Cara Bayar Pajak Motor Online Lewat Aplikasi. Tak Perlu Antre Lagi~

Cara bayar pajak motor online

Saat ini banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapatkan berkat kemajuan tekonologi. Nggak hanya kursus dan belanja online saja, sekarang bayar apa pun bisa dilakukan secara online seperti bayar pajak kendaraan bermotor. Jika dulu bayar pajak online melalui layanan e-Samsat yang dimiliki provinsi dan tetap harus datang ke Samsat untuk ambil STNK asli, sekarang nggak perlu lagi.

Advertisement

Keberadaan sistem online yang semakin terpadu melalui aplikasi saat ini membuat pengguna kendaraan pribadi baik itu motor dan mobil udah nggak perlu datang ke kantor Samsat atau berburu layanan Samsat keliling. Cara bayar pajak motor online ini pun sangat mudah. Bahkan, kamu bisa melakukan pembayaran melalui satu aplikasi  saja. Seperti apa cara membayar pajak motor online? Yuk, simak langkah atau panduannya berikut!

1.  Unduh aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) di ponsel lewat Playstore atau AppStore

Cara bayar pajak motor online

Aplikasi Signal | Credit by Google Play

Cara bayar pajak motor online saat ini bisa dilakukan melalui Signal yang dibuat oleh Korlantas Polri. Signal ini merupakan aplikasi generasi kedua yang menggantikan aplikasi sebelumnya yakni Samolnas (Samsat Online Nasional). Ingat, gunakan aplikasi Signal ya, sebab aplikasi ini resmi dilindungi hukum dan memiliki sistem keamanan yang terenskripsi atau nggak ada pihak lain yang mengetahui isi datamu.

  1. Unduh dulu aplikasi Signal di ponsel melalui Playstore atau AppStore
  2. Lakukan pendaftaran atau registrasi dulu jika ini pertama kalinya kamu menggunakan Signal
Advertisement

2. Isi data diri sesuai kolom yang diminta dengan benar supaya data kamu bisa ditemukan oleh sistem

Cara bayar pajak motor online

Pengisisan data | Credit by Google Play

Setelah melakukan pendaftaran pada aplikasi, perhatikan dulu alamat yang tertera pada STNK. Jika kamu berada di luar kota atau alamat STNK nggak sesuai dengan alamatmu sekarang, kamu harus menghubungi call center Samsat di kota tempat tinggalmu saat ini untuk mengubah data alamat pengiriman STNK. Nah, jika alamat sesuai maka tinggal mengisi data secara lengkap.

  1. Pilih layanan pembayaran pajak, lalu isi data pada kolom yang tersedia. Data yang diminta meliputi nomor polisi, NIK (Nomor Induk Kependudukan), lima digit terakhir nomor rangka kendaraan.
  2. Pastikan semua terisi dengan benar, kemudian tekan tombol “lanjutkan”.
  3. Sistem akan memproses data, tunggu sekitar 1 menit tanpa keluar dari tampilan. Jika data benar, maka akan muncul data lengkap kendaraan yang akan dibayar pajaknya dan besar nominal yang harus dibayarkan.
Advertisement

3. Lakukan pembayaran maksimal dalam waktu 2 jam melalui bank, ATM atau e-commerce yang terdaftar

Cara bayar pajak motor online selanjutnya adalah menunggu kode pembayaran yang diproses oleh sistem ketika data yang kamu masukkan sudah sesuai. Perlu diingat bahwa kode pembayaran yang muncul hanya berlaku selama 2 jam. Sehingga jika lebih dari itu, pembayaran tidak bisa diproses dan harus melakukan pengisian data lagi untuk pendaftaran ulang.

Cara bayar pajak motor online ini bisa dilakukan melalui sejumlah bank seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, BTN, CIMB Niaga dan Permata Bank. Selain itu bisa juga melalui e-commerce seperti Tokopedia. Metode pambayarannya pun bisa melalui teller langsung, ATM dan i-banking, sehingga bisa semakin memudahkan para wajib pajak. Perlu diketahui jika pembayaran tersebut akan dikenakan biaya administrasi 5 ribu di luar nominal yang tertera, ya.

4. Tunggu tanda bukti pelunasan elektronik dan pengesahan STNK akan dikirim ke alamat melalui jasa ekspedisi

Cara bayar pajak motor online

Proses pengiriman STNK ke rumah | Credit by Google Play

Setelah proses pembayaran selesai, kamu akan menerima e-TBPKP atau Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran secara elektronik dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari. Data ini akan tersimpan secara otomatis di dalam aplikasi, sehingga kamu bisa membukanya kapan saja jika dibutuhkan. Nah, dalam waktu 30 hari tersebut, pihak Samsat akan mengirimkan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) dan pengesahan STNK melalui jasa ekspedisi ke alamat kamu yang tertera dalam STNK atau alamat yang sudah kamu konfirmasi melalui call center Samsat di kota tempatmu tinggal saat ini.

Nah, itulah cara bayar pajak motor online melalui aplikasi Signal yang cukup mudah. Namun, perlu diingat ya, cara bayar pajak motor online seperti ini hanya bisa untuk pajak tahunan dengan keterlambatan paling lama satu tahun. Saat ini kemudahan pembayaran pajak secara online baru bisa dinimati oleh 15 provinsi, di antaranya DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan sebagainya. Dengan kemudahan ini, semoga pembayaran pajak semakin tertib ya, karena udah nggak ada alasan males antre lagi~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE