Punya muka rentan berminyak dan jerawatan tentu jadi masalah tersendiri, khususnya buat kamu yang sehari-harinya bertemu banyak orang. Bukan cuma gagal bikin PD, keadaan muka yang seperti ini juga bisa menimbulkan penilaian kurang bagus dari orang-orang tentang ketelatenanmu menjaga kebersihan.

Tapi, kamu jangan sekali-kali memimpikan kulit mulus dan bebas jerawat kalau caramu memperlakukan muka masih jauh dari kata benar. Asal-asalan pakai make-up, makan-makanan kaya lemak dan santan, plus… kamu nggak dengan detail mengetahui bagaimana keadaan mukamu yang sebenarnya.

Hipwee Tips akan membantumu dengan cara super sederhana, yakni cukup membawa 6 benda ini ke mana-mana. Minimal, muka berminyak dan berjerawatmu akan teratasi sedikit demi sedikit, tanpa harus buang-buang uang ke dokter kulit.

1. Rahasia para beauty blogger saat bepergian; membawa cleanser dan toner lengkap dengan kapasnya agar muka berminyaknya ‘termanjakan’

cleanser & toner via hipwee.com

Muka berminyak dan rentan berjerawat nggak boleh terkena make-up lebih dari 6 jam!

Advertisement

Selain menyebabkan komedo dan jerawat baru, kandungan kimia pada bedak, foundation atau blush on bisa memicu kemerahan serta ‘bruntusan’ pada kulit muka. Nggak mau dong muka cantikmu jadi makin berminyak dan jerawatan?

Inilah mengapa pembersih muka berupa cleanser dan toner sangat dibutuhkan.

2. Meski agak repot, selalu menaruh sabun cuci muka di dalam tas ampuh untuk membersihkan mukamu kapan dan di mana pun

face wash via hipwee.com

  • sapukan cleanser dengan kapas ke seluruh permukaan kulit muka sampai bersih
  • cuci muka dengan face wash atau sabun pencuci muka
  • sapukan toner dengan kapas ke seluruh permukaan kulit muka dengan gerakan menepuk-nepuk (untuk meringkas pori dan residu make-up)

Jika rutin, kegiatan satu ini bisa memuluskan serta mencerahkan mukamu secara bertahap.

3. Tisu basah harus menjadi sahabat karibmu mulai sekarang, karena ampuh menyegarkan muka saat kepanasan

Usahakan untuk memilih tisu basah yang TIDAK mengandung alkohol atau parfum supaya aman buat mukamu yang sensitif, ya. Lihatlah di bagian depan atau belakang kemasan untuk memastikan ada atau tidaknya kandungan alkohol tadi.

4. Acne pusher atau pemencet jerawat pun nggak boleh luput dari benda bawaan wajibmu!

acne pusher via aliexpress.com

Saat sebum dalam jerawatmu sudah matang alias siap dikeluarkan, pemencet jerawat ini akan sangat-sangat dibutuhkan. Ya mau gimana lagi, tanganmu ‘kan nggak selalu bisa diandalkan karena rentan menjadi sarang bakteri. Tapi… usahakan acne pusher-mu ini selalu steril dengan dimasukkan ke sebuah wadah, ya.

5. Bagaimana dengan serum jerawat? Apakah kamu sudah punya dan sering bawa?

serum via netdoctor.com

Jika tiba-tiba jerawat baru muncul dan berwarna kemerahan, kamu bisa memanfaatkan serum jerawat ini sebagai pereda dan penghilang warna merahnya. Tinggal totolkan seujung jari, jerawatmu akan mengempis seketika!

6. Kalau mau bebas minyak tanpa menghapus make-up, membawa oil paper atau kertas minyak khusus muka wajib hukumnya!

kertas minyak via seeingsunshine.com

Formula yang dimiliki oil paper ini sangat ampuh menyerap minyak pada kulit mukamu, kapan dan di mana saja saat dibutuhkan. Karena kamu nggak tahu ‘kan kalau tiba-tiba kamu harus berfoto atau bertemu seseorang tapi mukamu nggak mau mengkilap karena minyak?

Nah, itu tadi 6 benda wajib yang harus ada di dalam tas-mu setiap saat. Demi menyambut tahun baru yang lebih cerah dan terbebas dari jerawat, bisa lah kamu langsung mempraktikkannya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya