sebelum diangkat agar dapat cairan yang lebih merata.

2. Mengaplikasikan maskara hanya di bagian tertentu saja, padahal bikin bulu matamu terlihat lebih pendek lho!

nggak dipakai dari ujung bulu mata via makeup.lovetoknow.com

Kamu harus mengoleskan bulu mata mulai dari pangkalnya atau akar bulu mata. Hanya saja kebanyakan cewek nggak mengoleskan maskara dari akarnya, melainkan dari batang bulu mata. Padahal, kalau cara ini yang kamu lakukan, bulu mata justru akan terlihat lebih pendek lho! Gagal lentik kan jadinya~

3. Terlalu banyak lapisan maskara yang dipulaskan di bulu mata. Bukannya makin lentik, bulu matamu malah jadi ketebalan dan aneh

ketebelan kan? via cosmetologytimes.com

Memulaskan maskara berkali-kali di bulu mata nggak berarti bikin bulu matamu makin lentik lho. Idealnya, kamu hanya perlu mengulaskan maskara sebanyak 2-3 kali, tergantung ketebalan bulu matamu. Kebanyakan memulaskan maskara justru bikin bulu matamu tampak kaku. Saat mengangkat maskara dari tabungnya, sapukan secara lembut pada tisu bersih sebelum diaplikasikan untuk meminimalisir tampilan maskara yang menggumpal di bulu mata.

4. Menjepit bulu mata setelah pakai maskara, yang justru bikin bulu mata mudah rontok dan patah

menjepit bulu mata setelah pakai maskara via www.newchicbeauty.com

Advertisement

Biasanya, mereka yang menjepit bulu mata setelah pakai maskara ingin agar bulu matanya lebih lentik dan tahan lama. Padahal, cara ini justru bikin bulu mata rentan rontok dan patah. Nggak cuma itu, karet pelentik bulu mata juga akan tampak kotor akibat sisa maskara yang menempel, jadi kurang higienis ‘kan. Pastikan bulu matamu sudah dijepit terlebih dahulu sebelum memulaskan maskara, ya!

5. Pakai eyeshadow setelah pakai maskara. Padahal maskara harusnya jadi step terakhir saat mendandani mata

pakai eyeshadow setelah maskara via www.youtube.com

Keliru kalau kamu baru pakai eyeshadow setelah bulu matamu kelar dipulasin maskara. Bukan nggak mungkin kalau cairan maskaramu yang belum tentu kering itu belepotan ke kelopak mata. Kalau kamu masih bingung langkah saat merias mata, ini urutannya: eye primer-eyeshadoweyeliner-maskara. Aplikasi maskara yang diletakkan di step terakhir dilakukan untuk mempermudah kamu saat mengaplikasikan eyeshadow dan eyeliner dengan lebih leluasa.

6. Nggak menyisir bulu mata sebelum dan sesudah pakai maskara. Padahal langkah ini penting juga

nggak menyisir bulu mata via www.isabelsbeautyblog.com

Tahu nggak? Kebanyakan MUA akan memisahkan helai demi helai bulu mata sebelum dan sesudah diberi maskara agar tampilannya bisa lebih lentik sempurna saat dirias. Meskipun terkesan ribet, tapi cara ini terbukti ampuh bikin bulu mata terlihat sempurna. Kalau kamu nggak pernah menyisir bulu mata baik sebelum maupun sesudah pakai maskara, jangan heran kalau ada gumpalan maskara atau bulu mata yang menempel satu sama lainnya.

Pakai maskara itu memang nggak sulit-sulit amat. Tapi kalau kamu masih saja melakukan kesalahan-kesalahan pakai maskara di atas, jangan harap bulu matamu bakal terlihat lentik paripurna, yang ada cuma buang-buang tenaga aja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya