7 Bahan Rahasia untuk Campuran Detergen. Bisa Memutihkan Hingga Bikin Aroma Pewangi Makin Nempel

Campuran detergen untuk mencuci

Mencuci baju jadi salah satu kegiatan yang menyebalkan jika tumpukan cucian kotornya lumayan banyak. Apalagi kalau kamu nggak punya mesin cuci di rumah. Tapi mau bagaimana lagi, pakaian kotor tetap harus dicuci biar nggak makin susah dibersihkan kotorannya dan menyengat baunya.

Advertisement

Nah, untuk meringankan kegiatan mencuci, coba tambahkan beberapa bahan berikut ke dalam detergen. Bahan-bahan ini bisa membuat pakaian jadi lebih bersih. Jadi, kamu tak perlu lagi mengucek atau menyikatnya lama-lama.

1. Bau apek yang mengendap di pakaian bisa dihilangkan dengan baking sodaΒ yang dicampurkan ke dalam detergen

baking soda via www.huffpost.com

Baking soda cukup ditambahkan pada air rendaman detergen. Satu sendok makan baking sodaΒ bisa dilarutkan dalam empat liter air, ya!

2. Nah, kalau garam dapur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas noda di pakaian

garam bisa menghilangkan noda via www.thespruce.com

Pemakaian garam tergantung dengan noda yang mau dihilangkan. Untuk noda darah misalnya, garam mesti dicampur ke dalam air rendaman detergen. Kalau noda minyak, garam bisa kamu taburkan ke nodanya, lalu basahi dan sikat sebentar sebelum dicuci.

Advertisement

3. Ternyata air lemon juga bisa digunakan sebagai pemutih alami lo!

air lemon memutihkan baju via blahblahmagazine.com.au

Alih-alih mengucek bekas noda, kamu bisa menggunakan lemon untuk membersihkannya. Bahkan, air lemon bisa bantu mengembalikan kecerahan katun berwarna putih. Caranya dengan menambahkan perasan air lemon ke dalam air rendaman detergen.

4. Kalau cuka, bisa dipakai untuk membersihkan residu bekas detergen

cuka bisa menghilangkan residu via happyhumblehaven.com

Karena bisa membersihkan residu detergen, cuka justru dipakai saat proses pembilasan. Biasanya cuka akan dicampur pada cairan pelembut pakaian. Tak perlu khawatir bakal mengubah baunya, cuka justru bikin aroma pewangi makin nempel kok.

5. Khusus noda minyak bisa dihilangkan dengan sabun pencuci piring

sabun cuci piring menghilangkan noda minyak via dawn-dish.com

Sebelum dicuci, beri satu tetes sabun pencuci piring untuk menghilangkan noda minyak pada baju. Biar efektif, kucek bagian yang bernoda dengan menggunakan tangan, kemudian cuci seperti biasa.

Advertisement

6. Bau keringat bisa dihilangkan dengan obat kumur

obat kumur menghilangkan bau keringat via www.berkeleylife.com

Pakian olahraga yang bau keringat bisa jadi lebih wangi jika direndam dengan air detergen dan obat kumur. Tapi, cairan ini nggak direkomendasikan untuk dicampurkan ke dalam mesin cuci, karena bisa memperpendek umurnya.

7. Untuk baju berwarna gelap, kamu bisa tambahkan teh atau kopi pada detergen

kopi menjaga warna pakaian via www.sevenmiles.com.au

Teh dan kopi bisa mempertahankan warna pakaian gelap yang sering memudar karena proses pencucian. Gunakan kopi tanpa ampas supaya residunya nggak menempel di baju saat dicuci. Untuk pakaian hitam, tambahkan dua cangkir kopi atau teh yang diseduh ke air pembilasan.

Tak perlu capek-capek menyikat atau mengucek, dengan beberapa bahan yang dicampurkan ke dalam detergen di atas, mencuci baju akan lebih menyenangkan. Tapi baiknya, untuk beberapa bahan kimia seperti obat kumur, cuka, dan baking soda, jangan langsung dicampurkan ke mesin cuci karena lambat-laun bisa merusak mesinnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE